√Apa itu Narasi: Pengertian, Tujuan, Ciri,Jenis, Struktur, Unsur

Diposting pada
√Apa itu Narasi: Pengertian, Tujuan, Ciri,Jenis, Struktur, Unsur

Pengertian

Narasi adalah jenis pengembangan paragraf didalam suatu tulisan yang merupakan bagian dari rangkaian kejadian dari waktu ke waktu dijelaskan dengan urutan awal, tengah dan akhir. Pengertian lain dari narasi ialah sebuah paragraf yang disusun dengan tujuan menyampaikan sebuah hiburan atau pengalaman yang baik untuk para pembaca.

Narasi dapat berbentuk fiksi, dan dapat non fiksi. Biasanya ditemukan pada karya seperti cerpen, biografi, novel dsb.

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Narasi merupakan sebuah cerita atau kejadian sastra cerita atau deskripsi sebuah kejadian atau peristiwa, kisahan, tema sebuah karya seni

Tujuan Narasi

  • Menyampaikan informasi atau wawasan serta memperluas pengetahuan.
  • Menyampaikan pengalaman yang indah untuk pembaca.

Ciri-ciri Narasi

  • Memperlihatkan unsur perbuatan atau tindakan.
  • Disusun dalam urutan waktu.
  • Berusaha menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”.
  • Ada konfliks.
  • Berwujud cerita terkait peristiwa atau pengalaman penulis.
  • Kejadian atau peristiwa yang diberikan berbetunk peristiwa yang nyata terjadi, dapat berbentuk semata-mata imajinasi atau gabungan keduanya.
  • Atas dasar konfliks, karena tanpa konfliks sering juga narasi tidak menarik.
  • Memiliki nilai keindahan atau estetika.
  • Susunan secara kronologis sangat ditekankan Pada pokoknya, ciri-ciri narasi ialah berisikan sebuah cerita, menekankan sebuah kronologis atau peristiwa dari waktu ke waktu yang memiliki konfliks didalamnya.

Jenis-Jenis Narasi

1. Narasi Informatif

Narasi Informastif ialah jenis narasi yang memiliki sasaran penyampaian informasi dengan tepat terkait sebuah kejadian yang bertujuan memperluas wawasan orang mengenai kisah seseorang.

Baca Juga :  √ Pengertian Demokrasi Pancasila : Sistem, Ciri, dan Prinsipnya

2. Narasi Ekspositorik

Narasi Ekpositorik ialah jenis narasi yang memiliki tujuan memberikan informasi dengan tepat terkait sebuah kejadian yang bertujuan memperluas pengetahuan orang mengenai kisah seseorang. Didalam narasi ekspositorik,penulis bercerita mengenai sebuah peristiwa atau kejadian dengan data yang benar adanya. Pelaku yang di tunjukan biasanya hanya satu orang. Pelaku menceritakan diawali dari kecil hingga saat ini atau sampai terakhir dalam kehidupannya.

Karangan narasi terserbut diwarnai dengan eksposisi, jadi ketentuan eksposisi juga berlaku pada penulisan narasi ekspositorik. Ketentuan itu berkaitan dengan pemakaian bahasa yang logis, berdasarkan fakta yang terjadi, tak membawa unsur sugestif atau yang bersifat objektif.

3. Narasi Artistik

Narasi artisktik ialah salah satu jenis narasi yang berusaha untuk memberikan sebuah maksud tertentu, memberikan sebuah amanat tersembunyi kepada para pembaca atau pendengar sehingga terlihat seolah-olah melihat. Ketentuan itu berkaitan dengan pemakaian bahasa yang logis, didasari fakta yang terjadi, tak membawa unsur sugestif atau bersifat objektif.

4. Narasi Sugestif

Narasi Sugestif ialah jenis narasi yang berusaha untuk menyediakan suatu maksud tertentu, memberikan sebuah amanat yang tersembunyi untuk para pembaca atau pendengar sehingga terlihat atau tampak seolah-oleh melihat.

Struktur Narasi

1.Pengenalan

Di bagian ini terdapat mengenai pengenalan tokoh, suasana, latar dsb.

2. Awal Pertikaian

Pada bagian ini berisikan mengenai ilustrasi konflik utama yang ditunjukan oleh penulis.

3. Klimaks atau Puncak Pertikaian

Di bagian ini berisikan mengenai ilustrasi konflik utama atau inti dari cerita.

4. Antiklimaks atau Penyelesaian

-Di bagian ini berisikan mengenai penyelesaian masalah yang terjadi didalam cerita serta pertanda akhir dari cerita.

Unsur-unsur Narasi

1. Alur (Plot)

Alur atau plot yakni urutan peristiwa yang mengatur hubungan peristiwa demi peristiwa agar saling berhubungan dengan logis.

Baca Juga :  √Apa itu Pelapukan: Pengertian, Jenis dan Faktor, Dampak, Cara

2. Pengembangan

Pengembangan yakni runtutan kejadian yang diawali dengan pengenalan atau pendahuluan (pengenalan tokoh), isi kejadian (konflik diantara tokoh) serta penyelesaian (penutup).

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Narasi: Pengertian, Tujuan, Ciri,Jenis, Struktur, Unsur semoga bermanfaat

Baca Juga :