√Apa itu Modal Ventura: Pengertian, Ciri, Jenis ,Tujuan, Manfaat

Diposting pada
√Apa itu Modal Ventura: Pengertian, Ciri, Jenis ,Tujuan, Manfaat

Pengertian

Modal Ventura adalah sebuah investasi kepada sebuah perusahaan dengan bentuk pemberiannya berupa penyertaan modal dengan sebagai rekan atau  partner usaha dalam jangka waktu tertentu.

Biasanya investasi modal ventura ini diberikan dalam bentuk uang tunai lalu ditukarkan dengan sejumlah saham pada perusahaan pasangan usaha. Biasanya modal ventura termasuk investasi dengan risiko tinggi, tapi merupakan investasi dengan imbal yang tinggi.

Dana investasi yang dari  investor tadi kemudian dikelola oleh dana ventura. Para investor tersebut sudah tau bahwa perusahaan yang dia biayai mempunyai risiko tinggi serta tak memenuhi syarat standar perusahaan guna mendapatkan dana pinjaman dari perbankan.

Sebagian besar dana ventura itu berasal dari investor yang sudah mapan, bank investasi, serta institusi keuangan yang melakukan pengumpulan dana guna tujuan investasi itu. Penyertaan modal ventura biasanya diberikan kepada perusahaan-perusahaan startup (perusahaan rintisan).

Ciri-ciri Modal Ventura

1. Pembiayaan Modal Ventura Bersifat Equity

Bentuk pembiayaan yang dilakukan oleh perusahaan modal ventura ialah dengan penyertaan modal langsung terhadap perusahaan pasangan usaha.

Baca Juga :  √Penelitian : Pengertian dan Jenis Nya Lengkap

2. Modal Ventura Bersifat Investasi Jangka Panjang

Perusahaan Modal Ventura tak mentargerkan memperoleh keuntungan dengan menjual sahamnya dalam jangka pendek, tapi mengharapkan capital gain sesudah jangka waktu tertentu.

3. Modal Ventura Bersifat Risk Capital

Modal Ventura beresiko tinggi karena pembiayaannya tak disertai dengan jaminan misalnya dengan kredit perbankan. Tapi, risiko tinggi itu diimbangi dengan harapan mendapatkan return yang lebih besar.

4. Modal Ventura Bersifat Sementara

Walaupun pembiayaan modal ventura berupa penyertaan saham, tapi ada prinsipnya tetap bersifat sementara yakni contohnya ketentuan jangka waktu penyertaan modal ventura di Indonesia maksimun 10 tahun

5. Keuntungan Berupa Capital Gain dan Deviden

Target Keuntungan yang diharapakan diperoleh perusahaan modal ventura ialah capital gain atau apresiasi nilai saham di samping deviden.

6. Rate Of Return yang tinggi

Bidang usaha yang biasanya dibiayai oleh modal ventura ialah yang bersifat terobosan-terobosan baru yang menjanjikan keuntungan yang tinggi.

Jenis-jenis Modal Ventura

1. Eguity Financing

Eguity Financing adalah jenis pembiayaan langsung yang dilakukan perusahaan modal ventura dengan melakukan pemberian dana secara langsung kepada perusahaan pasangan usaha serta mengambil bagian dari jumlah saham milik perusahaan pasangan usaha.

2. Semi Equity Financial

Semi Equity Financial ialah jenis pembiayaan dengan cara membeli obligasi konversi yang dibuat oleh perusahaan pasangan usaha.

3. Mendirikan Usaha Baru

Perusahaan modal ventura bekerjasama dengan perusahaan pasangan dalam mendirikan suatu usaha yang benar-benar baru.

4. Bagi Hasil

Bagi ialah jenis pembiayaan pada usaha kecil yang belum punya badan hukum atau yang telah berbadan hukum, dimana kedua belah pihak mendapatkan bagian dari keuntungan yang dihasilkan usaha itu.

Tujuan Modal Ventura

  • Menumbuhkan serta mengembangkan kemampuan UMKM dengan membertikan bantuan secara finansial tanpa mengabaikan kaidah perusahaan yang sehat.
  • Membantu meningkatkan angka pertumbuhan UKM dengan memberikan modal saham, dan memberikan jaminan jangka panjang dan menengah, serta membantu usaha kecil dalam meningkatkan keahlian dan manajemen.
  • Membantu menciptakan situasu bisnis yang sehat untuk UKM supaya bisa bertumbuh menjadi usaha yang bisa diandalkan.
  • Kemitraan dalam rangka mengurangi kemiskinan, bertujuan membantu para pengusaha yang kekurangan dana serta tidak punya jaminan materiil, sehingga susah mendapatkan pinjaman dari bank. Berkat adanya peminjaman modal dari modal ventura bisa membantu menghadapi kesulitan keuanganannya.
  • Untuk Membantu perusahaan yang sedang kekurangan likuiditas.
  • Membantu mendirikan perusahaan baru, yang mana tingkat risiko kerugiannya bukanlah kecil.
Baca Juga :  √ Jaringan Komputer adalah: Pengertian, Manfaat dan Macamnya

Manfaat Modal Ventura

1. Peningkatan Kegiatan Usaha

Biasanya perusahaan pasangan ialah usaha kecil yang butuh dana guna meningkatkan usaha. Pembiayaan dari modal ventura bisa membantu peningkatan kegiatan usaha.

2. Meningkatkan Potensi Usaha

Individu ataupun kelompok yang berhasil menciptakan sesuatu yang baru biasanya membutuhkan dukungan dana. Modal ventura dalam hal ini berperan sebagai partnet usaha yang bisa membantu pengembangan produk atau bisnis menjadi lebih besar.

3. Pemasaran Produk Lebih Efisien

Proses pemasaran pada usaha rintisan biasanya tidak efisien karena jumlah produksinya masih kecil. Dengan adanya bantuan dana dari modal ventura, maka perusahaan partner usaha bisa meningkatkan efisiensi pemasaran produk.

4. Mendapat Kepercayaan dari Bank

Biasanya perusahaan rintisan(start up) sulit mendapatkan pendanaan dari bank karna manajemennya yang masih belum efektif. Dengan masuknya dana dari modal ventura, maka hal tersebut akan meningkatkan kepercayaan bank pada perusahaan rintisan dalam pemberian modal usaha.

5. Tingkat Likuiditas Membaik

Perusahaan rintisan yang mendapat dana dari modal ventura tidak mesti membayar beban bunga serta angsuran hutang. Dengan demikian, maka penambahan modal penyertaan langsung akan meningkatkan likuiditas perusahaan rintisan itu.

6. Rentabilitas Semakin Baik

Bantuan dana dan manajemen berupa tenaga profesional serta berpengalaman akan membuat usaha rintisan semakin efektif dan efisien. Dengan demikian, maka biaya pemasaran dan biaya produksi bisa diminimalisir dan akhirnya membantu memperbaiki kemampuan guna mendapatkan keuntungan.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Modal Ventura: Pengertian, Ciri, Jenis ,Tujuan, Manfaat semoga bermanfaat

Baca Juga :