√Apa itu Manajemen Keuangan: Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, Tujuan

Diposting pada
√Apa Itu Manajemen Keuangan: Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, Tujuan

Pengertian

Manajemen keuangan merupakan kegiatan merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengawasi aktivitas finansial contohnya pengadaan dan pemanfaatan dana perusahaan. Manajemen keuangan pun harus menerapkan prinsip manajemen umum pada sumber daya keuangan perusahaan.

Manajemen tersebut adalah segala aktivitas yang berkaitan dengan cara agar dapat mendapatkan modal kerja, menggunakan, mengalokasikan, mengelola aset perusahaan agar dapat mencapai tujuannya.

Maksudnya, ada kepentingan untuk menciptakan dan menjaga nilai ekonomis suatu perusahan. Semua ini juga akhirnya berujung pada penciptaan kesejahteraan para pemilik usaha dan pegawainya.

Ruang Lingkup Manajemen Keuangan

1. Keputusan investasi

Yang mencakup investasi pada aset tetap dan investasi pada aset lancar yang biasa disebut keputusan modal kerja.

2. Keputusan finansial

Hal ini berkaitan dengan peningkatan keuangan dari berbagai sumber, tergantung pada keputusan terkait jenis sumber pendanaannya, periode pembiayaan, biaya, dan imbal hasil.

3. Keputusan dividen

Seorang bendahara wajib bisa mengambil sebuah keputusan yang berkaitan pada distribusi laba bersih kepada 2 bagian, yaitu kepada pemegang saham dan retained profit atau laba yang ditahan.

Fungsi Manajemen Keuangan

1. Estimasi kebutuhan modal

Seorang manajer wajib bisa membuat estimasi yang berkaitan dengan modal. Hal ini bergantung pada perkiraan biaya, keuntungan, program dan kebijakan masa yang akan datang. Estimasi mesti dilakukan secara memadai dan bisa meningkatkan kapasitas produksi perusahaan.

2. Penentuan komposisi modal

Setelah estimasi dilakukan, struktur pemodalan mesti diputuskan. Hal ini melibatkan analisis ekuitas hutang jangka pendek dan jangka panjang, tergantung pada proporsi modal yang dimiliki perusahaan serta dana tambahan yang harus diterima dari pihak luar.

Baca Juga :  √ Asal Usul Suku Dayak : Pengertian, Asal Mula, Dan Adat Istiadat

3. Pilihan sumber dana

Dana tambahan bisa diambil dari isu saham dan surat hutang, pinjaman dari bank atau lembaga keuangan lain, obligasi, dan lain-lain. Keputusan dapat bergantung pada manfaat, kerugian serta periode pembiayaan.

4. Investasi dana

Manajer keuangan juga mesti dapat memutuskan alokasi dana usaha supaya bisa menguntungkan sampai investasi dan pengembalian reguler aman.

5. Pembuangan surplus

Manajer keuangan pun mesti mengatur laba bersih yang dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu:

  • Deklarasi dividen

Mengidentifikasi tingkat dividen serta tunjangan lain contohnya bonus.

  • Laba ditahan

Volume mesti bergantung pada rencana diversifikasi ekspansif, inovasional, serta diversifikasi perusahaan.

6. Pengelolaan uang tunai

Pengelolaan uang tunai atau kas untuk pembagian uang gaji, tagihan listrik, kreditor, kewajiban lancar, pemeliharaan stok, pembelian bahan baku, dsb.

7. Kontrol keuangan

Terakhir, pengawasan pada semua yang dilakukan di atas juga wajib dilakukan dengan banyak teknik. Contohnya saja analisis rasio, peramalan keuangan, pengendalian biaya dsb.

Tujuan Manajemen Keuangan

  • Memaksimalkan keuntungan berdasarkan keputusan yang tepat.
  • Menjaga arus kas supaya sesuai  untuk membayar semua kewajiban dan beban perusahaan.
  • Mempersiapkan struktur modal yang bisa didapat dari internal ataupun eksternal.
  • Pemanfaatan uang yang tepat dan optimal supaya efisiensi terus terjaga.
  • Memaksimalkan kekayaan supaya dividen kepada pemegang saham serta laba ditahan bisa terus optimal.
  • Efisiensi supaya distribusi keuangan tepat dalam segal hal di dalam perusahaan.

Demikianlah Artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa Itu Manajemen Keuangan: Pengertian, Ruang Lingkup, Fungsi, Tujuan semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya

Baca Juga :