√ 7 Yupa Kerjaan Kutai: Hubungan dan Isi

Diposting pada

Hubungan Yupa Dengan Kerajaan Kutai

Hubungan antara Yupa dan kerajaan Kutai itu terkuak saat ditemukannya Yupa pada pertama kalinya. Dalam Yupa yang berisi tulisan palawa dalam bahasa sansekerta itu mengisahkan tentang kejayaan kerajaan Kutai yang mempunyai raja baik hati. Tapi dari sekian Yupa yang ditemukan, belum ada Yupa yang ditemukan dengan mengisahkan kapan pertama kalinya dinasti Kutai didirikan.

Yang ditemukan dalam Yupa itu hanya menjelaskan tentang pendiri kerajaan Kutai teritusebut yang tak lain adalah Kudungga. Di Indonesia sendiri, telah ditemukan 7 Yupa yang merupakan kunci serta jawaban dari para ilmuwan untuk dapat lebih memahami tentang sejarah kerajaan Kutai lebih mendalam lewat Yupa yang ditemukan. Lewat Yupa, kerajaan Kutai adalah kerajaan tertua yang menganut ajaran Hindu yang ada di Nusantara.

7 Isi Yupa

Dikarenakan kondisi fisik Yupa yang ditemukan dalam keadaan rusak, menjadikan para peneliti cukup bingung untuk memastikan huruf-huruf yang telah hilang. Bagaimana tak rusak, Yupa sendiri memang ditemukan dalam keadaan sudah lama terkubur dalam tanah selama beratus-ratus tahun lamanya. Dalam Yupa, sudah banyak menceritakan tentang raja-raja Kutai yang mempunyai kebaikan hati yang sangat mulia kepada para rakyatnya.

Diawali dengan Kudungga yang merupakan pendiri dari kerajaan Kutai serta menjadi salah satu sosok penting dalam memperbesar dinasti Campa kerajaan Kamboja, datang ke Nusantara untuk mendirikan kerajaannya sendiri.

Kudungga dijuluki sebagai Wangsakerta yang mempunyai arti sebagai pembentuk keluarga dinasti Kutai. Kudungga mempunyai seorang anak lelakiyang kemudian menjadi raja penerus selanjutnya yang dikelan sebagai Asmawarman. Asmawarma mempunyai 3 orang anak lelaki, tapi yang paling dikenal dan banyak diceritakan dalam Yupa itu ialah Mulawarman. Pada saat itu, Mulawarman dikenal sebagai sosok raja yang sangat baik hati kepada rakyatnya.

Read More  √ Pengertian Walikota : Pengertian, Syarat, Tugas Dan Wewenang

Berikut ini adalah rangkaian isi dari Yupa yang ditemukan dan sudah diartikan oleh para peneliti sejarah untuk lebih mendalami apa yang terjadi pada kerajaan Kutai yang merupakan kerajaan terbesar dan mempunyai masa kejayaan yang sangat makmur, yaitu:

1. Yupa Pertama

Berisi: Sebagian besar berisi mengenai silsilah raja yang memerintah Kerajaan Kutai.

2. Yupa Kedua

Berisi: Letak kerajaan Kutai yang ada di hilir sungai Muara Kaman, Kalimantan Timur. Namun tidak dituliskan kapan Kerajaan Kutai berdiri.

3. Yupa Ketiga

Berisi: Pada masa pemerintahan Aswawarman, agama Hindu telah menyebar di Kerajaan Kutai.

4.Yupa Keempat

Berisi: Aswawarman disebut sebagai pendiri dinasti kerajaan Kutai Martadipura serta memperoleh gelar Wangsakerta.

5.Yupa Kelima

Wilayah kerajaan Kutai meliputi hampir semua di wilayah Kalimantan Timur.

6. Yupa Keenam

Berisi: Menggambarkan kehidupan ekonomi di Kerajaan Kutai yang aman dan sejahtera.

7. Yupa Ketujuh

Berisi: Tentang kebaikan Raja Mulawarman yang menyumbangkan20.000 ekor sapi pada para Brahmana.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ 7 Yupa Kerjaan Kutai: Hubungan dan Isi, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;