√ Akuntansi Adalah : Pengertian,Tujuan, Fungsi, Bidang

Diposting pada

Pengertian

Akuntansi adalah sebuah proses mencatat, meringkas, mengklasifikasikan, mengolah, dan menyajikan data transaksi, dan berbagai aktivitas mengenai dengan keuangan. Dengan adanya akuntasi maka akan memudahkan seseorang dalam mengambil keputusan dan tujuan lainnya.

√ Akuntansi Adalah : Pengertian,Tujuan, Fungsi, Bidang

Bicara mengenai akuntansi sudah pasti berhubungan dengan angka-angka dan perhitungan rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi. Secara umum akuntansi dibutuhkan dalam bisnis sebagai pelaporan keuangan sebuah perusahaan.

Tujuan

  1. Tujuan Akuntansi Secara Umum

– Memberikan informasi tentang keuangan, baik itu aktiva ataupun passiva perusahaan.

– Menyediakan informasi tentang perubahan pada berbagai sumber ekonomi (netto) perusahaan.

– Memberikan informasi keuangan perusahaan yang bisa membantu dalam pembuatan estimasi potensi keuntungan perusahaan.

– Memberikan informasi tentang perubahan pada berbagai sumber ekonomi perusahaan, baik itu aset, hutang, dan modal.

– Menyediakan informasi lainnya tentang laporan keuangan untuk membantu pengguna laporan itu.

  1. Tujuan Akuntansi Secara Khusus

Secara khusus, tujuan akuntansi ialah untuk menyediakan informasi dalam bentuk laporan yang memuat posisi keuangan, hasil usaha, serta perubahan posisi keuangan lainnya secara wajar sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) atau Generally Accepted Accounting Principles (GAAP).

  1. Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

– Memberikan informasi yang relevan.

– Menyampaikan informasi yang sudah teruji kebenaran dan validitasnya.

– Informasi yang disampaikan dapat dimengerti oleh pihak-pihak yang bersangkutan.

– Menyampaikan laporan keuangan untuk kepentingan semua pihak tentang aktivitas perusahaan.

– Memberikan informasi transaksi yang real time  atau yang akan terjadi.

– Informasi yang disampaikan sesuai dengan Prinsip Akuntansi Berterima Umum (PABU) dan bisa diperbandingkan.

– Penyampaian laporan keuangan mesti lengkap dan memenuhi standar pengungkapan laporan keuangan.

Fungsi

  1. Recording Report

Recording report atau merekam catatan transaksi secara sistematis dan kronologis adalah fungsi utama dari akuntansi. Rekam catatan transaksi ini lalu dikirim ke Account Ledger sampai kemudian menyiapkan akun akhir untuk mengetahui profit dan loss dari bisnis pada akhir periode akuntansi.

  1. Melindungi Properti dan Aset

Fungsi akuntansi berikutnya merupakan untuk menghitung jumlah Penyusutan Aset sebenarnya dengan memakai metode yang tepat dan berlaku untuk aset tertentu.

Semua disipasi tak sah dari aset akan mengakibatkan suatu bisnis mengalami kebangkrutan. Itulah sebabnya sistem akuntansi dirancang untuk melindungi properti serta aset bisnis dari pemakaian yang tak sah.

  1. Mengkomunikasikan Hasil

Fungsi akuntansi selanjutnya ialah untuk mengkomunikasikan hasil serta transaksi yang dicatat ke semua pihak yang tertarik pada bisnis tertentu. COntohnya investor, kreditor, karyawan, kantor pemerintahan, peneliti, dan instansi lainnya.

  1. Meeting Legal

Fungsi akuntansi juga berkaitan dengan perancangan dan pengembangan sistem. Contohnya sistem untuk memastikan catatan dan pelaporan hasil senantiasa memenuhi persyaratan hukum. Sistem ini nantinya diperlukan untuk mengaktifkan kepemilikan atau wewenang untuk mengajukan berbagai pernyataan, contohnya Pengembalian Penjualan-Pajak, Pengembalian Pendapatan Pajak, dan lain sebagainya.

  1. Mengklasifikasikan

Selanjutnya fungsi akuntansi yang tidak kalah pentingnya ialah sebagai klasifikasi terkait dengan analisis sistematis dari semua data yang telah tercatat. Dengan adanya klasfikasi itu akan memudahkan dalam pengelompokkan jenis transaksi atau entri.

  1. Membuat Ringkasan

Aktivitas meringkas ini melibatkan penyajian data rahasia dengan penyampaian yang dapat dimengerti dan berguna untuk internal ataupun eksternal pengguna akhir dari laporan akuntansi itu.

Aktivitas ini mengarah pada penyusunan laporan:

– Neraca Saldo.

– Laporan laba rugi.

– Neraca.

  1. Analisis dan Menafsirkan

Fungsi akuntansi yang terakhir ialah melakukan analisis dan menafsirkan data keuangan. Data keuangan yang sudah lewat proses analisis lalu diinterpretasikan dengan cara yang mudah dimengerti sehingga bisa membantu dalam membuat penilaian tentang kondisi keuangan dan profitabilitas operasional bisnis.

Manfaat

– Memberikan informasi keuangan dengan membuat keputusan managerial.

– Memberikan informasi atau laporan pada pihak eksternal.

– Sebagai alat kontrol serta pengendali keuangan.

– Sebagai alat evaluasi sebuah perusahaan.

– Menjadi dasar dalam mengalokasikan suatu sumber daya.

Bidang Bidang Akuntansi

  1. Akuntansi Keuangan

Bidang akuntansi yang menyangkut pencatatan transaksi keuangan perusahaan secara bertahap sebagai sumber informasi yang bermanfaat untuk manajemen, pemilik perusahaan dan kreditor. Biasanya hampir semua bisnis menerapkan akuntansi keuangan sebagai bentuk pelaporan dana perusahaan.

  1. Auditing atau Pemeriksaan Akuntansi

Bidang dalam akuntansi yang menyangkut pemeriksaan pada laporan keuangan untuk mengetahui kejujuran dan kebenaran dari laporan itu. Pada bisnis yang sedang berkembang biasanya belum menerapkan bidang tersebut. Auditing sangat penting untuk mengetahui tindak korupsi dalamsebuah perusahaan.

  1. Akuntansi Perpajakan

Bidang akuntansi yang menyangkut pelaporan pajak dari keuangan sebuah perusahaan. Akuntansi perpajakan penting sebagai pertimbangan mengenai konsekuensi dari transaksi perusahaan.

  1. Akuntansi Budgeter

Seperti namanya, akuntansi ini dipakai untuk membuat anggaran perusahaan mengenai rencana penggunaan uang dalam periode tertentu.

  1. Akuntansi Biaya

Akuntansi ini dipakai untuk mengendalikan budget atau anggaran perusahaan. Tujuannya untuk menekan kegunaan dana perusahaan walaupun telah dianggarkan.

  1. Akuntansi Organisasi Nirlaba

Tak semua bisnis menerapkan bidang akuntansi ini karena tujuannya ialah merencanakan anggaran bukan untuk mendapatkan keuntungan. Contohnya saja seperti pada dana CSR suatu perusahaan, ini masuk dalam hasil dari akuntansi organisasi nirlaba.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Akuntansi Adalah : Pengertian,Tujuan, Fungsi, Bidang, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Pengertian dan Alasan Merantau
Read More  √ Legenda Gunung Pinang
Read More  √ Legenda Gunung Merapi
Read More  √ Legenda Damarwulan dan Sejarahnya