√Apa itu Remunerasi: Pengertian, Unsur, Ciri, Sistem,Tujuan

Diposting pada
√Apa itu Remunerasi: Pengertian, Unsur, Ciri, Sistem,Tujuan

Pengertian

Remunerasi adalah pemberian gaji (payment) kepada semua pegawai atau karyawan sebagai imbalan atau penghargaan atas pekerjaan dan kontribusi yang bersifat rutin kepada organisasi tempat dia bekerja. Dalam kata lain, pengertian remunerasi merupakan sesuatu yang didapat oleh seorang pegawai dari tempat dia bekerja sebagai bentuk imbalan dan balas jasa atas prestasi ataupun kontribusinya pada organisasi tempat dia bekerja.

Unsur-unsur Remunerasi

1. Kompensasi

Kompensasi adalah keseluruhan hal yang diterima tenaga kerja atau keryawan baik berupa fisik ataupun non fisik. Hal tersebut bisa dihitung serta diberikan pada tenaga kerja yang seringkali kompensasi tidak dikenai pajak.

2. Komisi

Komisi adalah imbalan yang diberikan pada tenaga kerja atau karyawan dengan perhitungan presentase, Misalnya keuntungan penjualan produk. Hal tersebut bertujuan sebagai bentuk penghargaan untuk setiap pegawai.

Ciri-ciri Remunerasi

  • Remunerasi yang diterima oleh tenaga kerja atau pegawai mesti sesuai dengan kontribusi yang diberikan di perusahaan ataupun kantor.
  • Tinggi rendahnya tingkat remunerasi pada suatu perusahaan.
  • Biasanya remunerasi tersebut diberikan untuk tenaga kerja atau pegawai yang memiliki keahlian atau skill yang berprestasi.

Sistem Remunerasi

1. Sistem remunerasi tradisional

Biasanya sistem remunerasi tradisional hanya memberikan remunerasi berdasarkan jabatan atau peran dalam organisasi, yang biasa dikatakan sebagai input organisasi. Dalam sistem tersebut, remunerasi wajib sesuai dengan bobot relatif jabatan dalam organisasi, yang diukur dari pengetahuan, kemampuan, pemecahan masalah serta tanggungjawab.

Baca Juga :  √ Cerita Pemikiran Tan Malaka : Beserta Sejarahnya

2. Sistem remunerasi berbasis kinerja (performance-based)

Meningkatkan dari pada sistem tradisional, yaitu berupa remunerasi berdasarkan kinerja maksudnya manfaat ekonomis yang dihasilkan untuk organisasi (output organisasi).

Tujuan Remunerasi

1. Menambahkan Sumber Daya Manusia

Guna terciptanya sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Perlu adanya pemberian remunerasi yang akan mendorong tenaga kerja guna semakin meningkatkan kualitas kerjanya.

2. Menjaga Sumber Daya Manusia yang Produktif

Sebuah cara untuk memelihara dan menjaga tenaga kerja yang memiliki kulitas kerja yang baik agar tidak berpindah ke perusahaan lain. Hal tersebut berkaitan dengan kompetisi kepemilikan tenaga kerja terbaik serta guna mencegah adanya KKN dalam perusahaan.

3. Memunculkan Persaingan Positif

Adanya sistem remunerasi pasti akan memunculkan persaingan yang positif antara tenaga kerja dalam perusahaan. Dengan remunerasi pasti  terlihat mana tenaga kerja yang rajin serta mana yang tidak rajin (pemalas). Remunerasi penting guna memotivasi diri tenaga kerja agar terus mengembangkan dirinya.

4. Menambahkan Kesejahteraan SDM

Menambahkan kesejahteraan tenaga kerja yang nantinya pasti berdampak pada peningkatan produktivitas dalam bekerja.

5. Menciptakan Tata Kelola Perusahaan yang Baik

Dengan adanya remunerasi pasti akan menghasilkan keuntungan ataupun pendapatan yang besar terhadap perusahaan atau bisnis lewat pemanfaatan modal yang seefektif mungkin. Karena untuk sebuah bisnis yang tidak bisa mempertahankan anggotanya justru akan membuat pengeluaran yang lebih besar ketika melakukan perekrutan tenaga kerja.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Remunerasi: Pengertian, Unsur, Ciri, Sistem,Tujuan semoga bermanfaat

Baca Juga :