√Apa itu Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, Kaidah

Diposting pada
√Apa Itu Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, Kaidah

Pengertian

Teks deskripsi adalah suatu paragraf yang gagasan pokoknya disampaikan dengan menggambarkan secara kompleks tentang objek, tempat, atau peristiwa yang sedang dibahas kepada pembaca. Sehingga pembaca seolah-olah merasakan secara langsung apa yang sedang diungkapkan dalam teks itu.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

  • Ada paragraf yang menggambarkan  atau melukiskan sesuatu, baik itu objek, peristiwa maupun latar tertentu.
  • Isi paragraf digambarkan atau dijelaskan dalam bentuk kalimat yang sangat jelas dan detail, dan melibatkan kesan yang ditangkap oleh panca indera.
  • Saat pembaca membaca teks deskripsi, dia seperti merasakan apa yang terjadi dalam teks itu (seolah-olah melihatnya secara langsung).
  • Objek yang menjadi topik biasanya akan dijelaskan secara rinci, contohnya bagaimana bentuknya, bagaimana warnanya, maupun bagaimana kondisi objek secara rinci.

Jenis-jenis Teks Deskripsi

1. Teks Deskripsi Imajinatif

Teks deskripsi imajinatif adalah jenis teks deskripsi yang menggambarkan tempat atau lokasi berlangsungnya sebuah kejadian. Gambaran tersebut dibuat dari berbagai sudut pandang sehingga pembaca dapat mengetahui gambaran tempat kejadian dengan jelas.

2. Teks Deskripsi Faktual

Teks deskripsi faktual adalah jenis teks deskripsi yang menggambarkan objek atau orang tertentu secara apa adanya. Supaya pembaca dapat mengetahui gambaran objek itu dengan jelas, pembuat teks harus dapat menggambarnya dari beberapa sudut pandang.

Baca Juga :  √ 8 Hubungan UUD 1945 dengan Pancasila

Struktur Teks Deksripsi

1. Deskripsi Umum

Deskripsi Umum adalah bagian awal dari sebuah teks deskripsi. Bagian tersebut berusaha mengenalkan identitas seseorang, benda, ataupun objek tertentu.

2. Deskripsi Bagian

Deskripsi Bagian adalah bagian yang menjelaskan objek secara detail dengan cara memberi gambaran atau penjelasan sejelas mungkin.

3. Penutup

Penutup adalah bagian akhir dari teks deskripsi. Umumnya penutup berisi kesimpulan atau kalimat penegasan seputar hal-hal yang penting.

Kaidah Teks Deskripsi

1. Rujukan Kata

Rujukan kata merupakan satu kata yang merujuk pada kata lain, yang menunjukkan hubungan  atau keterkaitan. Biasanya rujukan kata ini berhubungan dengan kata ganti.

Contohnya: kata ganti orang, kata ganti milik, dan kata ganti penunjuk.

2. Kata Berimbuhan

Kata berimbuhan merupakan jenis kata dasar yang mendapat awalan (prefiks), sisipan (infiks), maupun akhiran (sufiks).

Contohnya: penari (tari), bermain (main), menyanyi (nyanyi), dsb.

3. Kata Penghubung (Konjungsi)

Kata penghubung adalah jenis kata yang berfungsi sebagai penghubung antar kata, frasa, klausa, atau kalimat. Kata penghubung dibedakan menjadi 2, yakni konjungsi intrakalimat dan konjungsi antarkalimat.

Konjungsi intrakalimat dipakai dalam satu kalimat.

Contohnya: Tari Saman adalah jenis tari yang dipakai untuk menyampaikan dakwah dan biasanya ditarikan oleh laki-laki.

Sementara konjungsi antar kalimat dipakai untuk menghubungkan 1 kalimat dengan kalimat lain. Contohnya: Ki Hajar Dewantara berasal dari keluarga keraton namun dia sangat dekat dengan masyarakat sekitar.

4. Kelompok Kata (Frasa)

Kelompok kata merupakan kumpulan dari 2 kata atau lebih yang mempunyai arti baru.

Contohnya: sapu tangan.

5. Kata Baku dan Tidak Baku

Kata baku adalah kata yang penulisannya sesuai dengan aturan bahasa indonesia (KBBI). Biasanya kata baku dipakai dalam kalimat resmi, sementara kata tidak baku adalah kebalikannya.

Baca Juga :  √Jaringan Hewan : Embrional, Epitel , Otot , Saraf , Penyongkong

6. Penggunaan Huruf Kapital dan Tanda Baca

Dalam teks deskripsi, pasti ada penggunaan huruf kapital dan tanda baca.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa Itu Teks Deskripsi: Pengertian, Ciri, Struktur, Jenis, Kaidah semoga bermanfaat

Baca Juga :