√Apa Itu Ice Breaking : Contoh dan Cara Menghilangkan Bosan

Diposting pada

A. contoh permainan ice breaking dalam pembelajaran antara siswa dan guru

untuk mengurangi rasa jenuh para sisa saat kegiatn belajar berlangsung, terkadang juga para guru mengajak para siswa mengadakan permainan akan tetapi tidak meninggalkan materi pelajaran yanga akan disampaikan. Permainan dalam ruang sering disebut dengan ice breaking. Berikut ini beberapa contoh dari permainan ice breaking dalam pembelajaran yang bisa dilaklukan para guru degnan siswanya

√Apa Itu Ice Breaking : Contoh dan Cara Menghilangkan Bosan

  1. memberi salam

dimana para siswa akan diajak berkonsenrasi dimana furu akan memberi salam pada siswa nya dengan cara menepuk bahu dan siswa yang lainnya menegur yang lain hali ini bisa dilakukan pada belajaan bahasa akan etapi untuk pelajaran metematika guru akan menyebutkan sebuah angka lalu di sapa salah satu siswa dengan bilangan berikutnya misalnya ialah guru berkata 1 untuk bilangan prima maka siswa yang di tepuk bahunya akan menyebutkan dan seterusnya lagi.

  1. Perkenalan

Para siswa akan membentuk lingkaran atau garis dan guru datang kepada salah saru siswa menjabat tangan dengan menyebutkan nama misalnya seprti saya buhi (guru) saya nuri (siswa) dan siswa berjabat tangan kepada siswa yang lain dengan menyebutkan nama mereka

  1. Uji kesigapan dan konsentrasi siswa

Guru akan menyebutkan salah satu yang mereka bawa dan juga menybutkan apa saja yang mereka bawa dan para siswa yang ditunjuk bisa menyebutkan kembali apa yang telah disebutkan guru. Dalam permainan ini siswa diajak dan diajarkan agar untuk bisa berkonsentrasi serta sigap menyebutkan apa yang telah dikeluarkan guru dengan urutan yang bernar.

B. Contoh permainan ice breaking melatih konsentrasi dan menghilangkan rasa bosan

Permainan ice breaking yang dilalkukan untuk melatih konsentrasi, dimana diketahui jika kita sedang melakukan suatu seminar pastinya akan merasa bosan, untuk menghilangkan rasa bosan biasanya trainer mengadakan suatu eprmainan untuk menghilangkan kebosanan, yaitu dengan mengadakan permainan yang disebut dengan ice breaking. Begitu juga di dalam kegiatan belajar mengajar, sisw asangat dimungkinakan merasa bosan, maka dari itu ice breaking bisa di andalkan untuuk menghilangkan kebosanan siswa dan juga mengembalikan tingkat konsentrasi dalam pembelajran untuk melatih konsentrasi diantaranya yaitu:

  1. Ice breaking bermain tebak kata

Diman guru akan mengucapkan satu kata, kemudian guru menunjuk kepada salah satu siswa, siswa disuruh menyebutkan kembali apa yang telah dikatakan pembicara

  1. Bermain kata berkait

Siswa dibuat satu kelompok yang terdiri dari empat orang siswa, kemudian perserta diberkan satu kalimat, siswa tersebut menybutkan kedepannya hingga siswa yang terdepan akan menyebutkan kalimat apa yang sudah disebut pada siswa eprtama tadi.

  1. Bermain menyebut 3 nama binatang

Permainan ini untuk melatih konsentrasi siswa dalam hal para siswa disuruh mengingat 3 nama macam binatang secara berurutan seperti kucing-macan-kerang disini lah guru menunukan secara acak siswa dengan kata kucing-macan-kerang.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Apa Itu Ice Breaking : Contoh dan Cara Menghilangkan Bosan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Read More  √Mind Map Adalah : Pengertian , Cara Mebuat, Jenis dan Contohnya
Read More  √Pengertian Games dan Jenisnya
Read More  √Materi Pelajaran Anak Paud : Usia 0-6 Tahun
Read More  √Macam Kreativitas : Pengertian, Definisi, Ciri, Tahap dan Konsepnya