√ 5 Menteri Luar Negeri Yang Mendatangani Deklarasi Bangkok

Diposting pada

Pengertian Deklarasi Bangkok

Deklarasi Bangkok merupakan landasan kesepakatan untuk mengadakan kerja sama regional didalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial dan kebudayaan di Asia Tenggara. Berikut ini penjelasan tentang Deklarasi Bangkok mulai dari waktu, tempat penandatanganan, tokoh pendiri beserta hasil dan juga isi Deklarasi Bangkok dan pengaruh yang timbul bagi Indonesia dan negara Asia Tenggara.

sebutkan 5 menteri luar negeri yang menandatangani deklarasi bangkok, isi deklarasi bangkok, deklarasi bangkok ditandatangani pada tanggal, menteri luar negeri indonesia yang ikut menandatangani deklarasi bangkok adalah, sebutkan isi deklarasi bangkok, siapa saja yang menandatangani deklarasi bangkok, negara yang tidak menandatangani deklarasi bangkok yaitu, tujuan deklarasi bangkok

  1. Penandatanganan Deklarasi Bangkok

Deklarasi Bangkok ditandatangani tanggal 8 Agustus 1967. Sesuai dengan namanya, maka Deklarasi Bangkok ditandatangani di negara Thailand, lebih tepatnya di kota Bangkok. Deklarasi ini juga sebagai awal dari didirikannya organisasi ASEAN, yakni organisasi negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Tidak heran apabila deklarasi ini juga dikenal sebagai Deklarasi ASEAN.

  1. Tokoh Deklarasi Bangkok

Dalam deklarasi bangkok ini terdapat lima Negara yang ikut berpartisipasi. Hasil dari Deklarasi Bangkok ini ditandatangani oleh lima perwakilan setiap negara tersebut. Adapun negara yang turut ikut dalam pertemuan di Bangkok ini ialaah Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Indonesia yang diwakili oleh Adam Malik selaku menteri luar negeri Indonesia pada masa penandantanganan Deklarasi Bangkok. Berikut ini nama perwakilan negara yang saat ini dikenal sebagai tokoh pendiri ASEAN yang turut dalam menandatangani Deklarasi Bangkok:

  1. Adam Malik (menteri luar negeri sebagai wakil Indonesia)
  2. Tun Abdul Razak (wakil perdana menteri sebagai wakil Malaysia)
  3. Rajaratnam (menteri luar negeri sebagai wakil Singapura)
  4. Narciso Ramos (menteri luar negeri sebagai wakil Filipina)
  5. Thanat Khoman (menteri luar negeri sebagai wakil Thailand)

  1. Isi Deklarasi Bangkok

Berikut ini isi beserta hasil dari Deklarasi Bangkok. Terdapat tujuh poin yang juga dikenal sebagai tujuan dari berdirinya ASEAN pada negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara.

  • Mempercepat pertumbuhan, kemajuan sosial serta perkembangan kebudayaan di kawasan Asia Tenggara.
  • Memelihara perdamaian dan juga stabilitas dengan menjunjung tinggi hukum serta hubungan antara negara-negara yang ada di Asia Tenggara.
  • Meningkatkan kerja sama yang aktif serta saling membantu dalam berbagai bidang seperti ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan juga
  • Saling memberikan bantuan di bidang fasilitas latihan serta penelitian di bidang pendidikan, kejuruan, teknik dan juga
  • Bekerja sama lebih efektif demi mencapai daya guna lebih besar dalam bidang pertanian, industri dan juga perkembangan perdagangan termasuk studi di dalam hal perdagangan komoditi internasional, perbaikan pengangkutan dan juga fasilitas komunikasi beserta meningkatkan taraf hidup rakyat.
  • Meningkatkan studi mengenai masalah-masalah yang ada di Asia Tenggara.
  • Memelihara kerja sama yang erat dan juga bermanfaat dengan berbagai organisasi internasional serta regional lain yang memiliki tujuan sama beserta mencari kesempatan untuk menggerakkan kerja sama dengan mereka.

Deklarasi ini juga menyetujui untuk didirikannya ASEAN atau Association of South East Asian Nations yakni perkumpulan organisasi antar negara-negara yang ada di kawasan Asia Tenggara (Southeast Asia). Pada awal deklarasi adaa 5 anggota yang menjadi negara pendiri ASEAN yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. Setelah itu, terdapat beberapa negara lain yang ikut bergabung bersama ASEAN seperti negara Brunei Darussalam (bergabung pada tahun 1984), Vietnam (bergabung pada tahun 1995), Laos & Myanmar (bergabung pada tahun 1997) dan juga Kamboja (bergabung pada tahun 1999).

Pembentukan ASEAN sangat berdasarkan pada keinginan kerjasama, yang paling utama dalam bidang ekonomi. ASEAN sebagai organisasi kerjasama negara-negara Asia Tenggara yang bersifat non politik dan juga non militer. Adanya Deklarasi ASEAN di Bangkok juga menjadi tahap awal kerjasama antar negara-negara  di Asia Tenggara.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ 5 Menteri Luar Negeri Yang Mendatangani Deklarasi Bangkok , semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya.

baca juga :

Read More  √ Dongeng Rakyat Jawa Tengah
Read More  √ Cerita Dongeng Batu Menangis
Read More  √ Cerita Daerah Papua : Legenda Asal Usul Burung Cendrawasih
Read More  √ Cerita Batu Batangkup Dari Riau