√ASEAN merupakan : Pengertian, Sejarah dan Tujuannya

Diposting pada

Pengertian

Asean merupakan suatu organisasi yang ergabung atau terdiri dari negara-negara yang terletak di kawasan asia tenggara. Pada awal terbentuknya organisasi asean ini, hanya 5 anggota yang bergabung dengan organisasi ini. Akan tetapi sering dengan berjalannya waktu negara-negara lain yang terletak dikawasan asia tenggara kemuadian ikut juga bergabung degnan ASEAN.

√ASEAN merupakan : Pengertian, Sejarah dan Tujuannya

Adapun negara ang rerletak dia asia tenggara yang tergabung dalam asean ialah, indonesia, malaysia, singapura, filipina, thailand, vietnam, kamboja, myanmar, laos, brunei darusalam, dan juga anggota yang terakhir yang tergabung dalam asean ialah timor leste. Indonesia , malaysia, singapura, thailand dan filipuna adalah anggota pertama yang tergabugn dalam organisasi ASEAN. Tujuan dibentuknya organisasi asen ini tidal dak berawal dari persamaan nasib antar semua anggota pendirinya.

Sejarah asean

Setelah mengetahui mengenai pengertian ASEAN, kita akan berlanjut untuk membahas sejarah asean. Seperti yang yang telah dijelaskan pada paragraph sebelumnya tadi bahwa asean ialah suatu wadah yang menghimpun berbagai negara yang terletak di kawasan asia tenggara. Dan organisasi ini awalnya didirikan tepatnya pada tanggal 8 agustus 1967 dan untuk tepatnya di kota bagkok, thailand.

Pada Pertemuan tersebut juga dikenal dengan nama deklarasi bangkok. Pada deklarasi tersebut diikut ioleh lima negara pendiri ASEAN yang wakilkan setiap utusan pada masing-masing negara. Beberapa utusan yang hadir dalam deklarasi tersebut adalah adam malik dari indonesia, s rajaratnam dari singapura, tun abdul razak dari malaysia, narciso ramos dari filipina dan tanat khoman dari thailand.

Tujuan ASEAN

selain dari pengertian asean, dalam artikel ini juga akan dijelaskan mengenai tujuan dari dibentuknya asean dan tujuan dari organisasi tersebut adalah sebagai wadah untuk mempercepat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi, dan kemajuan social juga perkembangan budaya dalam kawasan negara asean.

Tujuan tersebut dicapai melalui usaha yang dijalankan dalam semangat kebersamaan dan juga kesetaraan. Selain  itu juga, ASEAN dibentuk dalam rangka memperkuat pondasi perdamaian uga kesejahteraan negara-negara yang tergabung dalam ASEAN.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ASEAN merupakan : Pengertian, Sejarah dan Tujuannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √Arti Kewajiban dan Hak : Pengertian dan Contohnya
Read More  √Apakah Musyawarah Itu : Pengertian, Ciri, Manfaat dan Contohnya
Read More  √Apa Yang Dimaksud Integrasi Nasional : Pengertian, Faktor dan Syaratnya
Read More  √Alasan Mesir Mengakui Kedaulatan Indonesia : Masalah dan Analisisnya