√ Apa Administrasi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri, Macam dan Unsurnya

Diposting pada

Perngertian Administrasi

Administrasi ialah suatu usaha dalam bentuk kegiatan yang berhubungan dengan cara pengaturan kebijakan untuk mencapai suatu tujuan tertentu. ada juga yang menyimpulkan arti dari administrasi secara sederhana adalah bentuk kegiatan dalam hal yang meliputi pencatatan, surat-menyurat serta pembukuan dalam hal ketatausahaan. Adapun arti administrasi secara global adalah usaha dan kerjasama antara dua belah pihak atau  lebih untuk mencapai tujuan tertentu dengan pemenfaatan sumber daya yang ada dengan hasil yang maksimal.

fungsi administrasi, pengertian administrasi umum, tujuan administrasi, pengertian administrasi menurut para ahli, unsur administrasi, pengertian administrasi secara luas, contoh administrasi, jenis jenis administrasi

Fungsi Administrasi

  1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah sebuah penyusunan dan membuat sebuah aktifitas administrasi, misal pengumpulan data, bahan dan penyusuna suatu rencana.

  1. Pengorganisasian ( Organizing)

Pengorganisasian adalah suatu aktifitas membangun komunikasi kerja bersama anggota kelompok untuk mencapai tujuan tertentu.

  1. Ketenagakerjaan ( Staffing)

Ketenagakerjaan adalah  bagian dari menejemen yang melakukan sejumlah kegiatan agar berjalan baik.

  1. Pengarahan (Directing)

Pengarahan adalah suatu fungsi manajemen yang berinteraksi dengan memberikan arahan, perintah serta tugas kepada kelompoknya.

  1. Pengordinasian ( Coordinating)

Pengordinasian merupakan bagian dari manajemen yang melakukan sejumlah kegiatan agar berjalan dengan baik.

Tujuan Administrasi

Adapun tujuan Administrasi adalah :

  1. Supaya pelaku usaha dapat memantau segala aktisitas dalam usahanya.
  2. Supaya pelaku usaha dapat menilai kegiatan pengorganisasian dlam usahanya.
  3. Agar pelaku usaha dapat menyusun program demi peningkatan usahanya.
  4. Agar pelaku usaha dapat mengamankan segala kegiatan yang berhubungan dengan usahanya.

Ciri Administrasi

  1. Adanya suatu kelompok (2 orang atau lebih)
  2. Adanya suatu Kerjasama
  3. Adanya kepemimpinan dan pengawasan
  4. Adanya suatu tujuan yang jelas

Macam Administrasi

  1. Administrasi Debitur : Untuk pencatatan segala macam tagihan kepihak ketiga dan pengurusannya.
  2. Administrasi Persediaan : untuk mengelola jumlah bisa dalam berupa fisik ataupun harga bahan mentah maupun jadi.
  3. Administrasi Kas : untuk mengelola biaya atau harta kekayaan baik berupa Kas, Giro dan Bank
  4. Administrasi Kepegawaian : untuk mencatat dan mengolah data tenaga kerja serta tugasnya.

Unsur Administrasi

  1. Organisasi

Organisasi adalah suatu tempat berkumpulnya dua orang atau lebih dalam sebuah kelompok untuk kerjasama untuk mencapai tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya. Pada organisasi terdapat kegiatan yang berupa penyusunan kegiatan, pengaturan, dan pembagian tugas kerja untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai.

  1. Manajemen

Manajemen adalah suatu proses mengatur suatu kegiatan yang dilakukan dengan suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama.Adapun kegiatan yang dilakukan memanajemen setiap kegiatan dengan baik agar hasil yang diharapkan dapat maksimal.

3  Komunikasi

Komunikasi adalah suatu kegiatan penyampaian informasi baik berupa pendapat, ide, pesan ke pihak yang lain. Komunikasi dalam administrasi dapat dilakukan secara verbal, maupun tulisan.

  1. Kepegawaian

Kepegawaian adalah suatu proses yang berhubungan dengan ketenaga kerjaan yang meliputi penerimaan, pengaturan, dan pembagian tugas dalam suatu kegiatan usaha.

  1. Ketatausahaan

Ketatausahaan adalah kegiatan yang berhubungan dengan pelayanan atas penyelenggaraan usaha, misalnya pencatatan, pengiriman, penyimpanan dan sebagainya.

  1. Humas

Humas adalah suatu bagian dari sebuah organisasi yang berfungsi untuk melakukan komunikasi, hubungan maupun kerjasama dengan berbagai kelompok baik masyarakat maupun kelompok lain yang berkaitan dengan organisasi tersebut. Tujuan dari humas tersebut adalah untuk mendapatkan dukungan dari masyarakat dalam kegiatan organisasi tersebut secara penuh.

  1. Keuangan

Keuangan dalam administrasi adalah suatu yang berhubungan dengan pembiayaan dalam kerjasama, diantaranya : cara memperoleh biaya, tanggung jawab biaya, pengelolaan dan penentuan sumber biaya yang lain.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Apa Administrasi : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Ciri, Macam dan Unsurnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semunya.

baca juga :

Read More  √ Pengadilan Tinggi Negeri : Definisi, Tugas, Wewenang Dan Jumlah

Read More  √ Nama Menteri Luar Negeri Yang sekarang: Profil dan Kinerjanya

Read More  √ Bahaya Narkoba Bagi Remaja : Pengertian, Macam dan Bahayanya

Read More  √ Asas Perjanjian Internasional : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Macam, Tahap dan Asasnya