√Apa itu Iklan: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi dan Tujuan

Diposting pada
√Apa itu Iklan: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi dan Tujuan

Pengertian

Iklan adalah berita atau pesan untuk membujuk orang supaya tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan, iklan biasanya dipromosikan lewat media periklanan contohnya, televisi, radio, koran, majalah dan internet. Iklan mengandung pemberitahuan pada masyarakat serta bersifat mengajak pembaca supaya melakukan apa yang inginkan Iklan tak terbatas pada produk, melainkan pada informasi, ajakan guna melakukan sebuah hal. Seperti ajakan guna menanam pohon atau menjauhi obat-obat terlarang.

Ciri-ciri Iklan

1. Komunikatif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Komunikatif Maksudnya ialah keadaan saling Atau bisa berhubungan (mudah dihubungi) dengan Produk atau Jasa Yang Di Iklankan mesti mudah dipahami dan dimengerti Oleh masyarakat.

2. Informatif

Informatif maksudnya bersifat memberi informasi Iklan harus Menerangkan mengenai Produk Atau Jasa Yang Di-Iklankan.

3. Menarik

Menarik maksudnya bisa Mempengaruhi atau Memberi Rangsangan Tertentu kepada Banyak Orang Sehingga Orang itu mau Mencoba dan memiliki Apa yang Ada Pada Iklan itu.

4. Bahasa Mudah Dimengerti

Iklan mesti memakai Bahasa Yang Mudah pahami dan Di Mengerti sebab Memang Iklan Sendiri Tujuannya supaya Orang Ingin dan Mau Mencoba serta memakai Produk atau Jasa Yang Diiklankan.

5. Bersifat Mengajak

Bersifat Mengajak maksudnya Iklan yang mesti mempunyai Sifat-Sifat Mengajak Di Sela Kata-katanya Ini Bertujuan supaya dapat Menarik simpatik Banyak Orang Untuk Mencoba serta memakai Apa yang Diiklankan.

Baca Juga :  √Lava: Pengertian, Jenis dan Proses Terbentuknya

Jenis-jenis Iklan

1. Jenis Iklan Berdasarkan Isinya

  • Iklan Pengumuman (Pemberitahuan)

Iklan Pengumuman adalah iklan yang bertujuan guna menarik simpatik masyarakat tentang sebuah hal pemberitahuan. Misalnya :

iklan duka cita dan iklan reuni alumni sekolah.

  • Iklan Penawaran (Niaga)

Iklan Penawaran merupakan iklan yang bertujuan menawarkan sebuah produk atau jasa kepada masyarakat. Berikut adalah contohnya:

Iklan penawaran barang (produk), contohnya iklan sepatu, pakaian, handphone, motor dsb.

Iklan penawaran jasa, contohnya iklan jasa ojek online, iklan klinik , iklan jasa pengantaran barang dsb.

  • Iklan Layanan Masyarakat

Iklan layanan masyarakat adalah jenis iklan yang mempunyai tujuan untuk memberikan pencerahan tentang sesuatu hal. Biasanya iklan jenis ini disampaikan oleh instansi atau lembaga pemerintah dan organisasi non-profit contohnya lembaga swadaya masyarakat. Iklan layanan masyarakat dirancang supaya masyarakat memiliki kesadaran pada sebuah hal tertentu. Misalnya, pentingnya menghemat energi agar bisa dinikmati untuk masa mendatang.

2. Jenis Iklan Berdasarkan Media Penggunaan Iklan

  • Iklan Cetak

Iklan cetak merupakan Jenis Iklan yang Pembuatan Dilakukan Dengan memakai Tehnik Cetak serta Penempatan Iklan Ini Dilakukan Di Media Datar, Contoh Iklan Cetak adalah Iklan yang ada Pada sebuah Berita Koran, Pada Spanduk-Spanduk, Poster-Poster serta Majalah.

  • Iklan Elektonik

Iklan Elektronik merupakan Jenis Iklan Yang Penayangannya Dilakukan Di Perangkat-Perangkat Elektronik.

3. Jenis Iklan Berdasarkan Tujuannya

  • Iklan Komersial

Iklan Komersial merupakan Iklan yang Bertujuan Untuk Mendapatkan Income (Pendapatan) Dengan Kegiatan Utamanya adalah Menjual Barang Dan Jasa.

Iklan Ini terbagi Menjadi 3 Bagian yakni :

Iklan Konsumen ialah Jenis Iklan Yang Ditunjukan Langsung pada Konsumen.

Iklan Bisnis adalah Jenis IKlan Yang Ditunjukan pada Seseorang Pengelola Baik Perorangan, Instansi atau Koordinasi Perusahaan lalu Pengelola itu Yang Menjual ATau Jasa Kepada Konsumen.

Baca Juga :  √ Etis Adalah : Pengertis Etis, Politik Etis, Perilaku dan Contohnya

Iklan Profesional adalah IKlan Jenis Bisnis yang Ditunjukan Kepada Para Pembisnis Profesional Yang bisa Mengelola Dengan Baik IKlan Yang Di Ajukan pada Para Pembisnis.

  • Iklan Non-Komersial

Iklan Non-Komersial merupakan Jenis Iklan yang Tidak Mengantur Unsur Ekonomi Di Penayangannya Dengan Kata Lain IKlan Ini Hanya ada di tv.

Fungsi dan Tujuan Iklan

1. Informing (memberi informasi)

Periklanan dapat memberitahukan pasar mengenai sebuah produk baru serta perubahan harga, menyusulkan kegunaan sebuah produk baru menjelaskan cara kerja, serta membangun citra perusahaan.

2. Persuading (membujuk)

Iklan Bertujuan Membujuk pembeli agar segera membeli produk yang di iklankan.

3. Reminding (mengingatkan)

Iklan melindungi supaya merek perusahaan tetap segar dalam ingatan para konsumen serta meningkatkan minat konsumen pada merek yang sudah ada.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Iklan: Pengertian, Ciri, Jenis, Fungsi dan Tujuan semoga bermanfaat

Baca Juga :