√Akibat Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia : Sejarah, Perlawanan dan Maknanya

Diposting pada

A. Sejarah singkat penjajahan di indonesia

Bangsa asing yang masuk pertama kali ke indosenia sekitar abad 16 masehi. Sering degnan ditemukannya jalan darieropa menuju wilayah-wilayah lain di dunia. Yaitu dengan semangat gold, glory dan gospel portugis dan juga spanyol menjadi bangsa yang pertama kali mendarat di idonesia atau tepatnya yaitu di wilayah maluku. Kedua bangsa itu tidak berhasil banyak menguasai indonesia.

√Akibat Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia : Sejarah, Perlawanan dan Maknanya

Bangsa belanda pertama kali mendara di pulau jawa, yaitu pusat keramaian wilaah sekitar pada abad itu, tahun 1596. Dengan masuknya bangsa belanda ke indonesia, mulailah episode panjand penjajahan di indonesia sebenarnya sudah dimulai sejak kedatangan potugis dan juga sepanyol.

Bangsa belanda uali mengusai indonesia ini sedikit demi sedikit dengan politik yaitu adudombanya atau yang dikenal politik devide et impera. Mereka mengudomba antara bangsawan dengan rakyat, among para raja dengan warganya, ulama dengan umat. Politik yang kemdian membuat belanda berhasil menguasai seluruh wilayah indonesia dari aceh hingga papua. Belanja juga menjajan indonesia sekitar 350 tahun. Walaupun dalam episode ini pernah juga diselingi penjajahan inggris saat negara belanda sendiri jatuh ke tangan prancis.

B. Perlawanan rakyat indonesia terhadap penjajah

Masa penjajaha begitu lama bukanlah disebabkan bangsa indonesia berdiam menerima kondisinya. Perlawanan rakyat terhadap penjajah sudah ada sejak mulai masuknya bangsa portugis.

  1. Perlawanan teradap bangsa potugis dan juga sepanyol

Telah disebutkan bangsa portugis dan spanyol masuk wilayah maluku. Saat terlihat kedatangan mereka bermaksud mengusai wilayah, sultan baabullah asal ernate ini tidak sepenuhnya berhasil akan tetapi mebuktikah bahwa rakyat idak menyukai maksud kedatangan mereka.

  1. Perlawanan terhadap belanda

Belanda mengusai indonesia ratusan hingga tahun. Tidak heran jika banyak perlawanan rakyat yang terjadi dari aceh hingga tiur. Contohnya ialah perlawanan kedaerahan.

  1. Pergerakan nasional

Pada awal abad ke 20, para pemuda indonesia mengenyam pendidikan ulai menyadari satu dal, bahwa perlawanan selama ini tidak berhasil karena bersifat kedaerahan. Masing-masing daerah melakukan perlawanan terhadap belanda tanpa berhubungan dengan daerah yang alinnya. Selain itu juga para pemuda juga merasa perlu melakukan perlawanan dengan organisasi yang menguatkan indonesia dibidang ekonomi, pendidikan dan sebagainya.

  1. Perlawanan terhadap jepang

Jengan yang tidak lama di indonesia juga mendapatkan perlawanan sengit dari rakyat indonesia.misalnya ialah perlawanan KH mustofa di tasikmalaya dan juga perlawanan supriyadi dan pasukan pera yang sebenarnya pasukan yang dibentuk jepang.

C. Makna proklamasi bagi bangsa indonesia

Berdasarkan sejarah panjang penjajahan dan juga perlawanan rakyat, makna proklamasi sngat mendalam dirasakan oleh rakyat indonesia. Seluruh rakyat yang mengetahui doproklamasikannya kemerdekaan indonesia sangarlah bersuka cita. Pekik kemerdekaan terdengan di mana-mana. Semua pers nasional memberitakan tentang hal ini. Suasana yang sangat berbeda dibandingkan dengan keseharian rakyat sebelumnya.

  1. Makna proklamasi sebagai puncak perjuangan bangsa indonesia

Proklamasi kekerdenaan menjadi puncak dari semua perjuangan yang sudah di sebutkan di atas tadi. Proklamasi dianggap kemenangan atas penjajahan. Bukan kemenangan milik tokoh pendiri bangsa. Akan tetapi kemenangan milik seluruh rakyat indonesia.

  1. Makna proklamasi sebagai pernyataan de facto

Perbedaan de facto dan juga de jure ialah dalam definisi. De jure ialah berdasarkan hukung sedangkan de facto ialah berdasarkan kenyataan. Makna proklamasi sebagai pernyataan de facto berarti pernyataan kemerdekaan yang sesuai dengan kenyataan, bahwa prokklamasi telah dikumandangkan ke seluruh wilayah indonesia dan juga dunia.

  1. Makha proklamasi ialah menaikan martabat bangsa

Proklamasi secara kultural sudah menaikkan martabat bangsa indonesia dari bangs yang terjajah menjadi mangsa yang merdeka.  Dengan proklamasi, kedudukan bangsa indonesia sejajar dengna bangsa lalin di dunia. Sedikit banyak akan menhapus stigma sebagai warga negara kelas dua. Seluruh rakyat indonesia bisa menikmati apa saja sama dengna bangsa yang lainnya.

demikilanlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √Akibat Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia : Sejarah, Perlawanan dan Maknanya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √Contoh Surat Kuasa : Pengertian, Ciri, Unsur, Fungsi dan Contohnya
Baca Juga :  √Contoh Sinopsis Novel : Pengertian, Ciri, Langkah, Fungsi, Faktor dan Contohnya
Baca Juga :  √Langkah Mengajar : Pengertian dan Penjelasannya
Baca Juga :  √Analisis Otonomi Daerah dan Hakikatnya