√ Arti bank : Pengertian Bank Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan dan Jenisnya

Diposting pada

Bank merupakan suatu lembaga keuangan yang memiliki kewenangan untuk menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman modal kerja guna meningkatkan taraf hidup masyarakat umum.

Pengertian Bank Menurut Para Ahli                                                

Agar lebih mengerti apa arti Bank, maka kita bisa merujuk pada pendapat beberapa ahli. Berikut ini ialah definisi Bank menurut para ahli:

1. Dr. B.N. Ajuha

Menurut Dr. B.N. Ajuha pengertian Bank merupakan tempat untuk menyalurkan modal dari masyarakat yang tidak bisa menggunakan uang tersebut secara menguntungkan kepada pihak yang bisa membuat uang tersebut lebih produktif untuk memberikan keuntungan pada masyarakat.

2. Pierson

Menurut Pierson pengertian Bank ialah badan usaha yang menerima kredit akan tetapi tidak memberikan kredit. Dalam hal ini, operasional Bank hanya bersifat pasif, hanya menerima titipan uang saja.

3. UU RI No. 10 Tahun 1998

Menurut Undang-undang RI nomor 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 tentang Perbankan (pasal 1 ayat 2), pengertian Bank ialah sebuah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan / bentuk-bentuk lain dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup orang banyak.

4. PSAK No. 31

Menurut Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 31, pengertian Bank ialah suatu lembaga yang berperan sebagai perantara keuangan antara pihak-pihak yang mempunyai kelebihan dana dan pihak-pihak yang memerlukan dana, serta sebagai lembaga yang berfungsi memperlancar lalu lintas pembayaran.

Read More  √Apa yang Dimaksud Bioteknologi: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Manfaat

Fungsi Bank Secara Umum

Seperti yang sudah disebutkan pada pengertian Bank di atas, fungsi bank ialah sebagai lembaga yang mempunyai wewenang untuk menghimpun dana dari masyarakat serta menyalurkannya kembali kepada masyarakat untuk beragam tujuan.

Selain itu, ada 3 fungsi Bank secara spesifik, diantaranya yaitu:

1. Agent of Trust

Kegiatan perbankan bisa berjalan dengan baik hanya jika ada kepercayaan (trust) dari masyarakat. apabila masyarakat sudah percaya kepada Bank, maka mereka tidak akan ragu untuk menitipkan dana miliknya di Bank.

Rasa percaya masyarakat bahwa dana yang mereka titipkan di Bank akan selalu aman dan bisa dicairkan kapan saja. Begitu juga sebaliknya, dalam menyalurkan dana titipan tersebut kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman ialah berlandaskan kepercayaan dan hukum yang berlaku.

2. Agent of Development

Dalam kegiatan perekonomian ada dua hal yang tidak bisa dipisahkan, ialah sektor riil dan sektor moneter. Keduanya saling mempengaruhi satu sama lain.

Aktivitas Bank menghimpun dan juga menyalurkan dana masyarakat membuka kesempatan bagi khalayak untuk melakukan kegiatan investasi, distribusi, dan juga aktivitas ekonomi lainnya yang tidak bisa dipisahkan dari penggunaan uang.

apabila semua aktivitas tersebut dapat berjalan dengan baik, maka akan memberikan dampak besar pada peningkatan perekonomian masyarakat secara keseluruhan.

3. Agent of Service

Selain menghimpun dan menyalurkan dana, Bank juga mempunyai jasa perbankan lainnya yang ditawarkan kepada masayarakat. Seperti yang disebutkan pada pengertian Bank di atas, jasa perbankan tersebut diantaranya ialah jasa pengiriman uang, jasa pembayara, tabungan, kartu kredit, dan yang lainnya.

Tujuan Bank

Secara umum tujuan perbankan Indonesia ialah untuk membantu pelaksanaan pembangunan nasional demi tercapainya pemerataan, pertumbuhan ekonomi, dan juga peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Read More  √ Apa Administrasi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri, Macam dan Unsurnya

Jenis Bank Berdasarkan Fungsinya

Di dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 1992 yang kemudian ditegaskan kembali dalam Undang-Undang Perbankan No 10 tahun 1998, jenis bank dilihat dari fungsinya, diantaranya ialah sebagai berikut ini:

Bank Sentral, merupakan sebuah badan keuangan milik negara yang bertanggungjawab dalam mengatur dan juga  mengawasi berbagai kegiatan di lembaga-lembaga keuangan dan memastikan agar kegiatan badan-badan keuangan tersebut bisa meningkatkan stabilitas ekonomi.

Bank Umum, merupakan bank yang melakukan aktivitas bisnis perbankan secara konvensional dan atau berdasarkan prinsip syariah Islam yang dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran.

Bank Perkreditan Rakyat (BPR), merupakan bank yang menjalankan aktivitas perbankan secara konvensional maupun prinsip syariah Islam dimana dalam kegiatannya tidak memberikan jasa di bidang pembayaran. Aktivitas BPR hanya mencakup penghimpunan dana dan juga penyaluran dana saja. Bahkan dalam menghimpun dana, BPR tidak boleh menerima simpanan giro, tidak melakuan kliring dan juga transaksi valuta asing.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Arti Bank : Pengertian Bank Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuan Dan Jenisnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

√ Struktur Jaringan Daun : Pengertian Beserta Fungsinya
√ Fungsi Jaringan Dasar : Pengertian Beserta Macamnya
√ Macam Jaringan Penguat ; Pengertian, Fungsi Dan Cirinya
√ Fungsi Jaringan Lemak : Pengertian Beserta Fungsinya