√ Apa itu Wirausaha : Pengertian, Tujuan,Cara, Ciri, Manfaat

Diposting pada

Pengertian Wirausaha

Wirausaha Adalah seseorang yang berani mengambil sikap, berpikir, berani bertindak dalam menciptakan pekerjaan sendiri serta berkarir secara mandiri.

Apa itu Wirausaha: Pengertian, Tujuan,Cara, Ciri, Manffat

Namun, menjadi seorang wiraswasta juga mesti banyak berhati-hati mengingat resikonya cukup tinggi. Mengalami kebangkrutan atau mengalami kerugian ketika menjalankan usaha dalam wiraswasta tentu sudah menjadi hal yang wajar. Tapi, karena hal tersebut banyak sekali orang yang merasa ragu untuk memulai usaha atau menjadi seorang wiraswasta. Keterbatasan modal pula biasanya menjadi pemicu keraguan setiap orang yang akan memulai usaha.


Tujuan Wirausaha

  1. Memberikan kesadaran pada masyarakat mengenai kewirausahaan

Kalau seseorang telah memulai dan menjalani kewirausahaan, kemudian sukses menjadi seorang wiraswasta, maka hal tersebut akan membuat masyarakat tergerak untuk ikut berwiraswasta. Melihat kesuksesan itu akan membuat masyarakat mencari tahu apa saja tips dan trik yang harus dilakukan seseorang supaya sukses berwiraswasta. Bukan hanya belajar menjadi seorang wirausaha saja, namun juga belajar menjadi pribadi yang tangguh dalam menjalankan usaha.

  1. Membudayakan sikap, perilaku,semangat serta kemampuan dalam menjadi wirausahawan

Dalam mempelajari kesuksesan seseorang, maka masyarakat juga akan belajar berperilaku menjadi seperti orang yang sukses itu. Mereka akan mencoba berwirausaha dengan semangat dan daya juang yang hebat untuk mendapatkan keberhasilan dari usaha yang mulai dijalaninya itu.

  1. Meningkatkan jumlah wirausaha yang mempunyai kualitas baik

Saat seseorang menjadi wirausaha pastinya orang itu membutuhkan sumber daya manusia yang baik dalam membantu menjalankan usahanya. Sehingga seseorang yang berwirausaha mesti memberdayakan sumber daya manusia untuk meningkatkan pencapaian usahanya meningkatkan kualitas sumber daya manusia itu. Saat dia sudah berhasil, maka sumber daya manusianya dapat membuka lapangan pekerjaannya sendiri.

  1. Dapat memajukan juga menyejahterakan masyarakat

Sebuah usaha yang telah sukses dan besar tentunya membutuhkan banyak karyawan atau sumber daya manusia yang dapat membantu mempertahankan usaha itu. Saat anda berwirausaha dan memberdayakan sumber daya manusia, maka anda telah mengurangi jumlah pengangguran. Tak hanya itu saja, seseorang yang telah memiliki pekerjaan tetap juga bisa mencapai kemajuan dan kesejahteraannya sendiri.


Cara-Cara Menjadi Wirausaha

  1. Selalu berpikir positif

Berpikir positif senantiasa menjadi hal yang penting dalam setiap langkah yang kita ambil dalam hidup. Begitu juga dengan berwirausaha, anda harus selalu berpikir positif akan setiap peluang yang ada sehingga anda tak dihantui oleh rasa takut akan gagal serta anda akan bersikap optimis pada setiap hal yang terjadi saat menjalankan usaha.

  1. Bersikap percaya diri

Selain mempunyai sikap yang berani anda juga harus mempunyai  rasa percaya diri yang tinggi dalam menjalankan usaha dan perusahaan yang anda dirikan sendiri. Secara tak langsung, sikap percaya diri ini akan mendukung anda dalam mengerjakan setiap pekerjaan dan menjalaninya dengan sikap yang tenang.

  1. Berani mengambil setiap resiko yang ada

Resiko akan senantiasa ada dalam setiap pilihan atau keputusan yang anda ambil, maka dari itu anda mesti selalu berani menghadapi resiko apapun yang mungkin terjadi pada usaha anda. Resiko yang mungkin terjadi itu contohnya kecelakaan, kerugian, dan kegagalan. Semua itu mesti selalu anda hadapi, karena dalam berbisnis semakin tinggi resikonya maka keuntungannya juga akan semakin besar.

  1. Berjiwa pemimpin

Hal Ini juga menjadi modal utama anda dalam mendirikan sebuah perusahaan karena di sini anda menjadi pemimpinnya. Kalau terjadi sebuah persoalan atau masalah yang tiba-tiba muncul, anda harus siap berada di depan untuk menghadapinya serta berusaha memecahkannya tanpa membebankan orang lain.

  1. Selalu berorientasi ke depan

Seorang enterpreuner sejati harus selalu siap dalam berpikir bagaimana situasi ke depan dan mempunyai prediksi yang tepat dalam mencari peluang yang baru untuk kemajuan usahanya. Seorang wirausaha harus mempunyai literasi yang kuat dan keluasan wawasan untuk mengembangkan setiap ide untuk masa depan.

  1. Berorientasi pada hasil

Setiap anda menjalankan tugas sebagai seorang wiraswasta, maka anda mesti selalu berorientasi pada setiap hasil yang ada. Hal ini juga penting karena setiap hambatan yang mungkin muncul tak akan membuat anda menyerah namun anda akan merasa tertantang sehingga hasilnya pun sesuai dengan yang telah direncanakan.


Ciri-Ciri Wirausaha

  1. Memiliki sifat jujur

Kejujuran merupakan hal utama dalam memulai usaha atau menjadi seorang wirausahawan yang sukses. Karena kejujuran itu sama halnya dengan amanah yang diberikan pada anda sebagai pemimpin dari karyawan atau konsumen anda. Jujur dalam semua hal yang terjadi dalam pekerjaan yang anda lakukan dan tak berbuat licik.

  1. Selalu disiplin

Ingatlah bahwa anda tidak mempunyai atasan yang akan menegur kalau anda telat datang ke tempat kerja atau saat anda lalai dalam bertugas. Jadi kedisiplinan menjadi yang utama dalam pekerjaan anda di bidang wirausaha ini. Disiplin adalah sifat dasar dalam menggerakan motivasi dan semangat dalam menjalankan usaha dan pekerjaannya.

  1. Kreatif dan inovatif

Kreatifitas merupakan kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang berbeda, kalau anda mempunyai kreatifitas yang tinggi maka usaha yang anda jalankan pun akan menarik minat masyarakat sehingga menimbulkan keuntungan untuk usaha anda. Sementara inovatif merupakan sebuah terobosan baru dan seorang wirausaha harus mempunyai terobosan-terobosan baru dan meninggalkan cara-cara lama dalam sebuah pekerjaan.

  1. Mempunyai komitmen tinggi

Mulailah dengan berkomitmen terhadap diri anda sendiri dengan memegang teguh prinsip yang jelas serta pasti saat anda akan memulai menjalankan usaha.

  1. Mandiri serta realistis

Tak menggantungkan keputusan pada orang lain namun memutuskan semua sesuatu yang terjadi oleh diri sendiri. Sikap mandiri dan realistis ini harus dimiliki oleh seorang wirausaha agar bisa menjalani setiap usaha yang sedang digelutinya.

  1. Mempunyai keterampilan personal

Setiap wirausaha harus mau dan bisa mencari dan menangkap setiap peluang yang akan menguntungkan usahanya. Dia mesti memanfaatkan setiap peluang yang ada, mau berkomunikasi dengan siapapun, dan menangani setiap usaha dengan terencana dan bisa bekerja sama dengan berbagai pihak yang akan menguntungkan perusahaan.


Manfaat Wirausaha

  1. Mengoptimalkan diri sendiri

Dalam berwirausaha kita harus mempunyai mental yang kuat yang bisa memacu potensi yang ada di dalam diri. Begitu juga ketika kita merencanakan keuntungan untuk perusahaan yang kita miliki maka mau tidak mau kita akan berusaha menjadi lebih baik lagi.

  1. Menunjukkan pada diri sendiri bahwa kita bisa memimpin perusahaan kita sendiri

Ketika berwirausaha kita akan menghadapi berbagai tantangan yang sangat luas, termasuk pada kemampuan kita untuk memimpin perusahaan dan orang yang bekerja kepada kita. Dengan berwirausaha maka kita akan belajar mengaplikasikan kepemimpinan kita dalam memanajemen perusahaan tersebut.

  1. Adanya peluang dalam mencapai keuntungan dari semua hasil kerja keras kita

Dengan menjadi seorang wirausahawan maka otomatis kita akan menjadi bos untuk diri kita sendiri juga. Kalau kita mendapatkan keuntungan yang maksimal dari hasil kerja keras maka itu akan menjadi motivasi untuk diri sendiri untuk mencapai keuntungan yang lebih lagi.

  1. Menambah lapangan kerja untuk orang yang membutuhkan

Menambah lapangan kerja itu sebenarnya menjadi fungsi utama dalam dunia wirausaha karena saat kita mendirikan sebuah usaha atau sebuah perusahaan maka kita membutuhkan orang-orang yang membantu pekerjaan kita. Maka secara tak langsung kita telah menciptakan lapangan kerja baru untuk orang-orang yang membutuhkan pekerjaan.

  1. Membantu masyarakat sekitar dengan usaha yang legal dan jelas kegiatan usahanya

Wirausaha akan membantu masyarakat sekitar kita dalam memenuhi semua kebutuhannya yang tadinya sulit terpenuhi. Contohnya saja anda membuka warung sembako di lingkungan sekitar anda tinggal sehingga daerah yang akses kebutuhannya dibilang sulit akan sangat terbantu dengan warung yang anda dirikan itu.

  1. Adanya kesempatan untuk melakukan sebuah perubahan

Sekarang banyak wirausahawan yang memulai bisnis yang diawali dengan keprihatinan pada perekonomian masyarakat sekitar sampai pada akhirnya muncul keinginan untuk menciptakan hidup yang lebih baik lagi bukan hanya untuk diri sendiri namun dengan tujuan membantu orang lain.

  1. Peluang dalam mendapatkan keuntungan tanpa batas

Lain dengan orang yang bekerja kepada perusahaan orang lain seorang wirausaha akan mendapat keuntungan atau laba yang jumlahnya dapat melebihi batas. Karena dalam menjadi seorang pengusaha keuntungan yang anda dapatkan tergantung dari pekerjaan maupun usaha yang anda telah keluarkan.


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Apa itu Wirausaha: Pengertian, Tujuan,Cara, Ciri, Manffat, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Apa Itu Syair : Pengertian, Ciri, Jenis, Contoh
Read More  √ Apa itu Modernisasi : Pengertian, Ciri-ciri,Dampak, Hubungan
Read More  √ Apa Itu Kebijakan Moneter: Pengertian, Tujuan, Instrumen, Jenis, Indikator