√Apa itu Pangsa Pasar: Pengertian, Tujuan, Segmentasi, Strategi

Diposting pada
√Apa itu Pangsa Pasar: Pengertian, Tujuan, Segmentasi, Strategi

Pengertian

Pangsa Pasar adalah sebuah strategi pemasaran yang mencakup sasaran pasar yang luas menjadi kumpulan dari beberapa bagian kecil diantaranya konsumen, bisnis dan negara yang memiliki kebutuhan umum atau suatu kepentingan dan mempunyai prioritas dan kemudian merancang suatu strategi untuk menjadikannya sasaran. Biasanya pangsa pasar dipakai guna menganalisa target pasar sebuah produk yang tergantung pada permintaan yang spesifik serta sesuai dengan segmentasi produk.

Tujuan Pangsa Pasar

  • Pasar menjadi lebih mudah dibedakan.
  • Pelayanan kepada pembeli menjadi lebih baik.
  • Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah.

Segmentasi Pangsa Pasar

1. Segmentasi Geografis

Pemasar biasanya memakai segmentasi geografis guna melakukan analisa pada konsumen terhadap sebuah wilayah yang cenderung memakai produk tertentu berdasarkan wilayahnya, contohnya wilayah atau daerah yang mempunyai curah hujan tinggi maka sasaran yang tepat adalah berjualan payung, Jasa hujan atau yang sangat berguna saat hujan. Dan pemasar didaerah yang panas menjual barang contohnya kipas angin, Pendingin ruangan dsb.

2. Segmentasi Demografis

Segmentasi yang berdasarkan usia, gender, agama, suku berdasarkan manfaat dari layanan maupun produk yang diberikan manfaat nya pun akan berbeda sesuai dengan klasifikasi dari konsumen nya. Segementasi tersebut memungkinkan membagi pasar sesuai pada tahap kehidupan yang ada.

Baca Juga :  √ Pengertian Ringkasan : Bentuk, Ciri, dan Contohnya

3. Segmentasi Psikografis

Segmentasi yang paling berpengaruh dalam kegiatan pangsa pasar karena berhubungan dengan gaya hidup, di zaman saat ini saat sebuah barang menjadi trending maka akan diikuti oleh semua kalangan. Didalam perkembanganya media sosial yang paling berpengaruh terhadap segmentasi ini.

4. Segmentasi oleh Manfaat

Segementasi ini dapat berjalan sesuai dengan manfaat yang diinginkan oleh pengguna atau costumer.

5. Segementasi Sesekali

Segmentasiini tak mempertimbangkan kelas pelanggan baik bawah, menengah ataupun atas misal dengan memberikan minuman bersoda yang ada didalam pesta sederhana.

6. Segmentasi Budaya

Segmentasi budaya dipakai untuk mengklasifikasikan pangsa pasar berdasarkan budaya karena budaya ialah hal yang sangat kuat dari sebuah prilaku pelanggan dan digunakan untuk meningkatakan pengetahuan konsumen dengan model prediksi. Segmentasi budaya bisa dipakai sebagai cara yang baik guna membuat komunitas berdasarkan adat atau budaya tertentu.

7. Segmentasi Prilaku

Sekmentasi ini mengukur dengan tingkah laku pelanggan, serta diukur dari satus loyalitas dan pengetahuan, sikap maupun tanggapan terkait sebuah produk banyak pemasar yang memakai metode ini karna prilaku atau sikap ialah langkah pertama dalam membangun pangsa pasar.

Strategi Pangsa Pasar

1. Tambahkan produk dan layanan baru

Terdengar sangat sederhana, hanya dengan menambah produk dan layanan baru pada perusahaan. namun untuk menjalankan strategi ini dengan baik dibutuhkan kerja keras serta tekat yang kuat. Anda mesti mengerti produk dan layanan apa yang pelanggan butuhkan.

Selain dari pada itu, banyak juga dari mereka yang mau membayar untuk menambah jumlah produk dan layanan baru.

2. Menjual Produk kepada konsumen yang Sudah ada dengan meningkatkan Jumlah

Dengan metode ini, maka bisa meningkatkan jumlah penjualan untuk pelanggan yang sudah ada. Lalu, akan fokus pada penjualan dan strategi marketing yang fokus pada segmen tersebut. Strategi ini pun terlihat sangat mudah akan namun cukup sulit untuk dilakukan untuk menganalisis segmentasi pasar.

Baca Juga :  √ Pengertian Walikota : Pengertian, Syarat, Tugas Dan Wewenang

3. Memperluas area Pasar ke Tempat Baru

Tugas Anda ialah mencari pelanggan baru yang berpotensial. Anda pun memerlukan yang namanya riset atau penelitian dilapangan supaya produk yang dijual akan diterima dengan baik oleh konsumen baru. Di sini, dengan riset atau penelitian menentukan daerah mana yang akan menjadi target pasar bila baik maka langkah berikutnya adalah memilih lokasi yang strategis guna mempromosikan produk pada pelanggan baru.

4. Targetkan Pasar Serta Pelanggan Baru

Biasanya pebisnis akan mempromosikan produknya berdasarkan demografi atau lokasi tertentu misalnya jenis kelamin,usia atau kebiasaan yang dilakukan oleh pelanggan.

5. Masuk Pada Sistem Penjualan Baru

Strategi inimenuntut Anda untuk bisa memasuki ranah dunia bisnis baru yaitu ke online marketing. Sudah banyak bukti toko kecil yang beralih menjadi toko besar dan ketika dia berhasil memanfaatkan sebuah teknologi serta sistem online marketing. dengan Teknik SEO (Search Engine Optimization) bisa juga dipakai guna memudahkan pelanggan pada dunia internet menemukan produk yang anda jual.

6. Mengambil Alih Bisnis Lain

Mengambil alih usaha atau bisnis orang lain yang telah meningkat atau yang akan menjadi pesaing pada perusahaan anda bisa jadi akan menjadi cara guna peningkatan jumlah pelanggan Anda. Misalnya Instagram di beli oleh facebook karna bisa saja menjadi pesaing serta pastinya meningkatkan bisnis pada facebook.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Pangsa Pasar: Pengertian, Tujuan, Segmentasi, Strategi semoga bermanfaat

Baca Juga: