√Apa yang Dimaksud Skripsi : Pengertian, Tujuan, Unsur

Diposting pada
√Apa Yang Dimaksud Skripsi : Pengertian, Tujuan, Unsur

Pengertian

Skripsi adalah istilah yang dipakai di Indonesia untuk mengilustrasikan karya tulis imiah berupa hasil penelitian mahasiswa S1. Di dalamnya, ada pembahasan lengkap terkait adanya permasalahan atau fenomena tertentu dengan mengikuti tata cara penulisan skripsi yang benar sesuai yang berlaku.

Tujuan

Mahasiswa dituntut untuk membuat skripsi sebab ada tujuannya tersendiri. Mahasiswa diharapkan dapat berpikir secara logis dalam menguraikan serta menyelesaikan suatu permasalahan, dan bisa menuliskan hasil pikirannya ke dalam bentuk laporan skripsi yang tersusun dan sistematis. Karena bukanlah hal yang mudah untuk memahami sebuah permasalahan, melakukan penelitian, menganalisis, mendapatkan hasil penelitian dan menyusunnya ke dalam bentuk laporan.

Tak hanya itu, tujuan dalam penulisan skripsi ialah sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana di setiap Perguruan Tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta yang ada di negara Indonesia

Unsur-Unsur

1. Bagian Awal Skripsi

  • Sampul Luar

Sampul luar adalah sampul skripsi yang terletak pada bagian depan. Sampul berisi judul, tulisan skripsi, nama dan NIK mahasiswa, logo universitas, nama jurusan, nama universitas, bulan dan tahun kelulusan. Semua tulisan yang ada pada sampul luar wajib tersusun simetris dan ditulis dalam bentuk huruf besar.

  • Sampul Dalam

Sesuai namanya, sampul dalam adalah sampul skripsi yang terletak pada bagian dalam. Sampul tersebut berisi judul, tulisan skripsi, maksud penulisan skripsi, nama dan nomor induk mahasiswa, nama jurusan, nama universitas, bulan dan tahun kelulusan.

  • Persetujuan Pembimbing

Persetujuan pembimbing adalah tanda persetujuan dosen pembimbing pada isi naskah skripsi yang dibuat mahasiswa. Halaman tersebut menyatakan kalau naskah skripsi sudah diperiksa serta disetujui oleh dosen pembimbing dan memenuhi syarat untuk sidang pengujian.

  • Pengesahan Tim Penguji
Baca Juga :  √Apa itu Kompensasi: Pengertian, Jenis, Bentuk, Tujuan, Faktor

Sesudah Mahasiswa dinyatakan lulus sebagai Seorang Sarjana kemudian tim penguji akan memberikan tanda tangan sebagai bentuk pengesahan pada skripsi yang dibuat. Tanda tangan tersebut diberikan pada halaman pengesahan tim penguji.

  • Kata Pengantar

Pada halaman ini, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengucapkan terima kasih kepada Tuhan, dosen pembimbing, orang tua, sahabat serta pihak-pihak lain yang selama ini sudah membantu dalam membuat dan menyelesaikan Skripsi.

  • Daftar Isi

Daftar isi dibuat sebagai gambaran apapun isi yang ada dalam sebuah skripsi. Di dalamnya ada judul bab, judul subbab, judul anak subbab, dan nomor halaman lokasinya.

  • Daftar Tabel

Daftar tabel berisi informasi mengenai nomor tabel, judul tabel dan juga nomor halamannya. Judul tabel tidak boleh disingkat serta wajib ditulis apa adanya sesuai dengan judul tabel yang ada dalam naskah skripsi. Jarak antara judul tabel ialah spasi1/2.

  • Daftar Gambar

Daftar gambar berisi informasi mengenai nomor gambar, judul gambar serta nomor halamannya. Judul gambar tidak boleh disingkat dan wajib sama sesuai judul gambar yang ada dalam naskah skripsi. Jarak antar judul gambar adalah spasi1/2.

  • Daftar Lampiran

Daftar lampiran berisi informasi mengenai nomor lampiran, judul lampiran serta nomor halamannya. Jarak antara judul lampiran adalah spasi 1/2.

2. Bagian Inti Skripsi

Biasanya bagian inti skripsi terdiri dari 6 bab berisi bab 1 pendahuluan, bab 2 kajian pustaka, bab 3 metode penelitian, bab 4 hasil penelitian, bab 5 pembahasan serta bab 6 penutup.

  • Pendahuluan

Bab pertama dalam skripsi ini berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, hipotesis penelitian, ruang lingkup penelitian dan sistematika penulisan.

  • Kajian Pustaka

Kajian pustaka memuat gagasan teori tentang objek yang diteliti. Sebaiknya, teori yang dijadikan kajian pustaka tersebut relevan dan mutakhir. Relevan maksudnya sesuai dengan permasalahan yang diangkat,

Baca Juga :  √11 Cara Membaca Yang Baik dan Benar

Sementara mutakhir maksudnya terbaru atau dianggap paling mewakili perkembangan ilmu pengetahuan yang bersangkutan.

  • Metode Penelitian

Metode penelitian memuat terkait pola penelitian, sumber dan jenis data, populasi dan sampel penelitian, teknik dan instrumen pengumpulan data, disertai teknik analisis data.

  • Hasil Penelitian

Hasil penelitian menjelaskan mengenai deskripsi data dan pengujian hipotesis. Biasanya deskripsi data ini disajikan dalam bentuk grafik atau tabel, serta di bawahnya diberikan sedikit fakta untuk memperjelas isi grafik atau tabel yang disajikan. Sementara pengujian hipotesis memuat penjelasan terkait hasil pengujian pada masing-masing hipotesis secara ringkas dan padat.

  • Pembahasan

Pada dasarnya, bab kelima dalam skripsi ini bertujuan guna menjawab masalah penelitian yang dirumuskan pada bab pendahuluan. Isinya tidak boleh sembarangan, penulis skripsi wajib melakukan analisis hasil penelitian serasional mungkin.

  • Penutup

Penutup berisi kesimpulan dan saran. Kesimpulan wajib menjelaskan masalah dan apasaja solusi yang ditawarkan penulis. Sementara saran wajib sesuai dengan pokok permasalahan yang dibahas.

3. Bagian Akhir Skripsi

Bagian akhir skripsi berisi daftar pustaka dan daftar lampiran. Penulis wajib mencamtumkan semua sumber dan lampiran-lampiran yang dipakai sebagai acuan dalam menyusun skripsi.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id semoga√Apa Yang Dimaksud Skripsi : Pengertian, Tujuan, Unsur semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya terima kasih

Baca Juga :