√Akibat Pemanasan Global Dan Cara Mencegahnya ( LENGKAP )

Diposting pada

Kondisi di bumi juga semua sumber daya alam yang dimiliki akan menjadikan makhluk hidup mudah guna memenuhi kebutuhannya. Akan tetapi sering dengan kemajuan zaman, kondisi bumi perlahan-lahan akan mualai berubah. Kemajuan teknologi akan menyebabkan manusia akan seemakin mudah unutk memenuhi kebutuhan hidupnya. Akan tetapi kemajuan teknologi juga lah yang menyebabkan kondisi bumi perlahan-lahan mulai berubah.

Akibat pemanasan global

Global menjadi ancaman yang sangat serius bagi bumi dan juga makhluh hidup yang ada di dalamnya. Karena pemanasan global ini ialah kondisi yang buruk maka dapat di katakana bahwa pemanasan global ialah salah satu jenis bendana alam. Pemanasan blogal ini bisa memunculkan berbagai macam dampak atau akibat

  1. Mencairnya es yang berbeda di kutub utara dan kutub selatan bumi

Akibat pemanasan global yang pertama kita bahas ialah mencairnya es di kutub utara dan juga kutub selatan bumi. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya kutub utara dan jug akutub selatan bumi ialah berpa es. Es yang berada di area kutub volumenya lebih besar dari pada yang berada di wilayah bukan kutum bumi

  1. Naiknya permukaan air laut.

Pemanasan blobal akan menyebabkan suhu rata-rata bi bumi akan meningkat. Memang kenaikan suhu ini idak terjadi secara drastic/dengan kata lain berangsur-angsur. Walupun demikian suhu rata-rata bumi ini mampu menyebabkan perubahan pada kondisi global di bumi.

  1. Banyak daratan yang tenggelam

Pemanasan global ini pada akhirnya akan menyebabkan dampak yang berupa tenggelamnya daratan. Hal ini tidak lepas dari dua akibat pemanasan global yang sudah di jelakan sebelumnya tadi. Yaitu mencairnya er di wilayah kutub dan naiknya permukaan air laut.

  1. Produksi pertanian menurun

Pemanasan global juga dapat mengakibatkan produksi pertanian menjadi menurun. Hal ini tidak terlepa dari dampak pemanasan global yang membuat iklim tidak stabil. Ketidak stabilan iklim inlah yang  akan menjadi lamanya musi hujan dan juga kemarau menjadi sulit di prediksi. Lamanya curah hujan menjadi berbeda-beda di setiap wilayah

  1. Tejadinya perubhan pola hidup binatang dan tumbuhan

Wilayah bumi yang mengalami kenaikan suhu rata-rata akan menyebabkan banyak binatang bermigrasi mencari tempat lebih dinging di daerah selatan misalnya.

  1. Menimbulkan penyakit bagi manusia

Banyak sekali penyakit yang dapat timbulkan dari pemanasan global ini. Penyakit yang bisa ditimbulkan tersebu di antaranya ialah stress, stroke, kardiovaskular dan sebagainya.

Cara mencegah pemanasan global

Pemanasan global ialah perstiwa yang tidak baik. Pemanasan global ini bisa menyebabkan berbagai macam dampak negative untuk bumi dan isinya, seperti yang telah kita ketahui sebelumnya. Oleh sebabitu kita sebagai manusia yang menjadi penghuni bumi, kita wajib melindungi bumi dari adanya pemanasan global.

  1. Menghemat listrik

Menghemat listrik merupakan upaya pertama yang bisa kita lakukan secara pribadi untuk mencegah terjadinya pemansan global. Gal ni untuk memproduksi listrikk kita menggunakan fosil sebagai bahan bakar. Saat menggunakan fosil sebagai bahan bakar maka hal ini akan memproduksi gas-gas yang bisa menyebabkan pemanasan global.

  1. Menanam pohon

Menanam pohon salah satu cara guna mencegah dari pemanasan global. Pepohonan sangatlah pdibutuhkan untuk memproduksi gas-gas yang di butuhkan oleh bumi. Gas yang bisa di produksi oleh pepohonan seperti oksigen.

  1. Mengganti bahan pembersih dengan pamebersih yang ramah lingkungan

Bahan pembersih rumah tangga yang digunakan sehari-hari pun dapat menimbulkan gas-gas penyebab pemanasan global, maka dari itu kita membutuhkan bahan-bahan pembersih yang alami ramah lngkungan supaya tercipta lingkungan yang asli dan bebas dari pemanasan global.

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Akibat Pemanasan Global Dan Cara Mencegahnya ( LENGKAP ), semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua.

baca juga ;

Baca Juga :  √Guru : Pengertian , Tugas , dan Perang Lainnya
Baca Juga :  √Sejarah Kerajaan Hindu Budha Di Indonesia (LENGKAP)
Baca Juga :  √Fungsi Jaringan Parenkim Pada Tumbuhan (LENGKAP)
Baca Juga :  √Karbonasi : Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Contohnya