√Apa itu Komet: Pengertian, Ciri, Jenis, Bagian

Diposting pada
√Apa Itu Komet: Pengertian, Ciri, Jenis, Bagian

Pengertian

Komet adalah sebuah Benda Langit Yang Di Tutupi Kabut Tipis Panjang serta Mirip Dengan Ekor. Komet biasanya Disebut Dengan Bintang Berekor Atau Lintang Kemukus. Banyak Para Ahli Berpendapat Bahwa Komet adalah Serpihan-Serpihan Dari Tata Surya Yang Terbentuk 4,6 Miliar Tahun Yang Lalu.

Diperkirakan Ada Lebih Dari 1.000 Buah Komet Yang Melintas Dekat pada Matahari Dalam Setiap Abad. Dari Jumlah itu, Hanya Sedikit Komet Yang Cukup Terang Yang Sehingga dapat Dilihat Dengan Mata Telanjang.

Ciri-ciri Komet

  • Garis Tengah Inti Komet (Nukleus) Kira-Kira berukuram Hanya  Sekitar 8-25 Km, Sangat Kecil Dibandingkan Dengan Koma.Garis Tengah Koma dapat Mencapai Dengan 60.000 Km serta panjang ekor komet Bisa Mencapai 80 Juta Km
  • Koma Dan Ekor Komet Membalikan Cahya Matahari serta dapat Dilihat Dari Bumi Bila Komet Itu Cukup Dekat. Ekor Komet Berbeda-Beda Bentuk serta Ukurannya. Kalau Semakin Dekat Komet itu Dengan Matahari Maka Semakin Panjanglah Ekornya. Dan Ada juga Komet Yang Tidek Berekor.
  • Komet Bergerak Mengelilingi Matahari Berkali-Kali,Namun Peredarannya Memakan Waktu Yang Lama.
  • Komet tersebut Di Bedakan Menurut Rentangan Waktu Orbitnya. Rentangan Waktu Pendek adalah Kurang Dari 200 Tahunan Rentangan Waktu Yang Panjang yakni Lebih Dari 200 Tahun. Secara Umumnya Bentuk Orbit Komet yakni Elips.

Jenis-jenis Komet

1. Komet Berekor Panjang

Komet Berekor Panjang adalah Komet Dengan Garis Lintasannya Sangat Jauh lewat sebuah Daerah-Daerah Yang Sangat Dingin Di Angkasa Yang sampai Berkesempatan Menyerap Gas-Gas Daerah Yang Dilaluinya. Saat Mendekati Matahari, Komet tersenbut Melepaskan Gas Yang Sehingga Membentuk Koma serta Ekor Yang Sangat Panjang.

Baca Juga :  √Rawa: Pengertian, Proses, Ciri dan Jenisnya

Contohnya :

Komet Kohoutek Yang Melintas Dekat Matahari Setiap 75.000 Tahun Sekali serta Komet Halley Setiap 76 Tahun Sekali.

2. Komet Berekor Pendek

Komet Berekor Pendek adalah Sebuah Komet Dengan Garis Lintasannya Yang Sangat Pendek hingga Kurang memiliki Kesempatan Untuk Menyerap Gas Di Daerah Yang dilewatinya. Saat Mendekati Matahari, Komet tersebut Melepaskan Gas Yang Sangat Sedikit sampai Hanya Membentuk Koma Dan Ekor Yang Sangat Pendek malah Hampir Tidak Berekor.

Contohnya :

Pada Komet Encke Yang melewati Matahari Setiap 3,3 Tahun Sekali.

Bagian-bagian Komet

1. Nukleus

Nukleus Adalah Pusat Yang Sangat Terang yang ada Sebuah Kepala Komet. Nukleus itu dapat Mencapai 100. Hingga 10.000 Meter. Diameter Komet Halley Ini Kira-Kira Sebesar 5.000 Meter. Ahli Astronomi berpendapat Bahwa Nukleus Komet tersebut Berupa “Bola Salju Kotor” Yang Terdiri Dari Debu, Fragmen-Fragmen Batuan, Metana Beku, Amonia Beku, Karbon Dioksida Beku, serta Bentuk-Bentuk Es Lain Sebagainya. Penelitian Lebih Lanjut Ini tentang Komet Halley Yang Memberikan Informasi Yang Lebih Jelas tentang Inti Atau Nukleus Komet.

2. Koma

Koma adalah sebuah Gas Dan Debu Yang Terlihat Disekeliling Nukleus. Koma tersebut Terbentuk bila Radiasi Matahari Melelehkan Bagian Ini. Diameter Koma dapat Mencapai  Dengan 2 Juta Km serta Terlihat Bila Komet Mendekati Matahari.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa Itu Komet: Pengertian, Ciri, Jenis, Bagian semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya

Baca Juga :