√ Alat Pembayaran Internasional : Tunai, Telegrafit, Cek, Emas, Letter Of Credit

Alat Pembayaran Internasioal

  1. Kontan / Tunai (Full Bodied Money)

Pembayaran kontan merupakan pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan uang fisik secara langsung. Itu artinya, pembayar menyerahkan uang saat terjadi pembelian barang secara langsung. Bisa dengan rupiah, ataupun juga berbagai mata uang lain. Selama kita memberikan uang secara langsung kepada penjual, hal ini dinamakan dengan tunai atau kontan. Adapun orang (internasional) yang melakukan pembayaran dengan kontan ialah turis, jemaah haji, tenaga kerja yang bekerja di luar negeri, dan lain sebagainya.

√ Alat Pembayaran Internasional : Tunai, Telegrafit, Cek, Emas, Letter Of Credit

  1. Telegrafik Transfer (Cable Order)

Telegrafik transfer merupakan sistem pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan cek yang diteruskan oleh telegram. Nah, kira-kira siapa ya yang menggunakan telegrafik transfer sebagai alat pembayaran? Betul kan, biasanya cara ini dilakukan oleh bank di dalam negeri kepada pelanggan di luar negeri. Untuk bisa melakukan pembayaran dengan cara ini, sumber dana yang dipakai oleh bank adalah sumber dana dari rekening si pembayar.

  1. Wesel (Bill of Exchange)

Alat pembayaran internasional dapat juga dilakukan oleh bank dengan kesepakatan pembeli dan juga penjual sebelumnya. Dengan menggunakan wesel, berarti pihak bank dalam negeri akan mengeluarkan surat perintah pembayaran kepada bank di luar negeri sesuai dengan tujuan, jumlah uang, dan juga nama orang yang tertulis di dalam wesel.

  1. Letter of Credit (L/C)

Pada prinsipnya, letter of credit (L/C) merupakan fasilitas / jasa untuk memperlancar transaksi jual beli barang, terutama yang berkaitan dengan transaksi internasional. Dalam perdagangan internasional, pembeli dan juga penjual sering dibatasi oleh jarak yang berjauhan, bahkan berlainan pulau / negara. Kondisi ini menimbulkan permasalahan dalam hal penyelesaian transaksi jual beli barang.

Kenapa?

Karena penjual tidak berani melepas barang sebelum ada kepastian pembayaran dari pembeli, dan pembeli pun tidak berani membeli sebelum ada kepastian dari penjual. Oleh karena itu, bank berperan sebagai pihak perantara yang menjamin barang dengan pemberian kredit.

  1. Cek (Cheque)

Pembayaran internasional bisa juga dilakukan dengan cek. Pembayaran dilakukan dengan cara importir mengirimkan cek kepada eksportir melalui bank yang ditunjuk di negara eksportir. Bank yang ditunjuk biasanya ialah bank yang mmemiliki cabang di negara importir agar eksportir dapat dengan mudah mencairkan cek tersebut.

  1. Emas

Pembayaran dengan emas dilakukan dengan menentukan berapa nilai suatu barang terhadap emas, baru kemudian dibayar sesuai harga emas dari barang tersebut. Sistem ini dipakai untuk menjaga nilai dari harga suatu barang supaya tidak “rusak” oleh inflasi. Sistem pembayaran dengan emas biasanya dilakukan guna pembayaran barang berharga yang cukup tinggi nilainya.

  1. Kompensasi Pribadi

Cara ini dipakai dengan memberikan kemudahan antara eksportir dengan importir dalam satu negara. Contohnya, rizal, orang Indonesia, mengekspor barang senilai $ 1.000 atau setara Rp 13.000.000 kepada Michael di Amerika. Teman rizal, Ali, menjual barang kepade Robert, orang Amerika, senilai Rp 13.000.000 atau setara $ 1.000. Pembayaran bisa dilakukan dengan cara rizal membayar kepada Ali senilai Rp 13.000.000 dan Robert membayar kepada Michael senilai $ 1.000.

Wah, sekarang sudah jelas, nih, alternatif apa saja yang dapat kita gunakan dalam melakukan pembayaran internasional. Menurut teman-teman, dari ketujuh alat pembayaran internasional tadi, mana yang paling mudah untuk digunakan? Tulis di kolom komentar ya!

Kalau kamu ingin memelajari materi ekonomi dengan video pembelajaran animasi yang lucu dan juga memudahkan pembelajaran, lengkap dengan rangkuman dan latihan soal,

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Alat Pembayaran Internasional : Tunai, Telegrafit, Cek, Emas, Letter Of Credit, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Armada Laut Kerajaan Majapahit Beserta Sejarahnya Lengkap
Read More  √ Akar Monokotil dan Dikotil : Pengertian, Struktur, Perbedaan dan Contohnya
Read More  √ Pengertian Adaptasi : Tujuan, Jenis Beserta Contohnya
Read More  √ Alat Ekskresi Pada Manusia : Kulit, Ginjal, Hati Beserta Penjelasannya
/* */
Click to Hide Advanced Floating Content

Send this to a friend