√Apa itu Gen: Pengertian, Fungsi, Sifat, Struktur, Proses

Diposting pada
√Apa itu Gen: Pengertian, Fungsi, Sifat, Struktur, Proses

Pengertian

Gen adalah sebuah unit penurunan sifat untuk organisme hidup. Bentuk fisiknya adalah urutan DNA yang akan mengkode protein. Dengan begitu, DNA yang mempunyai tugas untuk organisme yang memilikinya.

Beberapa pendapat terbaru mendefinisikan gen sebagai sebuah lokasi tertentu pada genom yang akan berkaitan dengan pewarisan sifat dan bisa dihubungkan dengan tugas sebagai regulator ataupun peran-peran fungsional dll.

Fungsi Gen

  • Mengatur,mengontrol perkembangan tubuh serta metabolisme individu.
  • Menyampaikan informasi genetik dari generasi ke generasi selanjutnya.
  • Menentukan hereditas atau pewarisan sifat terhadap keturunannya.

Sifat Gen

  • Setiap Gen memiliki fungsi maupun tugas berbeda.
  • Pada waktu pemeriksaan mitosis dan meiosis bisa mengadakan duplikasi.
  • Bermacam-macam,sudah ditentukan oleh susunan dalam kombinasi basa nitrogen.
  • Sebagai kromsim yg ada zarah.

Struktur Gen

1.Daerah Pembuatan

Adalah ekson ataupun intron yang akan membuat DNA. Intron ialah sekuens yg tidak akan membuat asam amino sementara ekson adalah bagian asam amino yg akan di dibuat.

2.Promotor

Adalah urutan DNA spesifik yang berperan dan mengendalikan transkripsi gen struktural yang terletak di daerah upstream (hulu) dari bagian struktural gen. Promotor bertugas sebagai tempat dimana peletakan awal enzim DNA polimerase yang nantinya akan melakukan transkripsi pada bagian itu.

3.Operator

Adalah urutan nukelotida yang berada di antara promotor dan bagian struktural serta merupakan tempat pelekatan protein represor (penekan atau penghambat ekspresi gen). Kalau ada represor yang akan melekat di operator maka RNA polimerase tak akan bisa jalan trus ekspresi gen tak bisa berlangsung secarah utuh.Selain itu pun adanya supresor ada tenhancer. Supresor akan dipakai untuk mencegah sementara enhancer dipakai untuk meningkatkan proses transkripsi dengan meningkatkan jumlah DNA polimerase. Tapi letaknya tidak ada pada lokasi yang spesifik . Operator juga ada yang jauh di upstream bahkan downstream dari awal transkripsi.

Baca Juga :  √Pengertian Basis Data: Tujuan, Jenis, Fungsi, Manfaat, Komponen

4.Terminator

Adalah ciri dengan struktur jepit rambut  atau hairpin dan lengkungan yang kaya akan urutan GC yang terbentuk dari molekul DNa hasil transkripsi.

Proses Terjadinya Gen

Dalam tubuh kita ada banyak sekali gen (unit dasar hereditas dalam kehidupan organisme) yang nantinya bakal terekspresi menjadi fenotip (sifat yang tampak), misalnya rambut hitam, kulit sawo matang, hidung mancung, dan sebagainya. Bagaimana sebuah gen yang ukurannya paling kecil dapat menjadikan rambut anda berwarna hitam?

Dalam istilah biologi molekuler di kenal dengan istilah Dogma Sentral Biologi Molekuler. Dogma di sini diartikan adalah sebuah kerangka kerja guna yang bisa mengetahui urutan transfer informasi antara biopolymer (DNA, RNA, protein) dengan teknik dalam organisme hidup. Sehingga secara garis besar, dogma sentral maksudnya adalah semua informasi ada pada DNA, lantas akan digunakan untuk menghasilkan molekul DNA melewati transkripsi, dan beberapa informasi pada DNa itu akan digunakan untuk menghasilkan protein melewati proses yang dinamakan translasi.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Gen: Pengertian, Fungsi, Sifat, Struktur, Proses semoga bermanfaat

Baca Juga :