√Alat Musik Melodis : Pengertian dan Contohnya

Diposting pada

Alat musik melodis adalah alat musik yang umumnya mengatur melodi pada suatu lagu, biasanya alat musik ini tidak bisa memainkan kord secara sendirian, maksudnya alat musik ini bisa menghasilkan nada atau notasi seperti Do, Re, Mi, …dst yang bisa melengkapi bunyi-bunyian yang dihasilkan dari alat musik ritmis dan harmonis. Alat musik melodis juga  diartikan sebagai alat musik yang memiliki irama atau nada. Fungsi dari alat musik melodis ialah untuk mengatur nada pada sebuah lagu atau musik.

√Alat Musik Melodis : Pengertian dan Contohnya

Dalam memainkan alat musik melodis, tidak dapat dilakukan secara sembarangan,memainkan nya harus diriingi alat musik lain karena tidak bisa dimainkan dengan kord sendirian, selain itu alat musik melodis juga yang paling unik karena mempunyai irama dan nada.

Ada banyak sekali jenis alat musik melodis yang bisa kita temukan saat ini, mulai dari yang sifatnya tradisional ataupun yang modern. Tetapi, beragam jenis alat musik tersebut juga bisa digolongkan berdasarkan pada cara memainkannya.

Berikut adalah cara memainkan alat musik melodis :

  1. Dipetik

Alat musiknya adalah kecapi, mandolin, gitar, dan sasando.

  1. Ditiup

Alat musiknya adalah seruling dan pianika.

  1. Diteka

 Alat musiknya adalah  akordion dan piano.

  1. Digoyang

Alat Musiknya adalah angklung.

  1. Digesek

Alat musiknya adalah biola.

  1. Dihisap

Alat musiknya adalah harmonika.

  • Contoh Alat Musik Melodis

Contoh Alat music melodis adalah sebagai berikut.

  1. Biola

Biola merupakan alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digesek. Alat musik ini memiliki 4 dawai yang distel dengan interval sempurna (G-D-A-E). Umumnya tinggi rendah nada yang dihasilkan pada biola dibagi menjadi beberapa jenis yakni biola alto, biola cello, dan biola double bass atau kontra bass (biola dengan nada tertinggi). Di Indonesia pemain alat musik ini dikenal dengan sebutan violinis.

  1. Akordion

Akordeon merupakan alat musik mirip seperti organ yang dimainkan dengan cara digantungkan di badan, tangan kiri pemain akan menekan tombol-tombol akor, sedangkan tangan kanannya memainkan melodi dari lagu yang dibawakan.  alat musik yang ditemukan C.F.L. Buschmann dari Jerman ini memang belum begitu popular  Di indonesia, tetapi tidak dengan di negara-negara Eropa dan Latin.

  1. Bonang

Bonang merupakan alat musik tradisional Jawa yang dimainkan dengan c ara dipukul. Biasanya Bonang Di mainkan Pada pertunjukan wayang dan upacara adat Jawa, bonang selalu ada dan menjadi pelengkap bagi hiburan rakyat.

  1. Angklung

Angklung merupakan  alat musik melodis tradisional Sunda yang telah terkenal ke seluruh penjuru dunia sebagai warisan dunia yang telah dicatat Oleh UNESCO. Angklung Terbuat dari bambo cara memainkan adalah dengan cara digoyangkan,Hal tersebut menghasilkan bunyi melodis yang berasal dari benturan pipa bambu dengan kayu yang ada di dalamnya.

  1. Suling

Suling Adalah Alat musik berasal dari Jawa Barat. Suling termasuk ke dalam jenis alat musik melodis karena menghasilkan notasi atau nada yang indah kalau dimainkan. Suling Di Mainkan dengan cara ditiup.

  1. Kecapi

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kebudayaan Sunda. Kecapi dimainkan dengan cara dipetik, alat musik ini menghasilkan melodi yang sangat indah. Kecapi bisa dimainkan secara tunggal atau sebagai pengiring bunyi-bunyian alat musik lain.

  1. Sasando

Sasando adalah Alat musik dawai yang berasal dari pulau Rote, NTT . Sasando merupakan hasil karya luar biasa dari nenek moyang Indonesia pada zaman dulu. Sasando Dimainkan dengan cara dipetik, Kecapi menghasilkan bunyi yang tidak jauh beda dengan bunyi gitar, kecapi, biola, dan alat musik dawai lainnya.

 

demkianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Alat Musik Melodis : Pengertian dan Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Pengertian Puisi : Unsur , Struktur , Jenis dan Cirinya
Baca Juga :  √Pengertian Kebudayaan : Fungsi, Sifat Dan Unsurnya
Baca Juga :  √20 Aliran Seni Rupa : Pengertian dan Cirinya
Baca Juga :  √Jenis Persebaran Sumber Daya Alam : Pengertian , Hasil Pertania, Hutan dan Peternakan