√Apa itu Jurnal Pembalik: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Membuat

Diposting pada
√Apa itu Jurnal Pembalik: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Membuat

Pengertian

Pengertian Jurnal Pembalik adalah dima jurnal yang akan dilakukan membalik jurnal penyesuaian.Pada tahap tersebt Dilakukan pada awal periode. Sesudah penutupan buku besar serta akan membuat neraca saldo sesudah penutupan di periode pada sebelumnya.

Sebelum memulai pencatatan sebuah transaksi pada periode akuntansi yang baru maupun tahun buku baru dimana terkadang perusahaan butuh untuk bisa menyesuaikan lagi rekening akun akun yang telah dibuat jurnal penyesuaian tersebut.

Lembaran jurnal yang akan diperlukan untuk melakukan hal tersebut disebut ” Jurnal Pembalik “

Dapat kita artikan jurnal pembalik adalah lembaran jurnal yang akan disusun saat awal periode akuntansi yang baru untuk bisa membalik sebuah akun jurnal penyesuaian tertentu. Tidak seluruh jurnal penyesuaian juga mesti di buatkan jurnal pembalik. Lembaran jurnal ini banyak dibutuhkan supaya tidak akan terhindar dari kesalahan pencatatan saat awal periode akuntansi yang baru.

Fungsi Jurnal Pembalik

  • Bisa Mempermudah pencatatan transaksi pada awal periode akuntansi yang baru, terutama yang akan berkaitan dengan lembaran jurnal penyesuaian.
  • Menyederhanakan penyusunan jurnal pada periode akuntansi berikutnya. Jurnal pembalik ini uga bisa memberikan manfaat jika perusahaan membuat lembaran jurnal yang diamana jumlahnya banyak.
  • Meminimalisir kesalahan ataupun kekeliruan yang mungkin dapat terjadi, seperti cara menghindari pengakuan biaya ataupun pendapatan yang double karena penyusunan lembaran jurnal penyesuaian. Untuk bisa transaksi yang akrual dan transaksi yang deferral tertentu.

Tujuan penyusunan jurnal pembalik

  • Dapat mempermudah pencatatan transaksi diawal periode akuntansi yang baru terutama yang akan berkaitan langsung dengan ayat jurnal penyesuaian tertentu.
  • Bertujuan untuk bisa menghindari kemungkinan dimana akan terjadinya kesalahan pencatatan 2 kali ke dalam akun pada periode pada selanjutnya.
  • Bisa Mempermudah sebuah pengawasan ataupun juga konsistensi pencatatan.
Baca Juga :  √Danau: Pengertian, Jenis, Fungsi dan Prosesnya

Cara Membuat Jurnal Pembalik

Materi lain yang akan berkaitan dengan Akuntansi dimenu yang akan tersedia.Jurnal pembalik adalah sebuah jurnal yang akan dibuat pada awal periode akuntansi untuk membalik jurnal penyesuaian tertentu yang akan dibuat pada periode pada sebelumnya. Jurnal pembalik bukan merupakan jurnal yang sangat wajib dibuat oleh sebuah perusahaan tertentu. Namun, jurnal ini wajib dibuat agar pencatatan dalam periode bisa dapat tetap konsisten keta penggunaan rekeningnya.Transaksi-transaksi yang akan terjadi dalam sebuah perusahaan memerlukan jurnal pembalik adalah  sebagai berikut.

  • Beban yang masih harus dibayar.
  • Beban yang dibayar di muka jika beban tersebut pada saat transaksi akan dicatat dalam rekening beban
  • Pendapatan yang masih mesti diterima.Pendapatan ini bisa diterima di muka jika pendapatan tersebut pada saat transaksi akan juga dicatat dalam rekening pendapatan .Contohnya Pada jurnal penyesuaian terkait bunga atas utang Bank yang masih harus dibayar oleh Toko Rejeki sebesar Rp 75.000,00

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Jurnal Pembalik: Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Membuat semoga bermanfaat

Baca Juga: