√Adaptasi : Pengertian, Macam dan Contohnya

Diposting pada

 Pengertian Adaptasi

Adaptasi merupakan cara makhluk hidup guna menyesuaikan diri dengan lingkungan hidup dimana ia tinggal. Adaptasi ini dperlukan guna makhluk hidup dibumi, katena lingkungan dibumi mempunyai gkatakteristik sendiri. Misalnya dikutub suhunya dingin serta banyak terdapt air. Sedangkan di daerah gurun suhunya panas, dan sulit untuk mendapatkan air.

Oleh sebab itu ditempat tersebut makhluk hiudp mempunyai bentuk dan juga karakteristtik yang berbeda untk menysuaikan diring dengan lingkungan seperti, beruang kutum yang memiliki butu lebat untuk melindungi tubuhnya dari suhu dingin dan di gurun unta mempunyai punuk sebagai penyimpanan cadangan air.

Habitat adalah lingkunga tempat makhluk hidup berkembang biat. Pada umumnya, makhluk hidup yang sudah beradaptasi dilingkungan tertentu sulit beradaptasi di tempat lain. Kecuali manusia, karena manusia mempunyai otak dan juga pikiran sebagai alat untuk beradaptasi dengan berbagai lingkungan yang ada. Otak dan pikiran ini dipakai untuk menyesuaikan lingkungan dengan kemauannya. Contohnya ialah dikutup itu dingin maka ia membuat rumah yang berbentuk seperti kubah karena dengan mebuat bentuk seperti itu maka suhu didalamnya akan lebih hangat.

Macam-macam adaptasi

Ada tiga macam adaptasi diantaranya ialah ;

  • Adaptasi morfologi

Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian bentuk tubuh makhluk hidup / alat-alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungan tempat linggalnya. Pada adaptasi biasanya bentuk penyesuaian bentuk tubuhnya misalnya pada bentuk paruh, bentuk sayap, bentuk kaki maupun bentuk seluruh tubuh secara keseluruhan.

Adaptasi pada bentuk tubuh berfungsi sebagai penyesuaian bentuk tubuhnya dengan cara ia mendapatkan makanan dan menyesuaikan bentuk tubuhnya dengan bagaimana ia tinggal di tempat itu.

  • Adaptasi fisiologi

Adaptasi fisiologi merupakan penyesuaian fungsi alat tubuh makhluk hidup terhadap lingkungannya. Adaptasi ini tidak bisa dilihat langsung oleh mata kepala sendiri. Karena pada adaptais fisiologi menyangkut fungsi organ bagian dalam tubuh akhluk hidup dengan lingkungannya. Misalnya seprti fungsi jantung manusia guna beradaptasi dengan daerah tinggi.

  • Adaptasi tinggkah laku

Adaptasi tingkah laku merpakan cara makhluk hidup beradaptasi dengan lingkungannya dalam bentuk tingkah laku. Adaptasi ini berhubungan dengan tindakan makhluk hidup untuk beradaptasi atau melindungi diri dari pemangsa. Selain itu adaptasi tingkah laku juga berhubungan dengan kebiasaan makhluk hidup untuk beradaptasi dan mempertahankan hiudpnya di suatu lingkungannya.

Contoh-contoh adaptasi

Adaptasi ini di bagi menjadi tiga bagian. Diantaranya ialah contoh, adaptasi morfologi, contoh adaptasi fisiologi dan juga contoh adaptasi tingkah laku.

Contoh adaptasi morfologi

Contoh adaptasai morfologi pada makhluk hidup darat ;

  • Tubuhan xerofit misalnya kaktus yang mempunyai batang yang tebal guna menyumpan air, mempunyai daun yang berduri yang berguna untuk mengurangi penguapan air, dan juga mempunyai akar panjang dan juga menyebar agar lebih mudah mencari air.
  • Kelinci gurun memiliki telingan yang cukup besar dibandingkan dengan yang lainnya, ini dikarenakan untuk mendinginkan tubuhnya. Karena pada saat daerah kelinci tersbut mengalir melewati telinga, maka darah melepaskan panas ke sekelilingnya.
  • Katak gurun mempunyai kaki bertanduk yang berguna untuk menggali lubang hingga mencapai tiga meter. Lubang ini di pakai untuk melindungi diri dari pannas gurun.

Contoh adaptasi fisiologi

Contoh adaptasi fisiologi diantaranya adalah sebagai berikut;

  • Saat berada di daerah tinggi misalnya seperti di puncak gunung manusia akan memproduksi buti daram merah lebih banyak ini agar lebih banyak mengikat oksigen. Ini dikarenakan di dataran tinggi tekanan atmofirnya lebih kecil dai pada didataran yang rendah sehingga hanya sedikit sekali olsigen yang bisa masuk ke tubuh manusia.
  • Ikan yang dhiup di air asin akan lebih pekat mengeluarkan urin dari pada dengan ikan yang hidup di air tawar. Ikan yang hiudp diair asin akan mengeluarkan urin yang lebih pekat ini agar jumlah garam di tubuh ikan tersebut tidak berlebihan.

Contoh adaptasi tingkah laku

Berikut ini beberapa contoh adaptasi tingkah laku ;

  1. Bunglon akan mengubah warna tubuhnya sesuai dengan lingkungannya. Ini agar lebih mudah mendapatkan mengsanya.
  2. Ikan paus dan lumba-lumba secara berkala akan muncul ke permukaan air guna bernafas. Karena paus dan lumba-lumba ini ialah hewan mamalia yang bernafas dengan paru-paru.
  3. Raying yang kulitnya sudah mengelupas akan dimakan kembali oleh tayap. Hal ini dilakukan karenan di dalam kulit rayap ada usus rayap yang ikut mengelupas dan usus tersebut mempunyai flagelata yang menghasilkan enzim selulosa yang bisa mencernakan kayu.
  4. Selain itu, rayap muda juga menjilati dubur rayao dewasa dengan tujuan mendapatkan enzim sellulose untuk mencernakan kayu

 

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai Adaptasi : Pengertian, Macam dan Contohnya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda semua yang membacanya.

baca juga ;

Baca Juga :  √Musim : Pengertian , Pembagain Musim Di Dunia dan Indonesia
Baca Juga :  √Energi Nuklir : Pengertian , Sumber Daya Dan Manfaatnya
Baca Juga :  √Apa Itu Fashion : Pengertian , Fungsi , Macam , Manfaat Dan contohnya
Baca Juga :  √Apa Itu Bandwidth : Pengertiannya Kerja, Fungsi, Jenis Dan Cara Kerjanya