√ 10 Cara Mengatasi Terorisme

Diposting pada

10 Cara Mengatasi Aksi Terorisme

√ 10 Cara Mengatasi Terorisme

  1. Amati Perilaku yang Mencurigakan

Terorisme transnasional memang mempunyai skala lebih besar; alhasil, dampak terornya juga akan lebih meluas. Tetapi faktanya, terorisme domestik juga perlu Anda waspadai karena sejatinya lebih sering terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, tingkatkan kepekaan pada aktivitas-aktivitas yang terjadi di lingkungan sekitar Anda untuk membantu mencegah potensi terorisme lokal. Segera hubungi pihak yang berwenang Bila Anda menyaksikan atau mengetahui adanya:

– Orang yang menyimpan senjata, bahan kimia, atau barang lain yang Berdampak membahayakan keselamatan orang lain dalam jumlah besar.

– Orang yang mempunyai akses untuk mengawasi orang lain tanpa mengantongi izin resmi (contohnya, dengan memakai teropong atau kamera video).

– Orang yang berusaha mendapatkan informasi keamanan sebuah fasilitas yang dilindungi sistem (baik lewat telepon, surel, atau secara langsung).

– Orang yang berusaha membobol paksa suatu sistem keamanan.

  1. Pahami Berbagai Bentuk Ekstremisme

Untuk meningkatkan kepekaan Anda pada tindakan yang dapat berujung pada terorisme, jangan mempersempit fokus mengenai demografi atau profil terorisme. Sejatinya, kaum ekstremis sering kali tampil dalam wujud yang biasa saja dan mungkin ada di setiap kelompok sosial ataupun kelompok agama. Dengan maksud lain, aktivitas yang mencurigakan dapat dilakukan oleh orang-orang dengan ras, usia, penampilan, atau tingkat sosial apa pun di dalam lingkungan masyarakat.

  1. Waspadai perubahan sikap yang mendadak pada orang-orang terdekat

Seseorang yang melakukan tindak terorisme biasanya telah melewati periode Teror yang mengubah perilaku serta pola pikirnya. Untuk itu, Anda perlu mewaspadai terjadinya perubahan perilaku pada rekan kerja, teman, sahabat, atau sampai kerabat yang mengindikasikan terjadinya terorisme.

  1. Laporkan tindakan yang mencurigakan atau terlihat berbahaya kepada polisi setempat

Apabila Anda menduga telah terjadi tindakan yang berpotensi membahayakan masyarakat, segeralah melaporkan kecurigaan tersebut pada pihak kepolisian setempat. Pastikan Anda menceritakan detail kejadiannya dengan lugas dan jelas; dengan kata lain, sampaikan apa kejadian yang Anda telah saksikan, kapan Anda menyaksikannya, di mana kejadian itu terjadi, dan mengapa kejadian tersebut mengusik hati Anda. Sampaikan pula siapa pihak-pihak yang terlibat di dalam kejadian tersebut, termasuk kendaraan atau objek lain yang termasuk di dalamnya.

  1. Laporkan kecurigaan Anda kepada pihak berwenang melalui internet

Apabila Anda menduga telah terjadi terorisme di wilayah tempat tinggal Anda, cobalah membuat laporan daring kepada pihak yang berwajib. Laporan ini nantinya akan dilihat oleh pihak terkait dan ditangani sebagaimana mestinya. Untuk melaporkan ancaman darurat, cobalah mencari tahu nomor kantor polisi terdekat yang dapat dihubungi sewaktu diperlukan.

  1. Laporkan potensi terjadinya terorisme siber

Apabila Anda menduga telah terjadi tindak penyusupan keamanan siber (contohnya, ada pihak yang berupaya mengakses suatu sistem atau data-data di dalamnya), segeralah melaporkannya kepada pihak yang berwajib. Biasanya sistem finansial dan sistem kekuatan paling rentan terserang terorisme siber. Tetapi seiring berkembangnya teknologi, tindak pengamanan untuk berbagai sistem penting juga semakin meningkat; alhasil, risiko terjadinya serangan terhadap sistem juga akan menurun. Melaporkan potensi serangan merupakan salah satu upaya sederhana untuk meningkatkan keamanan sistem.

  1. Dukung organisasi yang berusaha melawan kemiskinan global

Situasi kemiskinan yang ekstrem membuat masyarakat memppunyai standar hidup yang lebih rendah; selain itu, hak, kekuatan, dan kesempatan mereka di dalam komunitas juga akan lebih terbatas. Kurangnya pilihan dan harapan biasanya akan membuat orang-orang mudah merasa depresi; alhasil, mereka juga lebih lemah pada godaan dari kelompok teroris. Oleh karena itu, berusahalah semampu untuk mendukung aktivitas organisasi yang berupaya melawan kemiskinan di tataran global.

  1. Lakukan bagian Anda untuk melawan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari

Waspadalah, tindak diskriminatif bisa membuat korbannya merasa marah, kesal, serta sulit memercayai orang-orang di sekitarnya Seluruhnya berkontribusi untuk menciptakan teroris-teroris baru. Oleh karena itu, berusahalah semampunya untuk melawan diskriminasi dalam kehidupan sehari-hari, caranya tingkatkan kewaspadaan Anda, lawan tindak diskriminasi lewat tindakan nyata, dan putuskan relasi dengan orang-orang yang menyimpan kebencian pada kelompok tertentu. Selalu perlakukan orang lain dengan baik serta penuh penghargaan.

  1. Dekati kaum marginal

Meski terorisme merupakan fenomena yang dibilang sulit ditaklukkan, sejatinya upaya sederhana juga ampuh mengurangi potensi kemunculannya. Tidak ada satu penyebab utama yang mengakari terjadinya Terorisme. Tetapi, setidaknya Anda bisa mengenali beberapa faktor pendorong radikalisasi contohnya marginalisasi, ketidaksetaraan, dan diskriminasi; selain itu, kenali juga beberapa faktor pemicunya seperti kemunculan kelompok ekstremis yang menawarkan wadah untuk melampiaskan kekesalan dan memberikan rasa inklusif pada anggota kelompoknya. Untuk mengurangi potensi terjadinya teror dari orang-orang tersebut, cobalah merangkul orang-orang yang merasa terasing supaya mereka merasa lebih terlibat di dalam masyarakat.

  1. Pahami indeks terorisme di Indonesia

Tujuan utama terorisme adalah menyebarkan teror serta ketakutan untuk mengurangi dampak psikologisnya, Kita perlu mengukur dan memahami indeks terorisme. Menurut data yang tercatat, pihak Kepolisian Republik Indonesia sudah berhasil menangani seluruh kasus terorisme yang terjadi pada tahun 2017; selain itu, mereka juga meyakini bahwa kemungkinan terjadinya teror akan menurun secara signifikan pada tahun 2018. Pahami baik-baik informasi ini dan sebarkan kepada orang-orang terdekat untuk membantu mereka mengerti kecilnya ancaman terorisme yang mungkin terjadi di Indonesia.

demikianlah artikel dari duniapendidikan.co.id mengenai √ 10 Cara Mengatasi Terorisme, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

bacca juga ;

Baca Juga :  √ Negara Yang Menganut Macam Ideologi Beserta Pengikutnya
Baca Juga :  √ Definisi Naturalisasi : Syarat, Proses, Jenis Dan Contohnya
Baca Juga :  √ Budaya Politik Di Indonesia: Pengertian, Ciri, Macamnya
Baca Juga :  √ Pengertian Demokrasi Langsung dan Tidak Langsung Beserta Contohnya