√Apakah Musyawarah Itu : Pengertian, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Diposting pada

Pengertian

musyawarah merupakan upaya bersama sikap rendah hati untuk memecahkan persoalan untuk mengambil keputusan bersama dalam penyelesaian atau pemecahan yang menyangkut urusan keduniawian.

√Apakah Musyawarah Itu : Pengertian, Ciri, Manfaat dan Contohnya

Seperti yang telah dijelaskan diatas tadi, bahwa musyawaroh berasal dari bahasa arab yaitu syawara artinya berunding. Musyawarah mempunyai tujuan mencapai mufakatt atau persetujuan. Pada dasarnya prinsip dari musyawaroh ialah bagian dari demokrasi, sehingga saat ini sering dikaitkan dengan dunia politik. Dalam demokrasi pancasila di indonesia penentuan hasil di lakukan dengan cara musyawarah mufakat, apabila tidak ada jalan maka akan dilaksanakan voting atau pemungutan suara.

Ciri-ciri musyawarah

Musyawaroh mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ini

Dilakukkan berdasarkan atas kepentingan bersama

Hasil keputusan musyawaroh bisa diterima dengan akal sehat dan juga sesuai hati nurani

Pendapat yand disusulkan dalam musyawarah mudah dipahami dan juga tidak memberatkann aggota musyawarah

Mengutamakan pertimbangan moran dan juga bersumber dari hati nurani yang luhur

Tujuan musyawarah

Dalam bermusyawarah ada tujuan-tujuan yang harus dihasilkan atau diputuskan, diantaranya yaitu

Mendapatkan kesepakatan bersama sehingga keputusan akhir yang diambil dalam musyawarah bisa diterima dan juga dilaksanakan oleh semua anggota dengan penuhh rasa tanggung jawab

Menyelesaikan kesulitan dan memberikan kesempatan guna melihat masalah dari berbagai sudut pandang sehingga keputusan yang dihasilkan sesuai dengan persepsi dan juga standar anggota musyawarah. Keputusan yang diambil dengan musyawarah akan lebih berbobot karena didalamnya terdapat pemikiran, pendapat dan juga ilmu dari para anggotanya.

Manfaat musyawarah

Berikut ini beberapa manfaat dari musyawarah

  1. Melatih untuk mengemukakan pendapat

Dalam proses musyawarah setiap orang mempunyai ide atau gagasan yang berbeda, yang bisa diungkapkan dalam memecahkan suatu permasalahan yang sedang dibahas. Dengan bermusyawarah, seorang dapat dilatih untuk mengutarakan pendapatnya yang nantinya akann dijadikan bahan pertimbangan dalam mencari solusinya dari maslah yang sedang dibahas.

  1. Masalah dapat segera terpecahkan

Dengan adanya musyawarah, akan diadapatkan beberapa jalan alternatif dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang dalam hal inni ialah kepentingan bersama.

  1. Keputusan yang dihasilkan mempunyai nilai keadilan

Muswarah merupakan proses dengar pendapat yang nantinya keputusan yang diambil ialah atas kesepakatan bersama antar sesama anggota. Kesepakatan yang dihasilkan tentu tidak mengandung unsur paksaan didalamnya. Sehingga semua anggota bisa melaksanakan hasil keputusan dengan penuh tanggung jawab dan juga tanpa ada pemaksaan.

  1. Hasil keputusan yang diambil menguntungkan semua pihak

Keputusan yang dihasilkan dalam musyawarah tidak boleh merugikan salah satu pihak atau pun anggota dalam musyawarah. Karena agar nantinya hasil yyang diputuskan dalam musyawarah bisa diterima dan juga dilaksanakan oleh semua anggota dengan penuh keikhlasan.

Contoh musyawarah

  1. Dalam keluarga

Musyawarah pembaian tugas bersih-bersih, musyawarah menentukan tempat rekreasi dan yang alinnya.

  1. Dalam lingkungan sekolah.

Musyawarah pemilihan ketua kelas dan osis, mengadakan lomba  dan yang lainnya.

  1. Dalam lingkungan masyarakat

Pembentukan panitia ulang tahun desa, mesyawarah pembagian siskamling, dan musyawarah perbaikan jalan desa dan yang lainnya

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id menganai √Apakah Musyawarah Itu : Pengertian, Ciri, Manfaat dan Contohnya. semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Read More  √Apa Yang Dimaksud Liberalisme : Pengertian, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan
Read More  √Apa Yang Dimaksud Integrasi Nasional : Pengertian, Faktor dan Syaratnya
Read More  √Alasan Mesir Mengakui Kedaulatan Indonesia : Masalah dan Analisisnya
Read More  √Akibat Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia : Sejarah, Perlawanan dan Maknanya