√10 Makanan Khas dari Indonesia Beserta Asal Daerahnya

Diposting pada
√10 Makanan Khas Dari Indonesia Beserta Asal Daerahnya

1.Mie Aceh

Aceh Terkenal dengan Mie Acehnya. Mie kuning yang tebal dsertai irisan daging disajikan dalam sup sejenis kari yang gurih serta pedas. Makanan ini kaya bumbu dan sangat lezat dimakan MANTUL! (mantap betul).

2.Bika Ambon

Makanan khas di Sumatera Utara khususnya Medan ialah Bika Ambon. Bika Ambon merupakan makanan yang lezar! Biasanya dijual dengan rasa lain, contoh durian dan keju. Rasanya juga manis dan lembut MANTUL! (mantap betul).

3.Rendang

Sumatera Barat terkenal dengan makanannya yaitu Rendang . Makanan yang banyak rempahnya ini memiliki rasa yang kuat. Rendang merupakan salah satu masakan Padang yang menjadi favorit banyak orang Indonesia bahkan sampai luar negeri MANTUL! (mantap betul).

4.Otak-otak

Otak-otak merupakan salah satu makanan khas di Kepulauan Riau, baik di Batam, Tanjung Pinang, ataupun di Pulau Penyengat. Di sini ada 2 jenis otak-otak yakbuotak-otak yang terbuat dari ikan dan dari cumi yang lebih pedas. Otak-otak tersebutdibungkus dengan daun berwarna hijau sekalian dengan lidinya, lalu dengan bara api MANTUL! (mantap betul).

5.Pempek

Di Sumatera Selatan terkenal sekali dengan makanan Pempek. Pempek terbuat dari perpaduan ikan dan sagu. Penyajiannya ditemani dengan kuah coklat yang disebut cuko/cuka. Cuko terbuat dari air yang dididihkan, lalu ditambah gula merah, udang ebi sertacabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam.

6.Seruit

Seruit merupakan makanan khas dari provinsi Lampung, Seruit adalah masakan ikan yang digoreng atau dibakar dicampur sambel terasi, tempoyak (fermentasi dari durian).

7.Serabi

Serabi berasal dari jawa barat Serung biasa disebut srabi terbuat dari tepung beras dan kuah cair manis. Manis dan menggugah selera! MANTUL! (mantap betul).

Baca Juga :  √ Pengertian Kromosom Manusia : Struktur, Jenis, Jumlah dan Fugsinya

8.Lunpia

Lunpia merupakan makanan khas Jawa Tengah khususnya kota Semarang. Makanan ini berisi rebung, telur, dan daging udang. Sesudah dibungkus dapat dimakan langsung, bisa juga digoreng. Rasanya pun bikin ketagihan! MANTUL! (mantap betul).

9.Gudeg

Nasi Gudeg, makanan khas D.I. Yogyakarta yang berasal dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu sertasambal goreng krecek MANTUL! (mantap betul).

10.Rujak Cingur

Rujak Cingur merupakan salah satu makanan tradisional berasal dari Jawa Timur, terutama daerah asalnya Surabaya. Cingur sendiri artinya mulut. Makanan ini berbahan dasar mulut sapi. Biasanya dihidangkan dengan sayuran laludiberi bumbu yang terbuat dari olahan petis udang, air matang, gula putih atau gula merah, cabai, kacang tanah yang digoreng, bawang goreng, garam dan irisan tipis-tipis pisang biji hijau yang masih muda (pisang klutuk) MANTUL! (mantap betul).

Demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id tentang √10 Makanan Khas Dari Indonesia Beserta Asal Daerahnya semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya

Baca Juga :