√Apa itu Analisis Swot: Pengertian, Manfaat, Faktor, Komponen

Diposting pada
√Apa itu Analisis Swot: Pengertian, Manfaat, Faktor, Komponen

Pengertian

SWOT adalah metode perancangan strategis yang dipakai untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), serta ancaman (threats) salah satu proyek atau sebuah spekulasi bisnis. Ke-4 fakta itu membuat akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities, dan threats).

Analisis SWOT merupakan teknik yang dipakai pada proses perancangan sebuah strategi yang akan dipakai dalam menganalisis serta mengkoreksi semua kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) yang ada di perusahaan secara detail dan terperinci dimana tujuan itu supaya perusahaan dapat berkembang maju.

Manfaat Analisis Swot

  • Kekuatan atau strengths dalam aplikasinya bagaimana kekuatan bisa mengambil keuntungan dari adanya suatu peluang atau opportunities yang ada.
  • Analisis tersebut bekerja bagaimana cara mengatasi suatu kelemahan atau weaknesses yang mencegah keuntungan untuk sebuah perusahaan.
  • Kekuatan atau strengths ada bisa menghadapi atau menangani ancaman atau threats yang ada.
  • Analisis tersebut ada untuk bagaimana sebuah kekuatan itu bisa menghadapi suatu ancaman yang ada untuk perusahaan.

Faktor Analisis Swot

1.Faktor Internal

Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam perusahaan dimana terdapat 2 komponen yaotui kekuatan dan kelemahan. Ke-2 komponen itu berdampak pada sebuah penelitian bila kekuatan lebih besar dari pada kelemahan.

Sehingga, bila kekuatan internal perusahaan ini menjadi lebih  (besar) maka akan memberikan hasil penelitian yang jauh lebih baik.

Berikut adalah beberapa faktor internal yang mempengaruhi analisi SWOT:

  • Sumber daya yang dipunya.
  • Keuangan atau finansial yang dipunya perusahaan.
  • Kelebihan atau kelemahan internal perusahaan.
  • Pengalaman yang telah dialami perusahaan sebelumnya baik yang berhasil ataupun yang gagal.
Read More  √ Cerita Putri Pandan Berduri

2. Faktor Eksternal

Faktor eksternal, apa yang sudah diteliti tidak secara langsung terlibat. Faktor eksternal dibagi menjadi 2 komponen yaitu ancaman dan peluang. Berikut adalah Faktor eksternal yang mempengaruhi analisis SWOT:

  • Trend.
  • Budaya, sosial politik, ideologi, perekonomian.
  • Sumber permodalan.
  • Peraturan pemerintah.
  • Perkembangan teknologi.
  • Peristiwa yang terjadi.
  • Lingkungan.

Komponen Analisis Swot

1. Strenght (S)

Strenght ialah analisis kekuatan, situasi atau kondisi tersebut yang merupakan kekuatan dari sebuah organisasi atau perusahaan pada saat ini. Yang perlu di lakukan di dalam analisis tersebut ialah setiap perusahaan atau organisasi harus menilai kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan para pesaingnya. Bila kekuatan perusahaan itu berjaya pada teknologinya, maka kejayaan tersebut bisa dipakai untuk mengisi segmen pasar yang membutuhkan tingkat teknologi dan kualitas yang lebih maju.

2. Weaknesses (W)

Weaknesses ialah analisi kelemahan, situasi ini yang merupakan kelemahan dari sebuah organisasi atau perusahaan. Hal ini merupakan cara menganalisis kelemahan di dalam sebuah perusahaan atau organisasi yang menjadi masalah yang serius dalam kemajuan sebuah perusahaan serta organisasinya.

3. Opportunity (O)

Opportunity ialah analisis peluang, situasi ini yang berpeluang diluar sebuah organisasi atau perusahaan serta memberikan peluang berkembang untuk organisasi dimasa depan. teknik terserbut berguna untuk mencari peluang ataupun pintasan yang memungkinkan sebuah perusahaan atau organisasi bisa maju di masa yang akan datang.

Threats (T)

Threat ialah analisis ancaman, yang mestip siap dengan segala macam faktor kesalahan, Bila tidak segera ditangani, ancaman itu akan menjadi penghalang untuk sebuah usaha yang bersangkutan baik di masa sekarang ataupun masa yang akan datang.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √Apa itu Analisis Swot: Pengertian, Manfaat, Faktor, Komponen semoga bermanfaat

Read More  √Pengertian Kabinet Pemerintah Dan Parlementer: Pengertian, Ciri, Kelebihan Dan Kelemahan

Baca Juga: