√Apa Yang Dimaksud Liberalisme : Pengertian, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Diposting pada

A. Pengertian liberalisme

Liberalisme merupakan suatu ideologi atau paham yang menjunjung tinnggi kebebasan dan juga persamaan hak individu dalam berbagai aspek kehidupan, baik dibidang ekonomi, sosial, politik, agama, dan juga hal lainnya yang menyangkut harkat hidup orang banyak.

√Apa Yang Dimaksud Liberalisme : Pengertian, Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Paham liberalisme pada umumnya tumbuh di dalam sistem demokrasi karena keduanya mempunyai konsep kebebasan. Akan tetapi, walaupun pahham ini mengusung kebebasan individu, kebebasan tersebut bukanlah kebebasan tanpa batas tapi terdapat keteraturan dan juga harus bisa dipertanggung jawabkan.

B. Sejarah liberalisme

Awal kemunculan paham liberalisme ialah peristiwa revolusi perancis yang terjadi pada abad 18 silam. Peristiwa tersebut disebabkan karena kepincangan sistem dan juga kesenjangan sosial di masyarakat yang sangat mencolok

Pada masa itu di negara perancih masih banyak terdapat penggolongan terhadap masyarakat, dimmana golongan tertentu mendapatkan keistimewaan keistimewaan yang tidak mungkin didapatkan golongan lainnya.

Kenyamanan hhanya bisa di rasakan oleh merekan dari keluarga kerajaan dan juga pemuka agama, sedangkann masyarakat lalin harus patuh pada masyarakat dari golongan istimewa.

C. Ciri-ciri ideologi liberalisme

Suatu ideologi bisa kita kenali dari karakeristiknya. Sesuai dengan pengertian liberalisme diaas, ada pun ciri dari liberalisme ialah sebagai berikut ini:

  1. Setiap individu punya kesempatan sama

Salah satu niali pokok dalam di dalam liberalisme merupakan setiap individu mempunyai kesempatan yang sama pada semua bidang. Akan tetapi , bukan berarti setiap orang dapat memberikan hasil yang sama.

Read More  √ Apa Itu Syair : Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh

Persamaan hak dan juga kesempatan ialah hal yang mutlak di dalam ideologi ini. Sedangkann hasil yang nantinya akan diperoleh setiap individu tergantung pada banyak faktor misalnya ialah keterampilan, kerja keras, sumber daya, dan yang lainya.

  1. Berhak mendapatkan perlakuan yang sama

Mengacu pada point satu yaitu kesempatan yang sama, maka penyelesaian setiapmasalah yang dihadapi  individu akan mendapatkan perlakuan yang sama, baik itu di bidang ekonomi, sosial, politik dan yang alinnya.

  1. Ada hukum dan hukum diterapkan

Di dalam setiap negara harus ada hukum di dalamnya yang bertujuan unutk melindungi dan juga menjada hak-hak masyarakat. Negara liberal menetapkan patokan hukum tertinggi yang menghargai hak-hak kebebasan dan persamaan kedudukan setiap idnividu di dalam hukum.

D. Kelebihan dan kekurangan liberalisme

Di dalam setiap ideologi erdapat kelebihan dan juga kekurangnya masing-masing demikian halnya dengan liberalisme. Mengacu pada pengertian liberalisme, adapun kelebihan dan juga kekurangan liberalisme ialah sebagai berikut:

  1. Kelebihan paham liberalisme

Berikut ini adalah beberapa kelebihan paham liberalisme

Adanya keinginan dan juga insiatif dari masyarakat untuk berkembang menjadi lebih baik

Setiap orang mendapat hak dan juga kebebasan yang sama di dalam bermasyarakat.

Pers mempunyai hak dan juga kebebasan dalam memberikan kritik tajam terhadap pemerintah tentunya dengan batasan dan juga etika pers yang berlaku

Kebebasan individu dalam memilih partai politik tanpa inervensi dari pihak lain.

  1. Kekurangan paham liberalisme

Berikut ini beberapa kekurangan paham liberalisme

Pihak-pihak yang mempunyai sumber