√ Apa Yang Dimaksud Dengan Tanaman : Pengertian, Klasifikasi, Manfaat, Contoh beserta Penjelasannya

Diposting pada

Pengertian Tanaman

Tanaman adalah tumbuhan yang di pelihara dan dirawat pada suatu media untuk diambil manfaat atau dipanen ketika sudah sampai waktu tertentu. apakah perbedaan tanaman dan tumbuhan? Pada hakikatnya tanaman dan tumbuhan adalah sama, namun pengertian diantara keduanya dibedakan penggunaanya secara awam bahwa tanaman adalah tumbuhan yang sengaja ditanam sedangkan tumbuhan tumbuh secara alami dari permukaan bumi.

√ Apa Yang Dimaksud Dengan Tanaman : Pengertian, Klasifikasi,  Manfaat, Contoh beserta Penjelasannya

Klasifikasi dan Jenis Tanaman

  1. Pohon

Tanaman ini merupakan jenis yang mempunyai ukuran tinggi 4,5m dan memiliki batang, ranting dan cabang. Pada sebagian orang memilih tanaman berbuah, dan sebagiannya lagi tanaman yang hanya berbunga. Pada lahan yang tidak luas, tanaman berbunga lebih dapat menghidupkan suasana. seperti contoh bungur, sapu tangan, casia golden. Cara pengaplikasiannya dapat ditanam di pinggir teras dengan rambatan tanaman sirih gading, akan membuat tampilan lebih menarik.

  1. Semak Tinggi

Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang memiliki ketinggian antara 1m-2m contohnya melati, mawar dan kemuning.

  1. Semak Rendah

Merupakan tanaman yang memiliki ketinggian antara 30 cm- 1 m, tanaman hias merupakan jenis kelompok tanaman ini contohnya, soka, tapak, dara dan kuping gajah

  1. Ground Cover

merupakan tanaman yang pertumbuhannya tinggi, maksimalnya 30 cm, biasanya tanaman ini dijadikan pembatas atau border suatu taman. Contoh dari jenis tanaman ini diantaranya tanaman kacang-kacangan, rumput kucai dan soka pendek.

  1. Rumput

Rumput merupakan tanaman yang terhampar dalam suatu luasan tanah. Yang sangat mudah tumbuh sekaligus ringan perawatan adalah rumput gajah. Jenis yang lainnya lebih halus daunnya yang menyerupai jarum adalah rumput peking serta  rumput manila.

Manfaat Tanaman

Tanaman dapat dipelajari sebagai objek dari sebuah cabang ilmu pengetahuan disebut botani atau ethnobotani. Tanaman ini selain berfungsi sebagai penyedia oksigen dan paru-paru  di dunia juga memiliki banyak manfaat bagi mahluk hidup lainnya yaitu :

  1. Sebagai Makanan

Tanaman pada saat ini menjadi salah satu penyedia bahan makanan bagi manusia, baik secara langsung ataupun tidak langsung. Secara langsung tanaman ini banyak  menyediakan bahan makanan pokok seperti gandum, beras dan jagung serta berbagai jenis sayuran dan buah-buahan yang penting untuk nutrisi manusia serta budidaya lainnya seperti kopi, teh, gula, dan lain-lain. Selain itu tanaman juga sebagai  bahan olahan untuk produk lain seperti  mentega, minyak goreng, serta yang lainnya. Tanaman inipun menjadi bahan makanan hewan yang juga menjadi makanan pokok manusia.

  1. Sebagai Produk Non Makanan

Sebagai produk yang bukan makanan, tanaman bisa menghasilkan kayu yang berguna bagi bangunan, alat rumah tangga, dan sebagainya, juga sebagai bahan pembuat kain. Hasil tanaman ini dari jaman purba juga sangat bermanfaat untuk bahan bakar yaitu batu bara. Untuk dunia kedokteran tanaman juga menghasilkan obat herbal dan produk herbal non kimiawi seperti ginseng, temulawak, kunyit, yang digunakan untuk pengobatan tradisional. Tanaman juga menjadi bahan utama kebutuhan rumah tangga dan kecantikan serta menjadi bahan pembuatan karet, plastic, permen karet dan bahan kimia organik yang digunakan untuk ilmu pengetahuan dan percobaan-percobaan.

  1. Sebagai Perindah Ruangan

Banyak sekali jenis tanaman yang beredar diluar hanya sebagai tanaman hias. Tanaman ini dipelihara oleh berbagai pecinta tanaman baik untuk sekedar menghiasi dan memperindah tempat tinggal mereka ataupun untuk meneduhkan lingkungan, mendinginkan temperatur, mengurangi hembusan angin, mengurangi kebisingan, menambah privasi dan melindungi tanah dari erosi.

  1. Sebagai Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Budaya

Tanaman juga berguna sebagai pendukung ilmu pengetahuan, dunia kedokteran dan berbagai kebudayaan dunia. Seperti kita tahu bahwa para ahli arkeolog dapat mengidentifikasi berapa usia fosil, dan dunia kedokteran tertolong dengan ditemukannya obat herbal dan kimia. Tanaman juga banyak dipakai sebagai lambang beberapa Negara dan kelompok-kelompok tertentu di dunia.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Apa Yang Dimaksud Dengan Tanaman : Pengertian, Klasifikasi, Manfaat, Contoh beserta Penjelasannya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Read More  √ Apa Apa Itu Hidroponik : Pengertian, Cara , Media, Jenis dan Gambarnya
Read More  √ Apa Itu Ekologi : Pengertian, Jenis, Contoh dan Gambarnya
Read More  √ Apa Administrasi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri, Macam dan Unsurnya
Read More  √ Pengadilan Tinggi Negeri : Definisi, Tugas, Wewenang Dan Jumlah