√6 Negara Yang Menganut Paham Liberalisme Dan Sejarahnya

Diposting pada

Sejarah Ideologi Liberalisme

Liberalisme diambil dari bahasa Latin yakni liber yang memiliki arti ‘merdeka’ atau ‘bebas’. Pada awalnya kata ini merujuk kepada manusia merdeka yang terbebas dari perbudakan.

√6 Negara Yang Menganut Paham Liberalisme Dan Sejarahnya

Negara prancis yang pertama kali mengeluarkan Magna Charta (piagam agung) dari ideologi liberalism. kata liberalisme dikuatkan dengan adanya moto revolusi Prancis yakni liberte, egaliter, dan juga fraternite. Pada tahun 1789 terjadi pada era revolusi Prancis. Liberalisme merupakan ideologi mulai dipromosikan oleh John Locke, Hume, JJ Rousseau, Kant, dan juga banyak filsuf lainnya di abad ke-15.

Pengetahuan tentang liberalisme yang dibawa oleh para filsuf itu menuntut kebebasan terhadap diri individu yang seluas-luasnya, penghapusan terhadap hak-hak istimewa yang dimiliki oleh gereja ataupun raja, dan juga menolak adanya klaim pemegang kekuasaan tuhan. Didalam liberalisme, terdapat tiga hal mendasar yang digunakan yakni: Life (Kehidupan), Liberty (Kebebasan), serta Property (Kepemilikan). Ketiga hal ini dilakukan melalui beberapa prinsip seperti dijelaskan di bawah ini:

  • Kesempatan yang Sama, yakni semua orang mempunyai kesempatan yang sama di segala bidang kehidupan seperti: politik, ekonomi, sosial, dan lain sebagainya.
  • Perlakuan yang Setara, yakni setiap orang berhak untuk memperoleh perlakuan yang setara, dalam pelaksanaan tahap-tahap kebijakan publik. Tidak diizinkannya ada diskriminasi.
  • Pemerintah Harus Bertindak Menurut Rakyat, yakni pemerintah tidak boleh bertindak sesuka hatinya, tetapi harus berdasarkan kemauan rakyat.
  • Berjalannya Hukum, yakni adanya patokan hukum dalam melaksanakan kegiatan berbangsa dan juga Rakyat juga harus menjadi pihak yang dilindungi oleh hukum tersebut.

Negara yang Menganut Ideologi Liberalisme di Dunia

Negara kita pun pernah mencoba untuk memakai ideologi ini. Hal ini dilakukan pada tahun 1950. Pelaksanaan dari adanya sistem demokrasi liberal nyatanya tidak terlalu berhasil. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya ialah kondisi masyarakat kita sendiri. Oleh karena itu, negara kita memakai ideologi Pancasila yang memang berdasar pada sejarah dan juga akar budaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. nilai-nilai dasar Pancasila yang telah dirumuskan sejak dahulu kala memang terbukti sebagai ideologi yang sesuai dengan kondisi bangsa ini. Berbeda dengan negara Indonesia, beberapa Negara berikut ini memilih untuk menggunakan liberalisme sebagai ideologinya:

  1. Amerika Serikat

Negara ini memang terkenal dengan adanya kebebasan yang luar biasa dijunjung tinggi. Dengan kebebasan ini, negara Amerika Serikat memang terlihat maju dan juga dikenal sebagai salah satu negara adidaya atau superpower. Pemberlakuan liberalisme di negeri ini bisa dikatakan sebagai pemberlakuan liberalisme yang paling murni. maksud dari paling murni sendiri yakni kebebasan individu benar-benar terjamin.

  1. Australia

Di bagian selatan bumi juga terdapat negara yang menganut ideologi liberalisme di dunia yaitu Australia. Penerapan ideologi liberalisme di negara tersebut hampir sama dengan di Amerika Serikat. Disebabkan ideologi politik ini sebagai warisan dari para pendatang asal benua Eropa.

  1. Jerman

Negara selanjutnya yang menganut ideologi liberalisme yakni Jerman. Keberadaan ideologi liberalisme di jerman semaki diperkuat dengan adanya Partai Demokrat Liberal yang banyak mendominasi kursi parlemen. Pemakaian liberalisme sebagai ideologi di negara Jerman berawal setelah runtuhnya tembok Berlin ditahun 1989.

  1. Inggris

Pada awalnya, negara ini memakai sistem monarki absolut, yang dimana kekuasaan tertinggi ada di tangan Raja yang menjabat dan juga tidak adanya batasan terhadap kekuasaan raja. Penggunaan sistem ini tentu menyebabkan rakyat hidup menderita (terutama apabila raja bersikap tirani). Oleh karena itu, di tahun 1215, muncullah Magna Charta yang menandai pelaksanaan demokrasi di negara tersebut. kemudian, terbentuk parlemen (badan pembuat hukum) yang mempunyai tugas untuk membatasi kekuasaan raja dengan menyatakan bahwa konstitusi mempunyai kekuasaan yang lebih tinggi dibandingkan raja.

Liberalisme yang dilaksanakan oleh negara ini mempunyai beberapa ciri khusus seperti digunakannya konstitusi tidak tertulis, parlemennya terdiri dari dua kamar (bicameral), menggunakan sistem negara kesatuan, tidak mempunyai lembaga yudikatif yang sejajar, dan lain sebagainya.

  1. Perancis

Negara yang menganut ideologi liberalisme yang berikutnya adalah Perancis. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pahami ini muncul bersamaan dengan lahirnya revolusi Perancis. Didalam magna charta revolusi tersebut, terdapat sebuah kata liberte atau kebebasan. Adanya paham ini dikarenakan masyarakat yang sangat merasakan kepincangan dalam penyelenggaraan negara.dimana masyarakat dibagi menjadi tiga golongan, yaitu golongan ke satu serta kedua (bangsawan dan orang kaya) yang mempunyai banyak hak dan sedikit kewajiban. Sedangkan, golongan ketiga (rakyat biasa) yang mempunyai banyak  kewajiban dan hanya sedikit hak.

  1. Jepang

Negara yang menganut ideologi liberalisme yang keenam adalah Jepang. Hampir sama dengan liberalisme di dunia barat, pelaksanaan liberalisme di Jepang juga menggunakan sistem pemerintahan parlementer. Perwujudan dari liberalisme di Jepang semakin diperkuat dengan adanya partai demokrasi liberal yang menguasai parlemen di tahun 1955 hingga saat ini. Apabila di Jerman nama parlemen disebut Bunderstag, maka di Jepang parlemen dikenal dengan sebutan kokkai. Kokkai terbagi menjadi dua, yakni majelis tinggi dan majelis rendah.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √6 Negara Yang Menganut Paham Liberalisme Dan Sejarahnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga ;

Read More  √Dasar Hukum NKRI: Pancasila, Filsafat dan Pasal UUD 1945
Read More  √Dampak Korupsi Bagi Negara Beserta Sejarahnya
Read More  √Daerah Otonom : Pengertian, Tujuan dan Asas
Read More  √Contoh Wilayah Ekstrateritorial Beserta Pengertiannya