Apa Itu Administrasi

Diposting pada

Perngertian Administrasi

Administrasi ialah suatu usaha dalam bentuk kegiatan yang berhubungan dengan cara pengaturan kebijakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. ada juga yang menyimpulkan arti dari administrasi secara sederhana adalah bentuk kegiatan dalam hal yang meliputi pencatatan, surat-menyurat serta pembukuan dalam hal ketatausahaan. Adapun arti administrasi secara global adalah usaha dan kerjasama antara dua belah pihak atau  lebih untuk mencapai tujuan tertentu dengan pemenfaatan sumber daya yang ada dengan hasil yang maksimal.

fungsi administrasi, pengertian administrasi umum, tujuan administrasi, pengertian administrasi menurut para ahli, unsur administrasi, pengertian administrasi secara luas, contoh administrasi, jenis jenis administrasi

Fungsi Administrasi


  1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah sebuah penyusunan dan membuat sebuah aktifitas administrasi, misal pengumpulan data, bahan dan penyusuna suatu rencana.


  1. Pengorganisasian ( Organizing)

Pengorganisasian adalah suatu aktifitas membangun komunikasi kerja bersama anggota kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.


  1. Ketenagakerjaan ( Staffing)

Ketenagakerjaan adalah  bagian dari menejemen yang melakukan sejumlah kegiatan agar berjalan baik.


  1. Pengarahan (Directing)

Pengarahan adalah suatu fungsi manajemen yang berinteraksi dengan memberikan arahan, perintah serta tugas kepada kelompoknya.


  1. Pengordinasian ( Coordinating)

Pengordinasian merupakan bagian dari manajemen yang melakukan sejumlah kegiatan agar berjalan dengan baik.


Tujuan Administrasi


Adapun tujuan Administrasi adalah :

  1. Supaya pelaku usaha dapat memantau segala aktisitas dalam usahanya.
  2. Supaya pelaku usaha dapat menilai kegiatan pengorganisasian dlam usahanya.
  3. Agar pelaku usaha dapat menyusun program demi peningkatan usahanya.
  4. Agar pelaku usaha dapat mengamankan segala kegiatan yang berhubungan dengan usahanya.

Ciri Administrasi

  1. Adanya suatu kelompok (2 orang atau lebih)
  2. Adanya suatu Kerjasama
  3. Adanya kepemimpinan dan pengawasan
  4. Adanya suatu tujuan yang jelas

Macam Administrasi

  1. Administrasi Debitur : Untuk pencatatan segala macam tagihan kepihak ketiga dan pengurusannya.
  2. Administrasi Persediaan : untuk mengelola jumlah bisa dalam berupa fisik ataupun harga bahan mentah maupun jadi.
  3. Administrasi Kas : untuk mengelola biaya atau harta kekayaan baik berupa Kas, Giro dan Bank
  4. Administrasi Kepegawaian : untuk mencatat dan mengolah data tenaga kerja serta tugasnya.

Unsur Administrasi


  • Organisasi

Organisasi adalah suatu tempat berkumpulnya dua orang atau lebih dalam sebuah kelompok untuk kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya. Pada organisasi terdapat kegiatan yang berupa penyusunan kegiatan, pengaturan, dan pembagian tugas kerja untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

Baca Juga :  Apa itu Kloroplas

  • Manajemen

Manajemen adalah suatu proses mengatur suatu kegiatan yang dilakukan dengan suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama.Adapun kegiatan yang dilakukan memanajemen setiap kegiatan dengan baik agar hasil yang diharapkan dapat maksimal.


  • Komunikasi

Komunikasi adalah suatu kegiatan penyampaian informasi baik berupa pendapat, ide, pesan ke pihak yang lain. Komunikasi dalam administrasi dapat dilakukan secara verbal, maupun tulisan.


  • Kepegawaian

Kepegawaian adalah suatu proses yang berhubungan dengan ketenaga kerjaan yang meliputi penerimaan, pengaturan, dan pembagian tugas dalam suatu kegiatan usaha.


  • Ketatausahaan

Ketatausahaan adalah kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan atas penyelenggaraan usaha, misalnya pencatatan, pengiriman, penyimpanan dan sebagainya.


  • Humas

Humas adalah suatu bagian dari sebuah organisasi yang berfungsi untuk melakukan komunikasi, hubungan maupun kerjasama dengan berbagai kelompok baik masyarakat maupun kelompok lain yang berkaitan dengan organisasi tersebut. Tujuan dari humas tersebut adalah untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat dalam kegiatan organisasi tersebut secara penuh.


  • Keuangan

Keuangan dalam administrasi adalah suatu yang berhubungan dengan pembiayaan dalam kerjasama, diantaranya : cara memperoleh biaya, tanggung jawab biaya, pengelolaan dan penentuan sumber biaya yang lain.


Hubungan Antar Makna dan Defenisi Administrasi

Sekalipun dengan susunan kata-kata yang berlainan namun semua defenisi tersebut diatas mempunyai inti yang sama yaitu memandang administrasi sebagai suatu jenis kegiatan, aktivitas pekerjaan perbuatan, tindakan ataupun usaha. Tetapi kegiatan yang dilakukan tidak hanya satu macam melainkan merupakan suatu rangkaian kegiatan.

Jadi, sesungguhnya administrasi dapat dipandang sebagai suatu rangkaian, tetapi juga dapat dipandang sebagai proses pemikiran. Begitu luasnya bidang yang dicakup oleh istilah administrasi, sehingga Robert prestus sampai-sampai mengungkapkan bahwa cakupan ilmu-ilmu sosial lainnya karena kerja sama dalam setiap aspek kehidupan.


Cabang-Cabang Ilmu Administrasi

Secara umum ilmu administrasi dibagi dalam dua cabang besar yakni : adminitrasi negara dan administrasi niaga perbedaan antara dua cabang ilmu ini terletak pada fokus pembahasan atau objek studi.


  • Administrasi Negara

Administrasi negara  mempunyai banyak sekali definisi, yang secara umum dapat dibagi dalam dua kategori. Pertama, definisi yang melihat administrasi negara hanya dalam lingkungan lembaga eksekutif saja. Dan kedua, definisi yang melihat cakupan administrasi negara meliputi semua cabang pemerintahan dan hal-hal yang berkaitan dengan publik.

Baca Juga :  Apa itu Remunerasi

Kedudukan Administrasi

Dalam kehidupan manusia serba kebutuahan, kebutuhaan untuk tempat tinggal, makan, pakaian dan lain-lain yang biasa dikenal dengan istilah kebutuhan- kebutuhan primer atau kebutuhan pokok. untuk dapat memenuhi kebutuhan ini apa itu kebutuhan primer atau kebutuhan sekunder .orang harus mengusahakan dengan perbuatan -perbuatan yang nyata berusaha seorang diri maupuna secara bekerja sama dengan perbuatan yang nyata akan dengan perbuatan nyata maka kebutuhan itu menjelma menjadi tujuan.

didalam memenuji kebutuhannya dalam banyak hal orang harus bekerja sama atau dengan kata lain orang harus melaksanakan suatu proses penyelenggaraan usaha kerja sama dalam mencapai tujuaannya. proses penyelenggaraan inilah yang disebut dengan administrasi dan pada masyarakat moden yaang makin berkembang ini makin penting pula tujuan-tujuan yang ingin dan hendak dicapainya maka makin baik dan tepat pula administrasi yanag harus diaarahkannya oleh karena itu makin penting pulaa kedudukanaadministrasi sebagai kegiatan-kegiatan untuk mencapai tujuan tersebut.

kedudukan administrasi penting dalam suatu negara yaang telah maju apalagi bagi negara yang sedang berkembang. yang mana administrasi akan memberi sumbangan pengalaman dibidang apapun telah mengajarka kepada negara-negera itu bahwa masalah kemajuan negara bukanlah dititik beratkan hanya pada modal yang cukup sumber-sumber alam dan kekayaan bumi yaang berlimpah-limpaah tenaga kerja manusia yang belebih-lebihan tetapi sangat dibutuhkan peranan/ kedudukan aadminstrasi.

administras merupakan modal yang berhargan sekali bagi negara-negara tersebut untuk melaksanakan tugas dalam mencapai tujuan apalagi asas utama administrasi adalah daya guna kerja berarti bahwa manusia ingin mencapai suatu hasil secara maksimum atau terbaik dengan menyelenggarakan sesuatu keja atau usaha secara minimum atau teringan dalam mencapai tujuan yang telah ditentukaan sebelumnya disamping administrasi penting bagi suatu negara

maka admnistrasi jugaa penting bagi badan-badaan atau organisasi perusahaaan dan perindustrian juga bagi lembaga-lembaga seperti lembaga peradilan lembaga permasyarakatan bahkan pembrontak dan orang matipun membutuhkan admnistrasi sehingga dapat dikatakan bahwa dimana ada terdapat kegiatan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama maka disana terdapat administrasi.

Baca Juga :  Bekasi Kota Patriot

Persamaan dan Perbedaan aAtara Adiministrasi dan Manajemen

  1. Pendapat yang menyatakan bahwa administrasi sama dengan manajemen. Seperti pendapat yang dikemukakan oleh PBB bahwa kedua istilah itu dipakai secara sinonim, di mana administrasi banyak dipergunakan di bidang administrasi Negara, sedangkan manajemen banyak dipergunakan di bidang administrasi Niaga (swasta) dan Administrasi Niaga (negara).
  2. Pendapat yang menyatakan bahwa administrasi berbeda dengan manajemen. Hal ini terutama di bidang administrasi Negara, administrasi Pemerintah yang dilakukan oleh Presiden dan para Menteri sebagai penentu kebijaksanaan dalam rangka mencapai tujuan negara. Sedangkan yang wajib melaksanaan kebijaksanaan tersebut ialah manajemen. Manajer bertanggung jawab untuk melaksanakannya ke arah tercapainya tujuan tersebut.

Hubungan dan Kaitan antara Administrasi, Organisasi dan Manajemen

  1. Pendapat tentang administrasi yang terdiri atas organisasi dan manajemen.
  2. Berdasarkan pendapat tersebut, administrasi mempunyai arti yang lebih luas daripada manajemen.
  3. Administrasi sesuai dengan prosesnya ialah menentukan tujuan dan kebijaksanaan, sedangkan organisasi sebagai wadah untuk mencapai tujuan.
  4. Untuk merealisasikan tercapainya tujuan diperlukan manajemen.
  5. Sesuai dengan tingkat-tingkatnya, maka kemampuan manajemen (managerial skill) meliputi kemampuan konsepsional, kemampuan melakukan hubungan dengan manusia yang lain (human skill), dan kemampuan teknis (tecnical skill).
  6. Arti, definisi, ciri-ciri dan prinsip-prinsip organisasi, perbedaan sentralisasi dengan desentralisasi organisasi, dan organisasi formal dengan organisasi informal.
  7. Arti, definisi, dan proses atau fungsi manajemen, menurut: W.H. Newman, Luther Gulick, G. R. Terry, H. Koontz & O’Donnell, dan John F. Mee.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Apa Itu Administrasi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri, Macam, Unsur, Hubungan, Definisi, Cabang, Kedudukan, Persamaan, Perbedaan, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semunya.