√Apa itu Manajemen Organisasi: Pengertian, Tujuan, Fungsi

Diposting pada
√Apa Itu Manajemen Organisasi: Pengertian, Tujuan, Fungsi

Pengertian

Manajemen organisasi merupakan sebuah proses perencanaan dan pengorganisasian serta pengendalian pada sumber daya suatu organisasi dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi.

Dengan dibuatnya manajemen organisasi didalam perusahaan diharapkan bisa membentuk kinerja karyawan yang lebih efektif terutama didalam hal terkait koordinasi antar departemen maupun divisi.

Manajemen organisasi yang akan dibahas di sini berhubungan dengan pengelolaan sumber daya di dalam bisnis atau perusahaan. Sehingga manajemen organisasi lebih dihubungkan dengan seni untuk mengelola sumber daya manusia perusahaan.

Tujuan  Manajemen Organisasi

  • Membentuk koordinasi yang baik antar divisi ataupun individu.
  • Membentuk kinerja sumber daya yang lebih efektif lewat pemberian rasa aman serta kesatuan diantara karyawan.
  • Membuat suasana lingkungan kerja yang damai dan juga positif.
  • Memotivasi karyawan supaya bekerja dengan rasa tanggung jawab
  • Mencapai tujuan utama perusahaan dengan cara-cara yang paling efisien lewat pembentukan karakter sumber daya

Fungsi Manajemen Organisasi

1. Fungsi Perencanaan (Planning)

Manajer akan bertindak untuk merencanakan serta mempersiapkan kegiatan bisnis yang berhubungan dengan sumber daya.

Hal ini akan menjadi langkah penting untuk menentukan keputusan seperti apa yang akan diambil di masa depan sehingga bisa menghindari kebingungan. Secara teknis perencanaan dapat dilakukan lewat koordinasi dalam rapat yang membahas tentang rencana kerja dan angarannya.

2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)

Dalam fungsi ini, manajer diwajibkan membuat kebijakan terbaik tentang penggunaan sumber daya. Fungsinya ialah untuk mendapatkan kinerja yang terbaik dari karyawan.

Baca Juga :  √ 5 Tokoh Penyusun Teks Proklamasi Dan Sejarahnya

Contohnya kalau perusahaan mempunyai sebuah kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan pemasaran maka pemilihan sumber daya untuk kegiatan itu wajib dipilih dari divisi yang bertanggung jawab.

3. Fungsi Kepegawaian (Staffing)

Sebuah organisasi wajib mempunyai management yang baik untuk menciptakan suasana kerja yang sehat di dalam organisasi itu. Selain itu, perekrutan anggota yang tepat pun akan memberikan pengaruh yang besar pada organisasi

4. Fungsi Pengarahan (Lead)

Merupakan hal yang wajib seorang manajer berperan untuk mengarahkan anggota tim sesuai target yang tepat. Fungsinya ialah agar sumber daya bekerja dengan arah yang benar sesuai dengan tujuan perusahaan.

5. Fungsi Kontrol (Controling)

Selain itu manajer juga wajib berperan sebagai pengendali pada setiap kegiatan yang melibatkan sumber daya. Kalau terjadi tindakan-tindakan yang dapat merugikan perusahaan yang dilakukan oleh salah seorang ataupun tim perusahaan, maka manajer berhak untuk mengambil keputusan tentang hal itu.

6. Fungsi Manajemen Waktu (Time Management)

Organisasi yang menerapkan fungsi manajemen waktu yang efektif bisa berkembang dengan cepat dan sehat. Hal tersebut berhubungan dengan cara kerja pegawai yang tepat waktu serta dengan cara kerja yang benar.

7. Fungsi Motivasi (Motivation)

Manajemen perusahaan pun berperan penting dalam memberikan motivasi pada anggotanya. Dengan adanya motivasi itu maka para anggota akan termotivasi guna bekerja lebih baik.

Demikianlah artikel dari Duniapendidikan.co.id tentang √Apa Itu Manajemen Organisasi: Pengertian, Tujuan, Fungsi semoga dapat bermanfaat bagi kita semua

Baca Juga :