√Akar : Sturktur, Fungsi, Dan Macamnya Lengkap

Diposting pada

akar tumbuhan merupakan struktur tumbumbuhan yang terdapat didalam tanah, baik tanah merah,gambus maupun tandus. akan sangatlah penting bagi tumbuhan, ini dikarenakan akar sebagai tempat masuknya zat-zat hara dari tanah masuk menuju ke seluruh bagian tumbuham. coba anda amatik sistem perakaran tumbuham misalnya rumput-rumputan (monokotil) dan tumbuhan misalnya cabe (dikotil), akar tumbuhan monokotil tersusun dalam sistem akar serabut, sedangkan akar dikotil tersusun dalam sistem akan tunggal.

akar

struktur akar

Daftar Isi Artikel Ini

secara morfologi akar tersusun dari rambut akar,ujung akar, batang akar,  dan tudung akar. sedangkan secara struktur dalam (anatomi) akar tersusun dari epidermis, endodermis, korteks, dan silinder pusat.

morfologi struktur luar

jenis tumbuhan mempunyai ukuran panjang akar yang berbeda-beda, misalnya pada tumbuhan apel hijau yang memiliki akar yang panjang. akar yang panjang juga dipengaruhi oleh faktor eksternal, faktor-faktor yang mempengaruhi panjangnya akar ialah porositas tanah, tersedianya air dan mineral dalam tanah dan juga kelembapan tanah, tumbuhan yang memiliki ukuran akar yang panjang biasanya tumbuh di daerah pegunungan. morfologi akar tersusun dari batang akar, ujung akar, rambut akar dan tudung akar. titik tumbuh akar berada di ujung akar, ujung akar ini lah yang aktif membelah diri dikarenakan terdiri dairi sel-sel jaringan meristem, tudung akar inilah yang melindungi kerusakan mekanis pada waktu menembus tanah, bagian luar tudung akar yang mengandung lendir yang berfurngsi untuk menembus tanah.

pada akar, terdapat banyak rambut2 akar yang merupakan perluasan permukaan dari sel2 epidermis akar. akar-akar-rambut inilah yang akan memperluar daerah penyerapan air mineral. rambut-rambut akar ini hanya tumbuh dekat ujung akar saja dan umumnya relatif cukup pendek. ujung akar yang muda membentuk rambut-rambut yang baru untuk memanjang kedalam tanah, dan akar yang lebih tua akan hancur dan mati.

fungsi akar

meskipun tumbuhan dikotil dan monokotil mempunyai sistemperakaran yang berbeda, tetapi fungsi dari akar pada tumbuhan tersebut sama. berikut ini berupakan fungsi dari akar:

  • untuk menyerap garam-garam mineral dan air serta zat-zat hara dari dalam tanah
  • untuk memperkuat dan memperkokoh di timpat tumbuhnya
  • akar juga berfungsi sebagai alat pernapasan misalnya pada tumbuhan bakau
  • akar berfungsi sebagai penyimpanan makanan cadangan atau sebagai alat perkembangbiakan
  • macam-macam akar
  • vegetatif. mosalnya pada tumbuhan yang memiliki akar tunggal besar, contohnya wortel.
  • can akar juga dapat berfungsi sebagai tunas yang menjadi individu baru contohnya pada tanaman wortel
  • akar sebagai alat pernapasan pada tumbuhan

akar dapat befungsi sebagai alat pernapasan contohnya pada tanaman bakau yang memiliki akar khusus.

macam-macam akar

akar memiliki banyak celah sebagai tempat masuknya udara.tanah di hutan yang berlumpur pada umumnya memiliki kandunga oksigen yang rendah. oleh sebab itu, akar napar yang di miliki tumbuhan bakau yang hidup di hitun berguna sebaai beradtasi terhadap kandunga. avicennia(api-api), sonneratia (pidada), dan gruguiera (tanjangan) merupakan tumbuhan yang memiliki akar napas. ada beberapa jenis tumbuhan bakau yang memiliki akar gantung, akar gantung tumbuh dari bagian batang diatas tanah dan tumbuh ke awarah tanah. akar gantung saat belum menancap ke tanah berfungsi untuk menyerap udaha atau bernafas. akar gantung akan berfungsi sepertia biasa ketika akar gantung sudah menancap ke tanah, yaitu untuk menyerap air dan mineral.oksigen yg rendah

demikianlah tadi artikel dai duniapendidikan.co.id mengenai seputar akar, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua,

baca juga :

Baca Juga :  √Cacingan : Ciri, Gejala, Penyebab Dan Obatnya
Baca Juga :  √Zat Adiktif : Pengertian, Dampak Dan Macam Contohnya
Baca Juga :  √Refrigerasi : Pengertian, Prinsip, Kompunen Dan Syarat Secara Lengkap
Baca Juga :  √Subtrat : Pengertian, Makna, dan Penjelasannya