√Apa itu Hukum Bisnis: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Sumber

Diposting pada
√Apa itu Hukum Bisnis: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Sumber

Pengertian

Hukum bisnis adalah sebuah perangkat hukum yang akan mengatur sebuah tata cara dan pelaksanaan sebuah urusan maupun sebuah kegiatan perdagangan, industri, serta tentang sebuah kegiatan keuangan yang akan berkaitan dengan kegiatan pertukaran barang atau juga jasa, kegiatan produksi ataupun suatu kegiatan menempatkan uang yang dilakukan oleh para pengusaha bisnis dengan usaha dan usaha yang lainnya,yang dimana enterpineur telah mempertimbangkan sebuah segala resiko yang kemungkinan akan terjadi.

Tujuan Hukum Bisnis

Dengan adanya hukum bisnis diharapkan pelaku bisnis akan lebih bisa bersikap baik dalam menjalankan sebuah bisnis. Dalam sebuah bisnis pastilah anda pasti memiliki saingan, boleh saja bersaing untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis, namun anda juga harus ingat bahwa bersaing mesti dilakukan secara sehat dan tidak boleh memakai cara curang. Selain fungsi dari hukum bisnis, anda pun wajib tahu atau juga paham mengenai tujuan hukum bisnis. Tujuan hukum bisnis yang paling mudah adalah Mewujudkan sebuah bisnis yang aman dan juga adil untuk semua pelaku bisnis.

Fungsi Hukum Bisnis

Masalah dalam bisnis tak hanya soal izin berbisnis, namun ada masalah dengan saingan bisnisnya yang sering kita membuat pelaku bisnis mesti bermasalah dengan hukum. Maka dari itu, mulai dari sekarang, bagi anda yang mau bisnisnya akan dengan berjalan dengan lancar, tak ada salahnya anda juga mesti mengetahui lebih detail mengenai hukum dalam berbisnis. Pengertian dari hukum bisnis saja tidak cukup saat kamu mau tahu lebih dalam mengenai hukum bisnis. Biasanya, sesudah anda banyak tau mengenai definisi hukum bisnis, Kamu juga wajib tahu mengenai fungsi atau juga tujuannya.

Baca Juga :  √Dasar Hukum NKRI: Pancasila, Filsafat dan Pasal UUD 1945

Berikut adalah Fungsinya:

1.Fungsi yang Pertama

Hukum bisnis pun bisa dijadikan sebagai sumber informasi untuk para pelaku bisnis. Dengan cara mempelajari hukum bisnis, maka mereka dapat mengetahui banyak sedikitnya seluk beluk mengenai berbisnis yang baik ataupun juga menguntungkan.

2. Fungsi yang Kedua

Fungsi hukum bisnis yang kedua adalah seorang pelaku bisnis bisa lebih tau tentang hak dan kewajbannya saat mendirikan sebuah usaha. Hak berbisnis, salah satunya mungkin dapat menawarkan sebuah produk apapun sebagai produk bisnis andalannya. Yang terpenting adalah, produk bisnisnya tidak akan menyimpang dari aturan perundang-undangan serta tidak akan merugikan orang lain. Sementara untuk masalah kewajban, kewajiban pelaku bisnis adalah membayar pajak. Jadi, kalau anda mengerti hukum bisnis dengan baik,maka seharusnya anda tidak akan melupakan kewajiban anda yaitu membayar pajak.

Sumber Hukum Bisnis

1. Hukum Perdata (KUHPerdata)

Hukum Perdata ,Misalnya hukum perjanjian (kontrak), hak-hak kebendaan, sebagai sumber dimana terjadinya bisnis.

2. Hukum Dagang (KUHDagang)

Hukum Dagang , Contohnya kewajiban pembukuan, perusahaan persekutuan (Firma, CV), asuransi, pengangkutan, surat berharga, pedagang perantara, keagenan maupun distributor, dsb).

3. Hukum Publik (pidana Ekonomi/KUHPidana)

Hukum Publik ,Misalnya kejahatan-kejahatan di bidang ekonomi atau bisnis : Penyeludupan, illegal logging, korupsi, dsb.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang
√Apa itu Hukum Bisnis: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Sumber semoga bermanfaat

Baca Juga :