√ Apa itu Kromosom : Pengertian, Fungsi, struktur dan Jenisnya

Diposting pada

Pengertian

Kromosom merupakan struktur berupa benang halus yang membawa informasi genetik (gen). Kromosom ada di dalam setiap inti sel makhluk hidup. Gen adalah materi genetik yang mempunyai informasi tetang sifat yang akan diwariskan dari induk kepada keturunannya. Di dalam kromosom, gen tersimpan di suatu area khusus yang disebut lokus. Gen yang berpasangan di dalam lokus yang disebut alel. Tubuh kromosom terdiri oleh benang-benang kromatin yang disusun oleh asam nukleat (DNA serta RNA) dan protein. Komposisinya terdiri dari 60% protein, 35% DNA, dan 5 % RNA.

Apa itu Kromosom : Pengertian, Fungsi, struktur dan Jenisnya


Fungsi

– Sebagai tempat penyimpanan informasi genetik yang akan diturunkan dari induk ke anak sampai membentuk sifat dan ciri khas individu itu.

– Berperan penting dalam proses pembelahan sel.

– Menentukan jenis kelamin sebuah individu.


Struktur Bagian

  1. Sentromer

Bagian pusat kromosom yang bisanya berbentuk bulat. Pada sentromer ada kinetokor mempunyai fungsi penting saat terjadinya pembelahan sel. Pada bagian inilah benang spindel melekat kepada masing-masing kutub yang berlawanan.

  1. Kromatid

Kromatid merupakan salah satu dari kedua lengan hasil replikasi pada kromosom. Pada lengan kromosom ada kromonema, yakni pita yaang berbentuk spiral. Pada kromonema bisa terlihat penebalan berupa manik-manik yang disebut Kromomer. Biasanya kromomer susah untuk diamati, tapi bisa terlihat jelas pada kromosom yang sudah banyak melakukan replikasi. Kromonema dibungkus oleh substansi khusus yang disebut matriks. Kromatid melekat satu sama lain kepada bagian sentromer.

  1. Telomer

Telomer adalah istilah yang dipakai untuk menunjukkan bagian ujung dari kromosom. Telomer berfungsi untuk menjaga DNA pada bagian ujung tak terurai serta mencegah bertemunya satu lengan dengan lengan kromosom yang lainnya. Telomer pun berfungsi untuk melindungi kromosom dari ancaman lingkungan.

  1. Kromomer

Kromomer adalah struktur berbentuk manik-manik yang merupakan akumulasi dari materi kromatin yang kadang terlihat saat interfase.Kromomer sangat jelas terlihat pada kromosom politen (kromosom dengan DNA yang sudah direplikasi berulang kali tanpa adanya pemisahan dan terletak berdampingan sampai bentuk kromosom seperti kawat).

  1. Satelit

Satelit merupakan bagian kromosom yang berbentuk bulatan dan berada di ujung lengan kromatid.Satelit terbentuk karena adanya konstriksi sekunder di daerah itu.


Jenis-jenis

  1. Berdasarkan Fungsinya

Menurut fungsinya, kromosom dibagi menjadi 2 jenis yaitu :

– Kromosom Autosom (Tubuh), yakni kromosom yang memberikan ciri-ciri yang ada pada tubuh makhluk hidup. Contohnya : manusia mempunyai 22 pasang kromosom autosom dan 1 pasang kromosom genosom.

– Kromosom Genosom (Kelamin), yakni kromosom yang menentukan jenis kelamin organisme pemilik kromosom itu. Contohnya manusia mempunyai 1 pasang kromosom autosom, Jika 1 pasang kromosom itu adalah XX maka manusia itu wanita, tapi jika 1 pasang kromosom tersebut XY maka jenis kelaminnya laki-laki.

  1. Berdasarkan Letak Sentromer

Berdasarkan letak sentromernya kromosom dibagi menjadi 4 jenis yaitu :

– Telosentrik adalah kromosom yang letak sentromernya berada di ujung lengan kromosom.

– Metasentrik adalah kromosom dengan sentromer yang berada tepat ditengah lengan kromosom tersebut.

– Akrosentrik ada kromosom yang letak sentromernya berada di dekat ujung salah satu lengan kromosom tersebut.

– Submetasentrik adalah kromosom yang letak sentromernya berada hampir berada di tengah kromosom tersebut.

  1. Berdasarkan jumlah sentromer

Berdasarkan jumlah sentromernya kromosom dibagi menjadi 4 jenis yaitu :

– Asentrik adalah kromosom yang tidak mempunyai kromosom.

– Monosentrik adalah kromosom yang hanya mempunyai satu kromosom.

– Disentrik adalah kromosom yang memiliki 2 sentromer.

– Polisentrik adalah kromosom yang mempunyai banyak sentromer (Lebih dari 2).


demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Apa itu Kromosom : Pengertian, Fungsi, struktur dan Jenisnya, semoga artikel ini bermanfaat.

baca juga :

Read More  √ Apa Itu Inflasi : Pengertian, Penyebab, Jenis, Dampak, Teori
Read More  √ Apa itu Koperasi: Pengertian, Tujuan, Jenis dan Prinsipnya
Read More  √ 15 Cara Berkomunikasi Yang Baik Beserta Penjelasannya
Read More  Konflik : Pengertian, Faktor, Jenis, Dampak, Solusi Dan Contohnya