√ Akibat Bullying : Bagi Pelaku dan Korban

Diposting pada

Akibat Bullying Bagi Pelaku Bully

√ Akibat Bullying : Bagi Pelaku dan Korban

  1. Bahaya atau efek dari tingkah laku bullying tidak hanya ditanggung oleh si korban bullying, tetapi pula memberi pengaruh pada si pelaku bullying, korban bullying, begitu juga pada anak yang melihat langsung tindakan bully tersebut. Berdasarkan pada mengenai tentang pelaku bullying di dunia menunjukkan bahwa satu dari tiga anak mengaku pernah melakukan tindakan bullying terhadap temannya. Mereka juga yang biasa menyaksikan tindakan bullying pada kawan-kawannya akan mengalami resiko menjadi pribadi individu yang penakut dan rendah diri,sering merasakan kecemasan yang berlebihan,serta merasa keamanan diri rendah.
  2. Para pelaku bullying mempunyai rasa kepercayaan diri yang sangat tinggi dengan harga diri yang tinggi juga, sehingga cenderung bersifat ataupun bertindak secara agresif dengan perilaku yang pro terhadap kekerasan, sebagian besar mempunyai tipikal orang berwatak keras, mudah marah atau emosinya cepat naik dan impulsif, mempunyai rasatoleransi yang rendah terhadap hal yang membuat frustasi baginya atau dibenci. Para pelaku bullying ini memiliki kebutuhan kuat untuk selalu ingin mendominasi orang lain lalu kurang berempati terhadap targetnya. Bagi siswa yang ikut dan terperangkap dalam peran melakukan tindakan bullying,maka dia tidak bisa mengembangkan hubungan yang sehat, kurang cakap untuk memandang dari perspektif lain, tidak mempunyai rasa empati, serta menganggap bahwa dirinya kuat dan disukai sehingga bisa mempengaruhi pola hubungan sosialnya di masa yang akan datang.
  3. Dengan melakukan bullying, pelaku akan menganggap bahwa mereka mempunyai kekuasaan penuh terhadap keadaan. Jika didiamkan terus-menerus tanpa intervensi dari pihak tertentu, perilaku bullying ini bisa menyebabkan terbentuknya perilaku lain seperti melakukan kekerasan terhadap anak dan tindakan kriminal lainnya sehingga dapat menjadi penyebab terjadinya tindakan penyalahgunaan kekuasaan antar sesama teman.

Akibat Bullying Bagi Korban Bully

  1. Membuat si korban merasa cemas dan ketakutan sampai mempengaruhi konsentrasi belajar di sekolah bagi korban bully pelajar dan menuntun mereka untuk menghindari sekolah. Jika bullying terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama, maka bisa mempengaruhi kepercayaan diri siswa, terjerat dalam isolasi sosial, memunculkan perilaku menarik diri dari pergaulan, menjadikan si korban rentan mengalami stress dan depreasi, serta rasa tidak aman.
  2. Korban bully akan merasa depresi dan marah ketika dia mengalami bully secara terus-menerus dalam jangka lama. Dia kemungkinan marah terhadap dirinya sendiri, bisa pula terhadap si pelaku bullying, terhadap orang-orang di sekitarnya dan terhadap orang dewasa ,pihak tertentu, keluarganya ataupun orang di sekitar yang tidak mau menolongnya atau melindunginya. Hal ini kemudian mulai mempengaruhi prestasi akademiknya jika korban bully seorang siswa. Sehingga lama-kelamaan korban bully tidak dapat lagi muncul dengan cara-cara yang konstruktif untuk mengontrol hidupnya, dan mungkin akan mundur lebih jauh lagi dari kehidupan sosial atau mengasingkan diri.
  3. Seorang pelajar yang mengalami bully dia akan jarang hadir di sekolah karena takut sampai menimbulkan prestasi akademik yang rendah bagi siswa, merasa depresi di usia dini. Selain itu akan terjadi penurunan skor tes kecerdasan (IQ) serta penurunan drastis pada kemampuan analisis siswa
  4. Korban bully melakukan bunuh diri (commited suicide) Si korban terpaksa melakukan bunuh diri karena merasa tidak kuat,tidak lagi bisa menahan dan merasa dirinya tidak bisa melakukan apa-apa dari perlakuan bully oleh seseorang atau sekelompok orang. Dia sering diselimuti rasa ketakutan,merasa dirinya terancam dan kesepian sampai jalan satu-satunya yang dia lakukan yaitu dengan bunuh diri. Menurut riset di Amerika, Jumlah korban bully yang melakukan bunuh diri selalu meningkat 50% dari tahun ke tahun hanya dalam 3 dekade.
  5. Korban bully melakukan balas dendam bahkan hingga pada pembunuhan pada orang yang melakukan tindakan bully terdahapnya. Pembunuhan mereka lakukan yaitu dengan cara menembak langsung atau melakukan pembantaian secara sadis untuk menebus sakit hati si korban yang mendapatkan penderitaan dibully

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ Akibat Bullying : Bagi Pelaku dan Korban, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semunya.

baca juga :

Read More  √ 8 Hubungan UUD 1945 dengan Pancasila
Read More  √ Peran Pers Dalam Masyarakat: Pengertian Dan Perannya
Read More  √ Peran KAA : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Peran Dan Hasilnya
Read More  14 Penyimpangan Pada Orde Baru