√ Bahaya Narkoba Bagi Remaja : Pengertian, Macam dan Bahayanya

Diposting pada

Pengertian Narkoba

Narkotika dan obat-obatan terlarang atau biasa disingkat Narkoba, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO, World Health Organization), mendefinisikan bahwa yang disebut narkoba adalah semua zat padat, cair, ataupun gas yang dimasukkan ke dalam tubuh dan bisa mengubah fungsi dan struktur tubuh baik secara fisik ataupum psikis.  Di Indonesia sendiri narkoba juga dikenal dengan sebutan  NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif).

√ Bahaya Narkoba Bagi Remaja : Pengertian, Macam dan Bahayanya

Macam-macam Narkoba

  1. Narkotika
  2. Narkotika golongan I

Adalah jenis narkotika yang paling berbahaya karena mempunyai daya adiktif (ketagihan) yang sangat tinggi. Biasanya dipakai untuk penelitian.

Contoh: Ganja, Heroin, Kokain, Morfin, Opium.

  1. Narkotika golongan II

Adalah narkotika yang mempunyai daya adiktif kuat tetapi juga mempunyai manfaat untuk pengobatan dan penelitian sehingga masih dapat ada digunakan.

Contoh: Petidin, Benzetidin, Betametadol.

  1. Narkotika golongan III

Dikatakan sebagai golongan narkotika yang paling ringan karena mempunyai daya adiktif atau penyebab ketagihan yang dibilang cukup ringan. Narkotika golongan III ini juga masih banyak dipakai dalam pengobatan ataupun untuk penelitian.

Contohnya: Kodein dan turunannya.

  1. Psikotropika

Psikotropika adalah zat atau obat-obatan yang bukan termasuk dalam narkotika baik dalam bentuk alami ataupun sintesis. Psikotropika mempunyai pengaruh pada susunan saraf yang dapat menyebabkan terjadinya perubahan pada aktivitas normal dan perilaku orang yang mengkonsumsinya.

  1. Psikotropika golongan I

adalah psikotropika dengan saya adiktif atau bisa menyebabkan ketagihan yang sangat kuat dan belum diketahui apakah ada manfaatnya untuk pengobatan.

Contohnya: Ekstasi

  1. Psikotropika golongan II

Psikotropika dengan daya adiktif yang kuat tetapi berguna bagi pengobatan.

Contohnya: Amfetamin, Metamfetamin, Metakualon

  1. Psikotropika golongan III

Psikotropika golongan ini mempunyai daya adiktif yang sedang dan berguna untuk pengobatan.

Contohnya: Lumibal, Buprenorsina, Fleenitrazepam

  1. Psikotropika golongan IV

Adalah jenis psikotropika dengan efek adiktif yang ringan dan berguna untuk pengobatan.

Contohnya: Nitrazepam dan Diazepam

  1. Zat Adiktif Lain

adalah semua jenis zat penyebab ketagihan (adiktif) selain narkotika dan psikotropika yang menyebabkan penggunanya jadi ketergantungan.

Contohnya: rokok, minuman beralkohol yang memabukkan, lem kayu, Thiner, penghapus cair dan aseton, bensin, dan cat (karena jika dihirup baunya bisa membuat mabuk).

Bukan karena alasan mengapa penyalahgunaan narkoba itu dilarang. Hal tersebut dilakukan mengingat betapa banyaknya bahaya yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan narkoba yang tidak sesuai aturan, baik bagi kesehatan fisik ataupun psikis, bahkan bisa mempengaruhi keadaan sosial dan ekonomi seseorang.

Bahaya Narkoba Bagi Remaja

  1. Kesehatan Fisik

Salah satu dampak terbesar dari penyalahgunaan narkoba adalah bisa memengaruhi kesehatan seseorang. Dilihat dari fisik luarnya aja, pengguna narkoba sama sekali tidak menarik dengan badannya yang sangat kurus dikarenakan pengguna narkoba kehilangan nafsu makan. Selain itu pula, pengguna narkoba juga rentan terkena berbagai gangguan kulit contonya infeksi. Narkoba juga mengakibatkan gangguan syaraf contohnya kejang, berhalusinasi tinggi, hingga kehilangan kesadaran. Jangan terkejut jika pengguna narkoba akan lebih kesulitan untuk mendapat keturunan dikarenakan narkoba dapat memengaruhi hormon reproduksi manusia. Tak hanya itu, pengguna narkoba juga rentan terkena penyakit berbahaya seperti HIV/AIDS yang sampai sekarang belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya. Dalam pemakaian pada dosis yang sudah terlalu banyak bisa menyebabkan overdosis bahkan hingga kematian.

  1. Psikologi

Sering gelisah, kurang peraya diri, kesulitan bergaul, sering diselimuti perasaan tertekan, stres, serta depresi merupakan dampak buruk bagi psikis seseorang yang sudah menyalahgunakan penggunaan narkoba. Tak hanya itu, mereka yang mengkonsumsi narkoba pun biasanya kesulitan untuk  berpikir secara jernih.

  1. Lingkungan Sosial

Pengguna narkoba bagamaina caranya sering sekali diabaikan oleh masyarakat. Tidak ada yang mau bergaul dengan mereka. Sebaliknya, pengguna narkoba justru mendapat celaan serta akan dijauhi pergaulan. Akibatnya, hubungan sosial dengan masyarakat pun menjadi terputus.

  1. Melanggar Undang-Undang

Pemerintah sendiri sudah dengan jelas menegaskan di dalam Undang-Undang bahwa penyalahgunaan narkoba adalah tidak pelanggaran hukum yang bisa terancam hukuman berat sampai hukuman mati sehingga memang perlu dibutuhkan cara menanamkan kesadaran hukum supaya tidak banyak orang yang menyepelekan hal tersebut.

  1. Menghancurkan Kehidupan

Narkoba adalah pembunuh berdarah dingin yang bisa menghancurkan kehidupan. Sayangnya, masih banyak pemuda dan pemudi Indonesia yang menyalahgunakan narkoba dan mereka justru merasa bangga dengan hal tersebut. Bagi mereka, narkoba adalah alat terbaik untuk mengatasi banyaknya masalah, untuk gaya-gayaan, dianggap keren, serta hal-hal tidak masuk akal lainnya.  Tidak sedikit penggunanya yang sebenarnya sadar bahwa narkoba itu sama sekali tidak memberikan manfaat tapi mereka masih saja mengkonsumsinya. Jika sudah seperti ini tentunya akan semakin sulit untuk memberantas penyalahgunaan narkoba tersebut.

  1. Penghancur Masa Depan

Sudah bukan hal yang baru lagi bahwa narkoba merupakan penghancur masa depan. Bahkan mereka yang terpelajar sendiri justru banyak yang jatuh terperosok ke dalam penyalahgunaan narkoba. Sangat disayangkan bagi mereka yang sadar akan kerugian daripada narkoba namun tetap saja menggunakannya. Sungguh sia-sia apa yang mereka lakukan dalam kehidupan jika kemudian mereka justru jatuh kedalam penyalahgunaan narkoba. Menjadi sia-sia tahun ke tahun yang mereka lewati selama menempuh pendidikan karena akhirnya ilmu yang mereka pelajari justru menjadi sia-sia karena sama sekali tidak mereka pakai untuk berpikir dengan baik. Seandainya mereka bisa berpikir dengan baik dan benar, pastinya tidak akan ada tindakan yang salah dan tidak akan ada remaja yang jatuh ke dalam pergaulan yang tidak benar menjadi pengguna narkoba.

demikiannlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Bahaya Narkoba Bagi Remaja : Pengertian, Macam dan Bahayanya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Read More  √ Asas Perjanjian Internasional : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Macam, Tahap dan Asasnya
Read More  √ Pengertian Aktualisasi Pancasila dan Macamnya
Read More  √ Konsep Pembagian Kekuasaan Di Indonesia: Secara Horisontal dan Vertikal
Read More  √Asas Pemerintahan: Pengertian, Fungsi, Tujuan dan Bentuknya