√Apa Yang Dimaksud Resume : Perbedaan dan Cara Membuatnya

Diposting pada

Pengertian resume

Resume adalah ringkassan atau dari stu tulisan panjang yang di ringkas dengan mengambil bagian pokok nya saja dan ilustrasinya. Resume merupakan cara yang sangat efektif untuk menjelaskan inti atau pokok dari sebuah informasi yang akan disampaikan kepada orang lain, misalnya ialah resume buku atau karangan, resume bisa menjelaskan isi pikiran seorang pengarang menjadi lebih ringkas.

√Apa Yang Dimaksud Gengan Resume : Perbedaan dan Cara Membuatnya

Kata “resume” ini juga sering sekali di gunakan dalam dunia kerja yang diartikel sebagai daftar riwayat(curriculum vitae) yaitu sebuah dokmen yang berisi tentang rangkuman pengalaman, pendidikan dan keahlian yang disusun sedemikian rupa. Tujuan dari membuat resume lamaran pekerjaan ialah sebagai informasi tentang kualifikasi seseorang secara ringkas, jelas dan padat.

Perbedaan resume dengan ikhtiar

Tak sedikit dari kita yang menyamakan antara resume dan ikhtiar. Perlu anda ketahui sebenarnya kedua istilah ini mempunyai makna yang berbeda, berikut ini kami akan menjelaskan perbedaannya:

  1. Resume/ringkasan/rangkuman

Resume ialah isi dari gagasan pokok atau intisari daru suatu karangan yang dibuat dalam bentuk yang lebih ringakas atau pendek. Isi dari sebuah resume ini tidak berbeda dengan ide atau gagassan pokok yang ada pada teks aslinya.

  1. Ikhtisar

Ikhtisar merpakan ringkasan suatu karangan yang dibuat lebih pendek dari asslinya, akan tetapi ikhrisar ini tidak mempertahankan urutan gagassan pokok yang membangun karangan tersebu, ikhtisar ini dapat dibuat seseorang sesuai dengan pemahamannya terhadap suatu karangan. Pembauat ikhtisar juga bisa menggunakan kata-kata sesuai pilihan dalam menjelaskan inti suatu karangan yang dibaca.

Cara membauat resume

Tidaklah sulit membauat resume karena berpatokan pada tulisa aslinya. Berikut ini duniapendidikan.co.id akan menjelaskan langkah-langkah cara membuat resume yang benar;

  1. Membaca naskah asli

Kita harus membaca naksah asli hingga selesai untuk mengetahui dan juga membahami isi dari saskah yang akan kita resume. Membaac naskah aslinya secara berulang akan membauat kita mengerti maksud yang ingin disampaikan penulisnya.

Selain dari itu, pasti ada beberapa kata dalam suatu karangan yang sulit dipahami. Membuat resume juga harus melibatkan sumber daya yang lalin agar bisa memahami kata atau istilah yang sulit.

  1. Menemukan gagasan utama

Setelah membaca karangan secara berulang, tentunya kita akan menemuka gagasan utama tulisa tersebut. Kita perlu mencatat gagasan utama dari tulisan tersebut  agar bisa membuat ringkasan yang sesuai. Dalam sebuah karangan, tidak semua paragra mengandung gagasan pokok. Oleh sebab itu, pentun untuk menemukan gagasa utama secara teratur.

  1. Menulis tesume

Tentunya kita mempunyai gambaran umum mengenai resumenya. Yang perlu di perhatikan bahwa untuk membuat resume harus disesuaikan dengan teks aslinya. Penggunakan kata dan juga kalimat dalam resume jua sebaiknya menggambarkan isi dari teks aslinya tersebut. Akan tetapi kita tidak diperbolehkan untuk menambahkan pandapat pribadi di dalam resume tersebut, apalagi jika pendapat pribadi tersebut bertentangan degnan naskah aslinya.

Sebaiknya resume memakai bahasa indonesia yang mudah di cerna oleh siapa saja. Meskipun di dalam naskah aslinya terdapat banyak sekali istilah atau kata yang sulit di mengerti, kita bisa menuliskannya dalam bahasa yang lebih mudah di dalam resume.

  1. Membaca ulang resume yang dibuat

Setelah resume selesai dibuat , selanjutnya ialah harus membacanya kembali utnuk memeriksa apakan ada kesalahan penulisan. Beberapa hal yang harus perlu diperiksa diantaranya ialah;

  • Penggunaan bahasa yang benar dan baik
  • Penggunaan ejaan yang benar
  • Dan penggunaan tanda baca yang benar

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Apa Yang Dimaksud Gengan Resume : Perbedaan dan Cara Membuatnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang membacanya.

baca juga;

Baca Juga :  √Rumusan Masalah : Pengertian , Jenis, Fungsi , Ciri , Contoh dan Rumusan
Baca Juga :  √Unsur Komunikasi : Pengertian dan Fungsinya Lengkap
Baca Juga :  √Pengertian CSR : Fungsi, Manfaat, Ciri dan Contohnya
Baca Juga :  √Alat Musik Melodis : Pengertian dan Contohnya