√ 8 Hubungan UUD 1945 dengan Pancasila

Diposting pada
  1. Pancasila Merupakan Kaidah Negara yang Mendasar

Ketika sebuah negara menyatakan kemerdekaannya, tentu negara tersebut membutuhkan sebuah panduan atau pedoman untuk arah gerak negara itu. Tanpa adanya pedoman atau panduan tersebut, tentu sebuah negara akan mengalami kebingungan dan tidak jelas ketika ingin menghasilkan sebuah kebijakan. Maka dari itu, dibutuhkan adanya kaidah negara yang mendasar sebagai upaya untuk memperjelas jalannya sebuah negara.

hubungan uud 1945 dengan pancasila, hubungan pancasila dengan uud 1945 pdf, hubungan pancasila dengan pembukaan uud 1945 pdf, hubungan pancasila dengan uud 1945 brainly, makalah hubungan pancasila dengan pembukaan uud 1945, hubungan pancasila dengan pembukaan uud nri tahun 1945, hubungan pembukaan uud 1945 dengan pancasila dan proklamasi, hubungan pancasila dengan batang tubuh uud 1945

Begitu juga halnya dengan negara kita, Pancasila menjadi kaidah yang mendasar dalam setiap langkah dan penentuan kebijakan yang berpihak kepada rakyat. Pancasila sebagai kaidah negara selanjutnya dijiwai di dalam seluruh batang tubuh  atau pasal dan ayat dalam UUD 1945, sehingga secara tidak langsung UUD 1945 merupakan kaidah dasar negara juga.

  1. Pancasila Sebagai Inti dari Pembukaan UUD 1945

Tentunya banyak di antara pembaca yang sudah mengetahui atau bahkan menghafal isi dari pembukaan UUD 1945. Bersama kita mengetahui bahwa alinea keempat dari pembukaan UUD 1945 tidak lain dan tidak bukan merupakan rumusan dari Pancasila yang kita kenal sampai saat ini. Hal tersebut menunjukkan bahwa inti dari pembukaan UUD 1945 adalah Pancasila itu sendiri.

UUD 1945 yang merupakan sumber hukum tertinggi di negara indonesia. Maka dari itu, sejatinya inti dari sumber hukum tertinggi itu adalah Pancasila. Isi dari UUD 1945 tidak boleh berlawanan dengan isi dari Pancasila. Ketika terjadi pertentangan tersebut, maka supremasi hukum di Indonesia tidak bisa diwujudkan dengan semestinya. Dengan demikian, keserasian di antara pancasila dengan UUD 1945 merupakan sebuah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. semuanya untuk terlaksananya demokrasi pancasila yang seharusnya.

  1. Pembukaan UUD 1945 Tak Bergantung Kepada Batang Tubuh UUD 1945

Batang tubuh UUD 1945 yang terdiri dari pasal-pasal dan ayat-ayat merupakan penjelasan dari pembukaan UUD 1945, sedangkan inti dari pembukaan UUD 1945 adalah Pancasila. Hal ini merupakan salah satu hubungan Pancasila dengan UUD 1945 berdasarkan sejarah dalam ruang lingkup formal. Berdasarkan hal ini, kita bisa menyimpulkan bahwa sejatinya pembukaan UUD 1945 tidak bergantung pada batang tubuhnya.

Arti dari hal ini adalah, batang tubuh dari UUD 1945 bisa terus berubah mengikuti perkembangan zaman selama dia tidak berlawanan dengan nilai-nilai dasar Pancasila yang ada di dalam pembukaan UUD 1945. Ketika terjadi pertentangan di antara batang tubuh dengan Pancasila, maka hal tersebut haruslah dicegah supaya tidak terjadi bentur di dalam peraturan perundang-undangan. sekalipun demikian, maka yang tetap harus dipertahankan adalah nilai-nilai yang dimiliki oleh ideologi negara kita yaitu pancasila.

  1. Pembukaan UUD 1945 Sebagai Pokok Kaidah Negara

Poin pertama dari hubungan Pancasila dengan UUD 1945 adalah Pancasila merupakan kaidah dasar negara, sedangkan inti dari pembukaan UUD adalah Pancasila. Maka dari itu, hubungan Pancasila dengan UUD 1945 selanjutnya adalah pembukaan UUD 1945 sebagai pokok kaidah negara.

Ketika pembukaan UUD 1945 menjadi pokok kaidah negara, maka setiap tahapan kebijakan publik yang dilakukan oleh pemerintah harus selalu berdasarkan pada pembukaan UUD 1945 tersebut. pihak yang memegang kekuasaan legislatif harus selalu mengawasi pemerintah supaya pemerintah tetap berpegang teguh pada Pancasila dan ketentuan di dalam UUD 1945, baik di dalam pembukaan atau batang tubuhnya.

  1. Isi Pancasila Terangkum dalam Empat Alinea UUD 1945

Secara material, hubungan Pancasila dengan UUD 1945 berdasarkan sejarah adalah isi Pancasila tercantum di dalam alinea keempat pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Lebih dari itu, isi dari Pancasila sudah terangkum di dalam setiap alinea pembukaan UUD 1945. Di dalam alinea pertama, kita bisa menemukan secara lugas sila kedua dari Pancasila, yakni kemanusiaan yang adil dan beradab. sila pertama bisa kita temui di dalam alinea yang ketiga. Sila ketiga ada di alinea kedua dari pembukaan UUD 1945. Sila keempat dan kelima bisa secara jelas ditemui di dalam alinea keempat pembukaan UUD 1945.

  1. Pancasila dan UUD 1945 Sebagai Sumber Hukum Dasar Indonesia

Sebyah negara untuk membangun sektor hukumnya, diperlukan sumber hukum yang menjadi dasar dari setiap tata aturan perundang-undangan. Sama halnya dengan negara tercinta kita ini, diperlukan sumber hukum tertinggi untuk menjadi dasar untuk setiap hukum yang berlaku di Indonesia. Pancasila dan UUD 1945 menjadi 2 serangkai yang menjadi sumber dasar hukum di Indonesia.

Setiap hukum yang berlaku di Indonesia harus sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Sebuah peraturan perundang-undangan tidak akan lulus atau diberlakukan ketika dia berlawanan dengan sumber hukum tertinggi itu.

  1. Nilai-Nilai Pancasila Harus Diwujudkan dalam UUD 1945

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, inti dari pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah Pancasila. Hal tersebutt berimplikasi pada adanya senuah kewajiban yang harus diikuti yakni setiap nilai-nilai Pancasila yang ada di dalam alinea keempat harus diwujudkan di dalam batang tubuh UUD 1945. Maka dari itu, ketika kita memperhatikan secara mendalam setiap pasal di dalam UUD 1945, maka kita bisa menentukan pasal tersebut merupakan penerapan dari Pancasila sila keberapa. Untuk saat ini, tidak mungkin ada sila di dalam Pancasila yang tidak ada pembahasannya di dalam pasal-pasal UUD 1945.

  1. Pancasila Sebagai Sumber Semangat bagi UUD 1945

Hal Ini merupakan salah satu hubungan Pancasila dengan UUD 1945 berdasarkan sejarah dalam lingkup material yang paling hangat pembahasannya. Maksud dari Pancasila sebagai sumber semangat bagi UUD 1945 adalah dalam setiap pembahasan tentang pasal-pasal UUD 1945 didasari dengan semangat serta tujuan dari keberadaan Pancasila.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ 8 Hubungan UUD 1945 dengan Pancasila, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Baca Juga :  √ Peran Pers Dalam Masyarakat: Pengertian Dan Perannya
Baca Juga :  √ Peran KAA : Pengertian, Sejarah, Tujuan, Peran Dan Hasilnya
Baca Juga :  14 Penyimpangan Pada Orde Baru
Baca Juga :  √ Pengertian Walikota : Pengertian, Syarat, Tugas Dan Wewenang